DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Olimpiade Paris 2024: IOC Tolak Permintaan Federasi Bulu Tangkis Spanyol Mengenai Medali Perunggu Bersama

image
Carolina Marin mengatupkan tangan minta maaf kepada para penonton dan penggemarnya karena tidak melanjutkan pertandingan karena alami cedera (x.com/kuyenkay)

SPORTYABC.COM – Permintaan Federasi Bulu Tangkis Spanyol agar Carolina Marin mendapatkan perunggu bersama Gregoria Mariska Tunjung di Olimpiade Paris 2024 ditolak keras oleh pihak IOC selaku komite Olimpiade.

Kabar itu diungkap media Spanyol, Deporrte Olimpico melalui twitter pada Senin 5 Agustus  menyebutkan bahwa IOC menolak permintaan Federasi Bulu tangkis Spanyol terkait pemberian medali peruinggu kepada Carolina Marin.

"Carolina Marin tidak akan menerima medali dari IOC. Sambil menunggu untuk mengetahui seberapa parah cederanya, Marin tidak akan menerima medali kehormatan dari IOC, karena hal itu belum pernah dilakukan," demikian ditulis oleh Deporte Olimpico.

Baca Juga: Waduh, Terlibat Kasus Asusila, DKPP Pecat Hasyim Asy’ari

Sebelumnya ada kabar Ketua Federasi Bulu Tangkis Spanyol, Andoni Azurmendi berharap IOC bisa memberikan Carolina Marin medali perungggu usai juara Olimpiade Rio 2016 tersebut mundur di babak semifinal Olimpiade Paris 2024 karena menderita cedera lutut.

"Ini adalah momen yang sangat sulit bagi Carolina dan seluruh cabang olahraga Spanyol, bukan hanya badminton. Ia tinggal selangkah lagi menuju final Olimpiade keduanya dan berjuang untuk medali emas keduanya. Cedera membuat Marin tidak meraih medali. Setidaknya, IOC harus memberi Marin perunggu. Ia pantas mendapatkannya," ucap Azurmendi.

Permintaan Azurmendi muncul karena menganggap Carolina Marin layak mendapatkan medali di Olimpiade Paris 2024

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Stadion Siap, Inilah Jadwal Dua Laga Awal Timnas Indonesia di putaran Ketiga

Terlabih sang pebulu tangksi unggul 21-14 dan 10-8 atas He Bing Jiao dari China sebelum putuskan mundur pada laga semifinal Olimpiade Paris 2024 karena cedera lutut.

Namun komite Olimpiade atau IOC pastikan tidak akan ada medali perunggu yang diberikan kepada Carolina Marin, medali perunggu yang akan diberikan kepada Gregoria Mariska Tunjung sebagaimana dalam pernyataan resmi BWF.

"BWF dapat memastikan perebutan medali perunggu tunggal putri pada Senin 5 Agustus tidak akan digelar. Medali perunggu akan diberikan kepada Gregoria Mariska Tunjung dari Indonesia," tulis BWF dalam pernyataan resmi.

Baca Juga: Berjasa bagi Indonesia, Jokowi Berikan Golden Visa kepada Shin Tae yong

Selain laga perebutan medali perunggu antara Carolina Marin melawan Gregoria Mariska Tunjung yang akan dijadwalkan hari ini terpaksa batal dan dilanjutkan dengan partai final antara An Se young melawan He Bing Jiao. ***

Sumber: Deporte Olimpico

Berita Terkait