DECEMBER 9, 2022
Internasional

Liga 1: Semen Padang FC Jadikan Stadion STIK Jakarta sebagai Laga Kandang

image
Stadion PTIK Jakarta menjadi laga kandang Semen Padang FC selama berkompetisi di Liga 1 musim 2024/25 mendatang (Instagram.com/stadion_nusantara)

SPORTYABC.COM -  Jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 pada Agustus mendatang membuat sejumlah klub melakukan pembenahan salah satunya Semen Padang FC

Klub promosi Semen Padang FC memilih dan menjadikan Stadion Sekolah Tiggi Ilmu Kepolisian atau Stadion STIK Jakarta sebagai laga kandang mereka dalalm sepanjang gelaran Liga 1.

Semen Padang FC menggunakan Stadion STIK Jakarta untuk laga kandang sepanjang gelaran Liga 1 menyusul renovasi GOR Haji Agus Salim Kota Padang sebagaimana dikatakan CEO Semen Padang FC Win Bernadino di Padang Senin 8 Juli 2024.

Baca Juga: Diskusi Satupena, Andi Muhammad Asrun: Putusan Bersifat Tafsir oleh MK Beri Jalan Keluar Atas Kevakuman Hukum

"STIK sudah kita daftarkan sebelumnya sebagai kandang alternatif setelah GOR Haji Agus Salim," kata CEO Semen Padang FC Win Bernadino di Padang, Senin.

Klub kebanggaan Urang Awak  tersebut dipastikan tidak bisa menjalani laga kandang perdana di Stadion GOR Haji Agus Salim Kota Padang karena stadion masih dalam tahap renovasi besar-besaran oleh pihak manajemen SPFC.

Selain itu, pada laga kandang pertama tim asuhan Hendri Susilo tersebut juga dipastikan tanpa kehadiran pendukung di Stadion STIK. 

Baca Juga: Era Artificial Intellegence: Tiga Jenis Penulis dan Teror Mental Putu Widjaya, Sekapur Sirih Denny JA

Hal tersebut imbas sanksi yang dijatuhkan terhadap kesebelasan Semen Padang pada partai puncak Liga 2 saat menghadapi PSBS Biak.

Pemilihan STIK sebagai Laga kandang sementara Semen Padang FC didasarkan atas berbagai pertimbangan, di antaranya stadion tersebut sebelumnya juga menjadi kandang Bhayangkara FC di Liga 1 musim 2023/2024 dan beberapa tim Liga 1 lainnya.

STIK juga dinilai ideal untuk tim berjuluk "Kabau Sirah" tersebut karena akan memudahkan tim dalam perjalanan laga tandang. 

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Bek Manchester City Bantu Inggris Tatap Semifinal

Apalagi, secara persyaratan STIK sudah memiliki standar. Namun demikian, STIK tetap akan ada pengecekan dari PT Liga Indonesia sebelum bergulirnya Liga 1.

"Kita lihat STIK sangat ideal untuk tim karena pastinya mempermudah mobilisasi dan juga tidak akan terlalu banyak transit penerbangan jika akan away. Tidak hanya itu, STIK juga di Jakarta yang masih kental dengan banyaknya perantau Minang," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Win berharap renovasi GOR Haji Agus Salim bisa selesai tepat waktu sehingga SPFC bisa bertanding di kandang sendiri. Sebab, dengan berlaga di kandang sendiri akan menjadi kekuatan tersendiri bagi pemain karena mendapatkan dukungan langsung dari suporter.

Baca Juga: Piala Dunia 2026: Bukan Shin Tae yong, Hong Myung bo Pelatih Korea Selatan yang Baru

"Nantinya kita harapkan seluruh pendukung bisa sama-sama menjaga kandang SPFC jika sudah selesai," harap dia.

Ia menambahkan manajemen SPFC berharap laga kandang ketiga klub tersebut sudah bisa dilaksanakan di GOR Haji Agus Salim Kota Padang. Namun, hal itu hanya bisa terealisasi apabila proses renovasi sudah selesai dilakukan.

Terakhir, setelah ditetapkannya STIK sebagai kandang sementara Semen Padang FC, tim segera menuju Jakarta. 

Baca Juga: ASEAN Cup U19 2024: Australia Umumkan Skuad Resmi

Berdasarkan draft dari PT Liga Indonesia Baru, SPFC akan menantang juara reguler series Liga 1 2024 pada laga kandang perdana yakni Borneo FC pada 12 Agustus. ***
 

Sumber: Antara

Berita Terkait