DECEMBER 9, 2022
Internasional

Copa Amerika 2024: Paksa Kanada Adu Penalti, Uruguay Juara Ketiga

image
Selebrasi Luis Suarez usai catatkan namanya di papan skor pada menit akhir, Uruguay menang adu penalti dari Kanada dan berhak raih juara ketiga Copa America 2024 (copaamerica.com)

SPORTYABC.COM – Laga perebutan tempat ketiga Copa America 2024 hadirkan Kanada melawan Uruguay yang berkesudahan dengan skor 3-4 lewat adu penalti.

Laga perebutan tempat ketiga Copa America 2024 antara Kanada melawan Uruguay berlangsung di Bank of America Stadium di Charlotte, North Carolina Minggu 14 Juli 2024.

Uruguay langsung menekan lini pertahanan Kanada sejak wasit Alexis Herrera dari Venezuela membuka laga.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2024: Ajak Pemain Lain Tutupi 1 Personel Filipina yang Cedera, Jay Idzes Panen Pujian

Uruguay mendapatkan kesempatan sepak pojok pada menit ke 8, adalah Sebastian Caceres yang awalnya melompat dan berhasil menyundul bola, 

Namun sundulan Sebastian Caceres tidak mengarah ke arah gawang Dayne St Clair, namun bola mendarat tepat di kaki Rodrigo Bentacur yang berada di depan gawang.

Dengan sekali control, mantan gelandang Juventus ini lepaskan tendangan kaki kiri yang langsung menghujam gawang Timnas Kanada.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 2: Jafri Sastra Resmi Latih Sriwijaya FC

Seakan tidak mau kalah, Timnas Kanada pun berusaha untuk segera mencari gol balasan, dan nyaris menyamakan pada menit ke 21, namun Tani Oluwaseyi gagal menyamnbar bola umpan lambung yang diarahkan kepadanya.

Kegagalan Oluwaseyi berujung sepak pojok yang akhirnya mengunutngkan bagi Kanada, berawal dari Jacob Shaffelbur mengeksekusi sepak pojok pada menit ke 22 dan memilih mengirimkan bola panjang.

Ismael Kone yang maju ke gawang Uruguay pun berduel dengan Jose Maria Gimenez, kone berhasil memenangi duel dan menyundul bola masuki gawang Sergio Rochet. 1-1 untuk Kanada.

Baca Juga: Piala Dunia 2026: Bukan Shin Tae yong, Hong Myung bo Pelatih Korea Selatan yang Baru

Para pendukung Uruguay sempat bersorak sora kala Facunco Pellistri berhasil masukan bola pada menit ke 24.

Sayang gol dari Facundo Pellistri dianulir karena dirinya berada dalam posisi offside, Uruguay mendapatkan kesempatan kembali pada menit ke 37,

Darwin Nunez eksekusi tendangan bebas dengan posisi yang cukup strategis, namun tendangan penyerang Liverpool ini masih melambung dari gawang Dayne St Clair

Baca Juga: Piala Presiden 2024 Kick Off 19 Juli, Rp 5 Miliar untuk Sang Pemenang

Kanada mampu imbangi serangan Uruguay dan Oluwaseyi kembali dapat kesempatan membawa Kanada unggul pada menit ke 41.

Namun kembali, Oluwaseyi gagal menyambar bola lambung yang datan ke arahnya. Pada menit ke 44, Jonathan Osorio merangsek ke area penalti Uruguay dan mencoba peruntungannya.

Tendangan pertama Osorio masih bisa diselamatkan Sergio Rochet namun dirinya bisa menguasai bola tepisan

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Wasit yang Rugikan Timnas Indonesia Pimpin Laga Final

Sayang, sundulan Osorio yang lemah bisa disapu oleh Nahitan Nandez, terjagalah gawang Uruguay hingga wasit Alexis Herrear dari Venezuela meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Lepas dari kamar ganti, Uruguay terlihat lupa cara mencetak gol di depan gawang Kanada, Luis Suarez yng masuk sebagai pemain pengganti mampu merangsek dan tingggal berhadapan dengan Dayne St Clair pada menit ke 67.

Namun  Luis Suarez justur memperlambat geraknya dan peluang di depan matan pun dapat digagalkan barisan pertahanan Kaanda.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Bali United Datangkan Everton Nascimento

Usai permainan berimbang dan kedua tim saling jual beli serangan, timnas Kanada akhirnya dapat membalikkan keadaan.

Isamel Kone membawa bola seorang diri dan menendangnya bola dari luar kotak penalti, namun Rochet masih mampu menepisnya.

Bola tepisan Rochet yang tidak disapu barisan pertahanan Uruguay membuat Jonathan David langsung menyambarnya pada menit ke 80,

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Madura United Datangkan Dida, Pengganti Lucas Frigeri

Tendangan Jonathan David taklukkan Sergio Rochet yang tidak bisa bereaksi cepat usai menepis bola Kone.

Gol dari Jonathan David sendiri mengundang selebrasi meriah dari para pemain dan ofisial Kanada dari deretan bangku Cadangan.

Drama terjadi pada injuri time tepatnya pada menit ke 90+2 dimama Luis Suarez mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Baca Juga: 4 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Paus Fransiskus Mencuci Kaki Rakyat Kecil Indonesia

Menerima umpan dari Jose Maria Gimenez, Luis Suarez yang tidak terkawal ini masuk ke dalam areal penalti Kanada.

Dengan mudah, Suarez Kirimkan bola tendanan kaki kanan yang menembus gawang Dayne St Clair, dan menjadikan  keududukan  2-2.

Skor imbang 2-2 pun bertahan hingga akhirnya wasit Alexis Herrera dari Venezuela putuskan untuk melanjutkan laga tos tosan atau adu penalti untuk menemukan sang juara ketiga.

Dari lima penendang, Kanada masukkan tiga gol lewat Jonathan David, Moise Bombito, Mathieu Choiniere, semenatara Alphonso Davies dan Ismael Kone gagal.

Sementara Uruguay keempat penendang mereka yaitu Federico Valverde, Rodrigo Bentacur, Giorgian De Arrascaeta dan Luis Suarez sukses menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

Dengan hasil ini Uruguay meraih gelar juara ketiga Copa America 2024  dengan unggul 3-4 atas Kanada.***
 

Sumber: Copaamerica.com

Berita Terkait