DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Inilah Kronologi Video Viral Kereta Api Terobos Kobaran Api di Karawang

image
Kereta Api Argo Cheribon terobos kobaran api (ANTARA/HO-KAI Daop 1 Jakarta/aa)

SPORTYABC.COM – Sebuah video viral beredar menunjukkan kereta api dengan nomor kepala 23 Argo Cheribon terobos jilatan api dari kebakaran gudang palet Madura.

Terkait video viral ini, PT Kereta Api Inodnesia (Persero) Daop 1 Jakarta jelaskan kronologi terkait video kereta api tersebut.

Pihak PT Kereta Api Indonesia pun menjelaskan kejadian tersebut berdekatan dengan jalur rel KA di petak jalur hilir Karawang- Kedunggedeh Km 59+100 Kampung Babakan, Desa Tanjungmekan, Karawang, Jawa Barat.

Baca Juga: Mengenal TATP, Bom dari Segala Bom yang Dipakai Terduga Teroris Remaja

Menurut Manajer Humas KAI Daops I Jakarta Ixfan Hendriwintoko, jelaskan KAI Daops I terima laporan pada Senin 19 Agustus 2024 pukul 18.35 WIB ada informasi kebakaran palet Madura yang terbakar di daerah pinggir rel.

Kebakaran diduga akibat rembetandari pembakaran sampah oleh warga yang tidak diketahui siapa yang membakarnya.

"Dengan adanya insiden tersebut, kami dari pihak KAI langsung berkoordinasi dengan unit terkait (sinyal telekomunikasi, kepala stasiun, tim pengamanan, dan pihak damkar setempat). Kemudian dari pihak damkar dengan segera melakukan penanganan dengan mengerahkan tiga unit mobil pemadam sehingga api dapat dipadamkan pada pukul 19.55 WIB dan rel/jalur dipastikan aman dilalui KA," kata Ixfan Hendriwintoko seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: KKB Papua Bunuh Pilot Helikopter Warga Selandia Baru

Atas insiden tersebut Ixfan Hendriwintoko pastikan tidak ada perjalanan KA yanga tergangggu dan tidak ada kerugaian yang dialami oleh pihak KAI.

"Hanya asap pada saat terjadi kebakaran mengganggu pandangan masinis. Perjalanan KA tidak terganggu sama sekali aman sesuai jadwal," ucap Ixfan.

Sebelumnya ramai beredar di media sosial baik TikTok maupun x dan Instagram mengenai video KA terjang kobaran api yang diketahui di Karawang.

Baca Juga: Joko Widodo Optimis Indonesia 2045 Dapat Terwujud

Insiden tersebut bermula ketika kebakaran terjadi di keluarahan Tanjungmekar, kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang pada Senin 19 Agustus 2024 malam, kebetulan pusat api berada dekat dengan perlintasan rel kereta.

Pusat kebarakan adalah gudang yang lokasinya cukup dekat dengan rel kereta jalur B arah Jakarta sehinngga kereata yang melintas terlihat teroboas kobaran api yang membara. ***
 

Sumber: antara

Berita Terkait