DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Olimpiade Paris 2024: 13 Juli 2024 Kontingen Indonesia Berangkat

image
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mengukuhkan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2024 Paris (herry/kemenpora.go.id)

SPORTYABC.COM – Usai dilepas oleh Presiden Joko Widodo di halaman Istana Merdeka, kontingen Indonesia akan berangkat menuju Paris untuk mengikuti Olimpiade Paris 2024.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olaragra Dito Ariotedjo usai kukuhkan kontingen Indonesia yang akan berangkat ke Olimpiade Paris 2024 di Kantor Kemenpora RI, Senayan, Jakarta Rabu 10 Juli 2024.

Namun Dito Ariotedjo tidak merinci jumlah atlet yang akan berangkat pada akhir pekan ini, namun dirnya menyebut rombongan yang bertolak ke Paris pada Sabtu mendatang adalah kelompok terbesar dari kontingen Indonesia.    

Baca Juga: Indonesia Raih Gelar Juara Umum ASEAN University Games 2024

"Kontingen besar akan berangkat 13 Juli dan terakhir yang berangkat adalah dua atlet renang tanggal 22 Juli," kata Dito Ariotedjo.

Kontingen Indonesia untuk OIimpiade Paris 2024 terdiri dari 86 orang dimana 29 diantaranya adalah atlet Merah Putih yang akan tanpil untuk pesta olahraga 4 tahunan tersebut.

Menariknya atlet Indonesia yang berangkat ke Olimpiade lebih banyak dari edisi sebelumnya di Tokyo yiatu 28 orang, saat ini Indonesia kirimkan 29 atlet dadri 12 cabang olahraga.

Baca Juga: Piala Dunia 2026: Bukan Shin Tae yong, Hong Myung bo Pelatih Korea Selatan yang Baru

Selain atlet ada enam orang wasit yang akan bertugas di enam cabang olahraga di Olimpaiade Paris 2024
Keenam wasit asal Indonesia yang akan memimpin lomba di Olimpiade Paris 2024 adalah ⁠K.S. Henry Indrayani Oka dari cabang olahraga menembak, Sonny Kasiran dari angkat besi, Qomarul Lailiah dari bulutangkis, ⁠Pranarta Arumbowo dari disiplin loncat indah, ⁠Herta Sekar Pandansari dari tenis serta Boy Pohan dari cabang olahraga tinju.

"Pastinya semua cabang olahraga akan kami perlakukan dengan sama, tidak ada perlakuan khusus. Kami lakukan semuanya secara komprehensif," ujar Menpora.

Menurut politikus Golkar ini berharap tiga cabang olahraa jadi tulang punggung perolehan medali emas. Cabang olahraga tersebut adalah bulu tangkis, angkat besi dan panjat tebing.

Baca Juga: Liga 1: Semen Padang FC Jadikan Stadion STIK Jakarta sebagai Laga Kandang

"Pastinya untuk medali emas kami banyak berharap dari badminton dan juga dari kualifikasi kita perlu melihat wall climbing dan weightlifting. Itu cabor yang secara hitungan punya potensi besar untuk medali," ucap Dito.

Olimpiade sendiri berlangsung di Prancis pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024 dengan target Indonesia dalam OIimpiade Paris 2024 adalah menambah peroleh emas ***
 

Sumber: Kemenpora RI

Berita Terkait