DECEMBER 9, 2022

Olimpiade Paris 2024: Fajar/Rian Satu Grup dengan Wakil Tuan Rumah yang Ajukan Banding

image
Ganda Putra Indonesia Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto berada di grup C bulutangkis Olimpiade Paris 2024 dan satu grup dengan wakil Prancis yang ajuka banding ke CAS (x.com/INABadminton)

SPORTYABC.COM – Setelah sempat tertunda karena adanya banding dari Luca Corve dan Ronan Labar membuat pengundian bulu tangkis Olimpiade Paris 2024 untuk ganda putra baru digelar BWF pada Senin 15 Juli 2024.

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tergabung di Grup C bersama Lucas Corvee / Ronan Labar dari Prancis yang menang banding kepada badan Arbitrase Olahraga (CAS) dan peraih medili emas Asian Games 2022 Satwikasiraj Rankireddy/Chirag Shetty dari India

Dan ganda putran Jerman Mark Lamsfuss/ Marvin Seidel melengkapi grup C Olimpiade Paris 2024 cabang bulu tangkis ganda putra.

Baca Juga: Rumput Stadion Tidak Bagus, Shin Tae yong Sindir Pengelola GBK agar Jangan Sering Dipakai Konser

Adapun grup yang dihuni oleh lima pasang adalah Grup C dimana Le Yang/ Wang Chi Lin (Taiwan) sebagai juara bertahan bergabung dalam grup tersebut.

Terdapat tambahan 1 pasang peserta di Grup D merupakan hasil keputusan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) yang perintahkan BWF untuk rekomendasikan kepada IOC agar Lucas Corve / Ronan Labar diikutsertakan dalam Olimpiade Paris 2024

Kesalahan perhitungan poin rangking yang dilakukan BWF selama kualifikasi Olimpiade Paris 2024 pada nomor ganda putra benar benar membuat semua pihak geram.

Baca Juga: Piala Dunia 2026: Bukan Shin Tae yong, Hong Myung bo Pelatih Korea Selatan yang Baru

Pasalnya kesalahan BWF itu sangat fatal dan pengaruhi nasib sejumlah pasangan yang pada awalnya masih bisa lolos tapi justur tak lolos.

Salah satunya adalah wakil tuan rumah Lucas Corvee / Ronan Labar hingga mereka ajukan banding ke CAS dan dikabulkan.

Secara peringkat, hanya Christo Popov/ Toma Junior Popov yang berangkat, mereka bahkan berada di luar peringkat 8 besar.

Baca Juga: Liga 1: Semen Padang FC Jadikan Stadion STIK Jakarta sebagai Laga Kandang

Namun, banding Lucas Corvee / Ronan Labar dikabulkan, mereka mendapatkan wildcard dan membuat peta persaingan ganda putra bertambah menjaid 17 pasang.

Akibat kesalahannya, BWF kemudia terbitkan peraturan terbaru untuk ganda putra yang jelaskan prinsip prinsip pengundian baru dan membuat pengecualian untuk pengundian 17 pasang. Peraturan yang diperbarui telah disetujui oleh Dewan BWF dan diterima oleh IOC.

Dengan resmi 17 pasang yang tampil pada Olimpiade Paris 2024 ada satu dari empat grup yang berisi lima pasang.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Perkuat Lini Pertahanan, Persita Tangerang Datangkan Dua Pemain Asing

Grup itu adalah Grup D yang dihuni juara bertahan, Lee Yang/Wang Chi Lin (Taiwan).

Kemarahan menghinggapi salah satu pemain ganda putra Taiwan, Wang Chi Lin sebelum undian dilakukan.
Wang yang merupakan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 bersama Lee Yang, mengumpatt atas ketidakbecusan BWF selaku badan organisasi dunia.

"Poin dan peringkat yang salah dihitung itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan saya,"kata Wang dilansir dari Aiyuke.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 2: Usai Pamit dari Bali United, Ilija Spasojevic Kembali ke Pelukan Mantan

"Bisakah Anda mengatasi masalah yang Anda buat sendiri?"

"Ganda putra yang mulanya 16 pasangan sekarang akan diubah jadi 17 pasang?"

"Mereka yang masuk ke grup berisi 5 pasangan akan bermain lebih banyak di fase grup, apakah mereka harus menderita (bermain lebih banyak) dan menyebut diri mereka tidak beruntung?"

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Sejarah Tercipta, Spanyol Cetak Rekor Juara Terbanyak di Benua Biru

"Undian ganda putranya pun masih ditunda? WTF (what the ***k, kalian ini benar-benar tidak bisa diandalkan BWF," ujarnya.

Bulu tangkis sendiri baru akan bermain di Olimpiade Paris 2024 dimulai pada 27 Juli hingga 5 Agustus bertempat di Porte de La Chapelle Arena, Paris. ***
 

Sumber: PBSI, BWF

Berita Terkait