DECEMBER 9, 2022
News

Hamzah Haz Meninggal Dunia, Warga Diminta Kibarkan Bendera Setengah Tiang

image
H Hamzah Haz. (dok. PPP)

SPORTYABC.COM – Meninggalnya Wapres Ke 9 RI Hamzah Haz pada Rabu 24 Juli 2024 lalu membuat Kementerian Sekretariat Negara mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk kibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari dari tanggal 25 hingga 27 Juli 2024.

Imbauan ini tertuang dalam surat edaran yang ditanda tangani oleh Mensesneg Pratikno dan ditujukan kepada seluruh kepala daerah, menteri, Panglima TNI, Kapori hingga pimpinan lembaga pemerintah non kementrian agar mereka meneruskan kepada anggota dan masyarakat Indonesia lainnya.

"Dimohon untuk mengibarkan Bendera Negara setengah tiang selama tiga hari berturut-turut terhitung mulai tanggal 25 Juli sampai dengan 27 Juli 2024," demikian bunyi edaran tersebut.

Baca Juga: Copa America 2024: Buntut Keributan Laga Uruguay Melawan Kolombia, CONMEBOL Lakukan Investigasi

Imbauan mengibarkan bendera setengah tiang ini merujuk pada Pasal 12 ayat 4, ayat 5 dan ayat 6 UU RI Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Ngera serta Lagu Kebangsaan.

Selain itu Pasal 47 ayat 2 huruf a, ayat 3 dan 4 Peraturan Pemerintah Nomor 39 tahun 2018 tentang keprotokolan sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 56 tahun 2019.

"Pada kurun waktu tersebut juga dinyatakan sebagai Hari Berkabung Nasional," demikian surat tersebut.

Baca Juga: Copa America 2024: Angel Di Maria Pensiun dengan Cara Luar Biasa

Wakil Presiden RI ke 9 Hamzah Haz meninggal dunia di Kediamannya Kawasan Tegalan, Matraman, Jakarta Timur pada Rabu 24 Juli 2024.

Jenazah langsung dimakamkan usai shalat Dzuhur di komplek pemakaman keluarga di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Anak Hamza Haz keempat Nur Agus Haz membatah kabar yang beredar bahwa Hamzah Haz meninggal di RSPAD Gatot Subroto, Senen, Jakarta Pusat

Baca Juga: Nyanyikan Chant Rasial, Enzo Fernandez Minta Maaf

Nur Agus Haz pun menjelaskan bahwa dirinya sedang berada di lua rrumah ketika mendengar kabar Hamza Haz terjatuh di kamarnya, dirinya menduga ayahnya jatuh ketika hendak melaksanakan Salat Duha selepas bangun tidur.

Presiden Joko Widodo pun ikut melayat ke rumah duka sembari mengenak sosok dari Hamza Haz sebagai negarawan yang telah mengabdikan diri dengan baik bagi bangsa dan negara.

"Beliau adalah seorang negarawan yang telah mengabdi untuk bangsa dan negara baik sebagai Wakil Presiden di tahun 2001-2004 maupun pengabdian lainnya yang kita tahu sangat banyak," kata Presiden Joko Widodo

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Pembawa Bendera Merah Putih, Maryam March Maharani

Hal Senada juga terlontar dari  Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla mengenang sosok Hamzah Haz sebagai pribadi yang mencintai masjid. 

Menurutnya Hamzah Haz merupakan salah satu tokoh Islam yang dimiliki bangsa ini dengan pemikiran yang cemerlang. ***

Sumber: Kemensetneg RI

Berita Terkait