DECEMBER 9, 2022
News

Olimpiade Paris 2024: Cantiknya Seragam Kontingen Mongolia Mirip Zaman Jenghis Khan

image
Seragam tim Mongolia yang akan digunakan untuk acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 (Instagram.com/MichelAmazonka)

SPORTYABC.COM –  Jelang gelaran Olimpiade Paris 2024 yang tinggal hitungan hari ini membuat sejumlah negara peserta tengah sibuk mempersiapkan diri termasuk seraagam yang akan digunakan ketika pembukaan seperti yang dilakukan oleh Mongolia.

Mongolia, negara yang berbatasan dengan Rusia dan China ini merilis seragam resmi atlet mereka untuk Olimpiade Paris 2024.

Untuk desain seragam yang akan digunakan ketika acara pembukaan Olimpiade Paris 2024, Mongolia percayakan kepada desaigner kakak beradik Michel dan Amozonka Choigaalaa

Baca Juga: Dua Minggu di Bayern Munich, Harry Kane Berhasil Pecahkan Rekor Baru

Sementara untuk pakaian olahraga yang akan dikenakan para attlet Mongolia ketika bertanding diserahkan kepada produsen peralatan olahraga asal Jepang, Mizuno.

Terpilihnya Michel & Amazonka untuk merancang seragam tim Mongolia karena memiliki pengalaman sebelumnya dalam mendesain pakaian yang berpartisipasi Olimpiade Musim Dingin dan Musim Panas.

Sedangkan Mizuno terpilih melalui polling terhadap 10,000 warga Mongolia berusia antara 18 hingga 60 tahun serta 303 anggota tim nasiona Mongolia.

Baca Juga: Rumput Stadion Tidak Bagus, Shin Tae yong Sindir Pengelola GBK agar Jangan Sering Dipakai Konser

Seragam tim Mongolia tampilkan simbil nasional dan Olimpiade termasuk sembilan panji putih, obor olimpiade, lambang Olimpiade Paris 2024 serta representasi matahari, bulan, dan Gua maral (rusa mitor) yang disulam rumit dengan benang emas.

ada seragam perempuan, terdiri dari beberapa item fesyen yaitu kemeja panjang putih dengan detail motif pada keras bergaya shanghai dan rok panjang berwarna putih polos.

Selain itu ada opsi baju jubah warna putih polos dengan kerah shanghai motif dan detail yang sama pada bagian tangan.

Baca Juga: Piala Dunia 2026: Bukan Shin Tae yong, Hong Myung bo Pelatih Korea Selatan yang Baru

Dua opsi tersebut dilengkapi dengan rompi biru motif tradisional yang disulam dengan benang emas pada bagian dada. Berikut tas jinjing berwarna hitam, Sepatu heels warna krem dan antin panjang menjuntai dengan nuansa merah.

Hal yan sama juga pada seragam atlet pria, dimana terdiri dari beberapa item fesyen yaitu kemeja panjang putih dengan detail motif pada kerah bergaya shanghai dan celana panjang warna putih polos.

Selain itu ada pilihan lain yaitu baju jubah warna putih dengan beberapa motif yang disulam dengan benang emas, serta kerah shanghai motif dan detil seperti ikat pinggang.

Baca Juga: Piala Presiden 2024 Kick Off 19 Juli, Rp 5 Miliar untuk Sang Pemenang

Dua pilihan pakaian ini dilengkapi dengan rompi biru bermotif tradisional yang disulam menggunakan benan emas pada bagian dada, topi tradsional berwarna merah, Sepatu boots tinggi nuanasa emas, topi dan sepatut kets warna putih.

Menurut Manajer umum Michel & Amazonka B Monkhbayar mengatakan bahwa fitur utama yang ingin merek tonjolkan dalam seragam tim Mongolia di Olimpiade Paris 2024 adalah rompi dengan sulaman rumit dengan penggabungan elemen kebanggan nasional negara tersebut yang dilambangkan dengan sembilan panji putih, obor olimpiade, pola keberuntungan yang mewakili ratu, serta benda benda langit seperti matahari dan bulan.

Hal inilah yang membedakan seragam tim Mongolia untuk Olimpiade Paris 2024 dengan desain seragam Olimpiade Tokyo 2021 dan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Wasit yang Rugikan Timnas Indonesia Pimpin Laga Final

Menariknya seragam tim Mongolia untuk dua olimpiade tersebut dirancang juga oleh desaigner Michel & Amazonka

"Paris, sebagai pusat mode, menuntut desain yang sangat elegan, yang mencerminkan tipologi kontemporer. Karena pengerjaan yang rumit, dibutuhkan waktu lima hari untuk menyelesaikan satu set pakaian lengkap untuk satu atlet," katanya dilansir dari Mongolia National News Agency.

Michel & Amazonka adalah salah satu merek fesyen paling populer dan progresif di Mongolia. 
Merek ini didirikan pada 2015 di Ulaanbaatar, Mongolia, oleh dua saudara perempuan desainer yakni Michel Choigaala dan Amazonka Choigaala. 

Baca Juga: Copa America 2024: Buntut Keributan Laga Uruguay Melawan Kolombia, CONMEBOL Lakukan Investigasi

Mereka juga dibantu oleh Enkh-oyun Bold yang bertugas sebagai Kidswear Designer dan Buya Munkh-Undram yang bertindak sebagai Graphic & Multimedia Designer.

Merek Michel & Amazonka terkenal dengan desain fesyen mereka yang mencerminkan perpaduan esensi tradisional dari Mongolia serta budaya kontemporer. 

Produk-produk fesyennya terdiri dari pakaian mewah untuk laki-laki dan perempuan, ready to wear, serta gaun dan tas, yang dibuat dengan mengombinasikan desain kontemporer yang unik serta sentuhan kerajinan tangan. ***

Sumber: michelamazonka.com

Berita Terkait