DECEMBER 9, 2022
Internasional

Kim Pan Gon Mundur, Malaysia Tunjuk Pau Marti Vicente sebagai Pelatih Sementara, Berikut Profilnya

image
Pau Marti Vicente bersama Kim Pan Gon dalam sebuah ksesmpatan, mundurnya Kim Pan Gon dari kepelatihan Malaysia membuat Pau Marti Vicente menjadi pelatih sementara tim Harimau Malaya (Stadiumastro.com)

SPORTYABC.COM -  Mundurnya Kin Pan Gion dari kursi pelatih timnas Malaysia yang cukup mendadak langsung respon oleh Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM)

Kim Pan Gon yang datang ke Malaysia pada 21 Januari 2022 dengan kontrak hingga Desember 2025 namun pada hari ini pelatih asal Korea Selatan ini putuskan mengundurkan diri

"Sebagai informasi, Pan Gon telah bertemu dengan manajemen FAM untuk menyampaikan keinginannya memperpendek durasi kontrak," ujar Wakil Presiden FAM, Datuk Wira Mohd Yusoff Haji Mahadi.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2024: Ajak Pemain Lain Tutupi 1 Personel Filipina yang Cedera, Jay Idzes Panen Pujian

Usai ditinggal Kim Pan Gon, tanpa pikir lama Malaysia menunjuk pelatih asal Spanyol Pau Marti Viecente sebagai caretaker atau pelatih sementara, Pau sendiri adalah asisten dari Kim Pan Gon.

Kini Pau Marti Vicnete akan melaksanakan tugas dengan bantuan asisten lain yaitu Elavarasan serta deretan pelatih asal Korea Selatan yang sebelumnya membantu Kim Pan Gon yaitu Park Bobae sebagai asisten pelatih, Cho Junho yang melatih kiper, Park Jihyeon yang menjadi pelatih kebugaran, dan analis performa Lim Jaehun.

"Yang pasti tugas pertama Pau Marti sebagai penjabat pelatih kepala Harimau Malaya adalah memimpin tim untuk kompetisi Pestabola Merdeka 2024 yang akan berlangsung di Stadion Nasional Bukit Jalil pada bulan September ini dengan diikuti tiga tim lainnya yaitu Tajikistan, Lebanon, dan Filipina," jelas Datuk Wira Mohd Yusoff Haji Mahadi.

Baca Juga: Rumput Stadion Tidak Bagus, Shin Tae yong Sindir Pengelola GBK agar Jangan Sering Dipakai Konser

Lantas siapakah Pau Marti Vicente ? bila merujuk data dari Transfermarkt, Pau Marti Vicente kelahiran Barcelona 29 September 1983.

Selama ini lebih sering bertuas sebagai asisten pelatih, pernah membantu Guillermmo Amor kala menangani Barcelona U19 pada musim 20217 hingga 2018.

Sebelum menjadi asisten Kim Pan Gon di Timnas Malaysia, Pau Marti telebih dahulu membnatu Gaarcia Pimienta di Barcelona B

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Stadion Siap, Inilah Jadwal Dua Laga Awal Timnas Indonesia di putaran Ketiga

Pau Marti Vicente bukanlah sosok asing untuk Kim Pan Gon, keduanya pernah bekerja sama ketika bahu membahu untuk timnas Hong Kong. Dirinya menjabat sebagai analisator laga ketika Kim Pan Gon menjadi pelatih Hongkong

Pengalaman Pau Marti Vicente dalam menangani para pemain muda kala di Barcelona dan Hongkong menjaid dasar penting tim Harimalu Malaya merekrutnya pada 2022 lalu.

Malaysia saat ini rindu akan prestasi dan memang butuh jalan panjang untuk segera regenarsi pemain mereka.

Baca Juga: Orasi Denny JA: Menangnya Gerakan “ Katakan Tidak Kepada Keharusan Berjilbab”

Karena saat ini skuad terakhir dari Harimau Malaya dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 lalu ada beberapa nama yang cukup lansia bagi ukuran olahraga yaitu gelandang Brendan Gan yang berusia 36 tahun

Kemudian bek La'Vere Corbin-Ong (33 tahun), atau bek Shahrul Saad (31 tahun). Rata-rata usia pemain mereka adalah 27,38 tahun. ***
 

Sumber: FAM

Berita Terkait