DECEMBER 9, 2022
Olahraga

PON XXI Aceh – Sumut 2024: Kejutan, Basket Jawa Timur Kalahkan Jakarta

image
Tim pebasket putra Jawa Timur sedang latihan serta uji coba lapangan basket PON XXI Aceh-Sumut 2024 di kompleks GOR Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh. (Dok. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/wpa)

SPORTYABC.COM – Sejumlah pertandingan cabor dalam Pekan Olahraga Nasional atau PON XXI Aceh-Sumut 2024 telah resmi dimulai pada Rabu 28 Agustus 2024 lalu, salah satunya cabang bola basket 5x5.

Cabor bola basket 5x5 PON XXI Aceh - Sumut 2024 menjadi salah satu cabang yang paling dinantikan yang berlangsung dari 1 hingga 10 September 2024 di GOR Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Cabor bola basket 5x5 ini pertemukan tim tim terbaik dari seluruh Indonesia dengan 10 tim putra dan putri yang bersaing dalam empat pool.

Baca Juga: Inilah Respon Pertama Hasyim Asy’ari Usai Dipecat Karena Asusila

Empat pool tersebut adalah untuk ketegori putra dibagi menjadi Pool A yang terdiri dari Provinsi Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan  Jakarta.

Sedangkan di Pool B terdiri dari dua tuan rumah Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, Jawa Barat, Sulawaesi Utara, Kepulauan Bangka Belitung 

Sementara di katergori putri terbagi menjadi Pool X terdiri dari dua tuan rumah Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, Bali, Jawa Barat serta Jawa Tengah.

Baca Juga: PON XXI Aceh Sumut 2024 Berikan Dampak ke Masyarakat Aceh Timur

Dan di pool Y terdiri dari Provinsi Papua, DI Yogyakarta, Jakarta, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

Ketika laga berlangsung, tim basket putri Jatim langsung menunjukkan penampilannya dengan kalahkan salah satu tim unggulan  Jakarta dengan skor telak 73-54.

Laga dimulai dengan intesitas serangan tinggi, tim putri Jatim yang awalnya kesulitan membongkar pertahanan yang solid dari Jakarta

Baca Juga: Inilah Alasan Pelarangan Penggunaan Ponsel Pintar di Sejumlah Festival Musik Eropa

Tekanan yang diberikan Jakarta membuat para pemain Jatim sempat sering kehilangan bola, namun itu berubah ketika Jatim berhasil mencetak keunggulan pertama mereka ketika kuarter pertama tersisi 4 menit 58 detik.

Sejak itulah Jatim seolah tidak terkejar dengan menutup kuarter pertama dengan keunggulan 17-4 dimana Evelyn Fiyo Cs terus mendominasi pertandingan.

Pada kuarter kedua, tim Jatim tetap pertahankan keunggulan dengan skor 41-26, kemudian berlanjut pada kuarter ketiga dengan keunggulan 56-40.

Baca Juga: Inilah Respon Pertama Pratama Arhan Mengetahui Azizah Selingkuh

Hingga pada akhirnya Jatim mampu selesaikan pertandingan dengan kemenangan 71-54 dan pastikan diri sebagai salah satu yang patut diperhitungkan dalam ajang PON XII Aceh-Sumut  kali ini.

Terkait dengan kemenangan ini pelati tim putri PON Jatim, Jovita Simon akui dirinya tidak menyangka timnya bisa menang dengan selisih poin yang begitu jauh, karena dirinya hanya beri instruksi game pertama hasil ambil confidence untuk game selanjtunya.

"Jujur saya enggak expect sejauh ini karena ini game pertama buat anak-anak,” kata Jovita. 

Baca Juga: Manuel Kaisiepo dalam Diskusi SATUPENA: Jakob Oetama Tokoh yang Gigih Mendukung Pandangan Mochtar Lubis tentang Manusia

"Saya cuma ngomong game pertama harus ambil untuk confidence di game selanjutnya," katanya.

Walau begitu dirinya tetap mengharagi kekuatan dan permainan pemain Jakarta yang dianggapnya sebagai tim terkuat di PON XXII Aceh-Sumut 2024 kali ini.

"Menurut saya, DKI salah satu dari tiga terbaik, ada beberapa pemain timnas. Saya rasa mereka bukan underperform. Kami bermain bagus ketika bertahan,” ujar Jovita Simon. 

Baca Juga: Denny JA: SATUPENA Merayakan Kemerdekaan Indonesia dengan Menulis Buku Bersama 40 Penulis dari Sumatra Sampai Papua

Namun kemenangan ini harus dibayar mahal dengan cederanya Michelle Joanne Wiratama salah satu pemain andalan Jatim.

Dirinya harus ditarik keluar ketika kuarter terakhir tersisa 8 menit 30 detik karen ada masalah di kaki kirinya, menurut pelatih Jovita Simon Michelle Joanne Wiratama hanya kram mungkin kurang minum air putih.

"Dia hanya kram, mungkin kurang minum air putih, laga selanjutnya pasti bisa (main)," kata Jovita Simon.

Penampilan selama pertandingan berlangsung, Michelle Joanne WIratama menjadi salah satu motor serangan dengan torehan 12 poin. ***
 

Sumber: Antara

Berita Terkait