DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Olimpiade Paris 2024: Media Asing Turut Beritakan Emas Pertama Indonesia oleh Veddriq Leonardo

image
Veddriq Leonardo raih medali emas pertama Indonesia usai kalahkan wakil China (x.com/ Badmintontalk - Viido)

SPORTYABC.COM –  Sejumlah media asing ikut beritakan keberhasilan Veddriq Leonardo yang meraih medali emas di cabang olahraga panjat tebing nomor speed Olimpiade Paris 2024 pada Kamis 8 Agustus 2024.

Veddriq Leonardo kalahkan Wu Peng dari China peringkat kedua dunia dengan catatan waktu 4,75 detik atau lebih cepat 0,02 detik dari Wu Peng di Olimpiade Paris 2024.

Pantauan SportyABC.com hingga Kamis malam WIB ada tiga media asing yang soroti keberhasilan attlet kelahiran Pontianak yang tempati peringkat 10 dunia tersebut.

Baca Juga: Denny JA Beri Sambutan dalam Acara Peluncuran dan Diskusi Buku Ketika Kata dan Nada Berjumpa oleh SATUPENA DKI Jakarta

Sports Illustrated

Media olahraga yang berkantor di New York City ini menurunkan laporan jurnalistiknya dengan judul Sport Climber Wins Indonesia's First Gold Medal at Paris Olympics, Earns Hefty Bonus, 

Dalam laporannya menuliskan bahwa emas Veddriq Leonardo ini dimenangi suai Aleksandra Miroslaw dari Polandia melakukan hal yang sama di kategori putri.

Baca Juga: Sekjen SATUPENA Sebut dengan IP Licensing Company, Balai Pustaka Bisa Hidupkan Budaya Lama dan Cerita Rakyat

"Tak hanya medali emas pertama Leonardo di nomor speed, ajang tersendiri di Olimpiade, ini juga medali emas pertama Indonesia di Paris," tulis  media tersebut.

AFP

Media tuan rumah Olimpiade Paris 2024, Agence France Presse (AFP) ikut memberitakan dengan memberikan judul Indonesia's Leonardo wins Olympic speed climbing gold as Watson sets world record. 

Baca Juga: Respon atas Esai Denny JA, Qurban dalam Ritual Idul Adha sebagai Simbol Solidaritas Sosial

"Atlet berusia 27 tahun itu mengalahkan Wu Peng dari China dengan selisih hanya 0,02 detik, memanjat tembok setinggi 15 meter di Le Bourget dalam waktu 4,75 detik," tulinya. 

Agence France-Presse (AFP) pun menjelaskan bahwa speed (kecepatan) menjadi nomor panjat tebing tersendiri di Paris 2024, kali pertama sepanjang sejarah Olimpiade. 

Sebelumnya di Olimpiade Tokyo 2020, speed digabung dengan nomor bouldering dan lead.

Baca Juga: Hadirkan Tika Bisono, SATUPENA Gelar Diskusi Mengenai Bagaimana Menjalani Hari Tua

Nikkei Asia 

Media ekonomi dari Jepang, NikkeA Sia turut serta memberitakan keberhasilan Veddriq Leonardo meraih emas pertama bagi Indonesia.

Nikkei Asia meuliskan judul Indonesia's Leonardo wins gold in men's speed climbing event, dengan menyertakan nama Wu Peng peraih perak dan Sam Watson dari Amerika Serikat meraih medali perunggu.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Gagal Raih Medali Gegara Penis ‘Nyangkut’ Palang, Anthony Ammirati Ditawari Film Dewasa

Bahkan untuk Sam Watson, Nikke Asia menuliskan bahwa sang atlet ini pecahkan rekor dunia di perebutan medali peruinggu dengan catatan waktu 4,74 detik. ***
 

Sumber: Berbagai sumber

Berita Terkait