DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Olimpiade Paris 2024: Dramatis Kalahkan Prancis, Spanyol Raih Emas

image
Seluruh pemain Spanyol berphoto bersama usai pengalungan medali, Spanyol meraih emas usai kalahkan Prancis dengan dramatis di final sepak bola OIlmimpade Paris 2024 (x.com/SEFutbol)

SPORTYABC.COM – Spanyol sukses raih medali emas sepak bola Olimpiade Paris 2024 usai kalahkan Prancis dengan dramatis di partai final.

Berlaga di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis tidak butuh lama untuk memecahkan kebuntuan lewa gol Enzo Milliot di menit ke 11, lewat tedangan dari dalam kotak penalti Spanyol.

Namun keunggulan Prancis tidak lama, karena menit ke 18, Spanyol berhasil mengoyak jala Prancis lewat Fermin Lopez usai teruskan umpan Alex Baena.

Baca Juga: Waduh, Terlibat Kasus Asusila, DKPP Pecat Hasyim Asy’ari

Bahkan Spanyol mampu balikkan keadaan menjadi 2-1 kembali lewat gol Fermin Lopez yang catatkan brace dalam laga ini di menit ke 25.

Spanyol semakin menggila dengan mencetak gol ketiga dan menjadi 3-1 lewat tendangan bebas Alex Baena yang meluncur ke pojok kanan atas gawang lawan membuat Guillaume Restes mati langkah.

Hingga babak pertama berakhir kedudukan 3-1 untuk Spanyol atas Prancis tidak berubah di final sepak bola Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga: Tafsir Humanis Ibadah Kurban: Respon atas Esai Denny JA soal Kurban Hewan di Era Animal Right

Lepas dari kamar ganti, Prancis langsung menekan lini pertahanan Spanyol, bahkan pada mneit ke 57 Prancis mampu mengancam gawang Spanyol lewat sundulan Manu Kone, namun masih membentur tiang gawang usai teruskan umpan Adrien Truffert.

Pada menit ke 72, Prancis kembali mengancam gawang Spanyol, lewat tendnagan Kone dari dalam kotak penalti namun masih dapat ditepis oleh kiper Arnau Tenas.

Akhirnya Prancis mampu perkecil keadaan menjadi 2-3 lewat gol Maghnes Akliouche, dan pada menit ke 80, Prancis kembali bahaykan gawang Spanyol melalui tendangan keras Manu Kone namun sayang melenceng tipi di sisi kanan gawang Spanyol.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Carolina Marin Terharu Lihat He Bing Jiao Bawa Pin Spanyol ke Podium

Pada menit ke 89, wasit mengecek VAR usai ada insiden yang berujung pada penalti, dan benar, wasit berikan penalti kepada Prancis di menit akhir babak kedua.

Jean Phillippe Mateta yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan baik membuat skor menjadi imbang 3-3 pada menit ke 90+3.

Gol Mateta membuyarkan harapan Spanyol meraih medali emas di depan mata, namun pada menit ke 90+6 Bent Turrientes nyaris mencetak gol kemenangan usai tendangannya tiang gawang Prancis.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Media Asing Turut Beritakan Emas Pertama Indonesia oleh Veddriq Leonardo

Pada menit ke 90+7 giliran Prancis melalui tendangan Michael Olise yang mengancam namun tendangannya masih dapat diblok oleh Arnaus Tenas.

Hingga babak kedua berakhir kedudukan 3-3 tidak ada penambahan gol maka diputuskan dilanjutkan ke babak extra time.

Pada babak pertama extra time, di menit ke 100 Spanyol berhasil menambah pundi golnya lewat gol indah Sergio Camello menggunakan tendangan chip.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Kementerian Keuangan Pastikan Medali Emas Veddriq dan Rizki Tidak Kena Bea Masuk

Kedudukan 4-3 untuk keunggulan Spanyol atas Prancis, bertahan hingga babak pertama extra time berakhir
Dan pada menit ke 120+1 Spanyol berhasil menmabah keunggulan menjadi 5-3 kembali lewat gol Sergio Camello.,

Skor 5-3 untuk Spanyol atas Prancis dalam partai final sepak bola Olimpiade Paris 2024 tidak berubah hingga babak extra time berakhir.

Dengan hasil ini membuat Spanyol berhak mendapatkan medali emas Olimpiade Paris 2024 sementara Prancis harus puas mendapatkan medali Perak. ***
 

Sumber: Olympics.com

Berita Terkait