DECEMBER 9, 2022
Olahraga

PON XXI Aceh Sumut 2024: Putus Dominasi Jakarta, Tim Polo Air Putri Jabar Raih Emas

image
Pertandingan ketat final PON XXI cabang olahraga polo air putri antara Jakarta dan Jawa Barat, di Kolam Renang Selayang Medan, Minggu 1 September 2024 (Dok PB PON XXI 2024)

SPORTYABC.COM – Tim Polo Air Putri Jawa Barat meraih medali emas dalam ajang Pekan Olahraga Nasional atau PON XXI Aceh - Sumut 2024 dengan mengalahkan Tim Jakarta dengan skor 9-6.

Laga cabang olahraga Polo Air Putri PON XII Aceh – Sumut 2024 berlangsung di Kolam Renang Selayang, Medan Minggu 1 September 2024.

Laga kedua tim berlangsung sangat sengit dengan intesitas tinggi dimana Jakarta sebagai juara bertahan, awalnya memimpin 1-0 pada babak pertama melalui Febrina Indriasari.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga Italia: Sponsor Baru Menanti, Jersey Juventus Tidak Akan Polos Lagi

Lepas dari kamar ganti, tim Jakarta sempat unggul 2-0 lewat kapten mereka Glinda Patricia namun gol tersebut menjadi pelecut bagi tim Jabar dengan membalas empat gol secara berturut turut melalui Aenah Aeliyah, Rachma Agestiandi dan dua gol Hanna Firdaus.

Pada babak kedua ditutup dengan skor 4-3 usai pemain Jakarta, Rara Anggraini mampu perkecil keadaan, pada babak ketiga pertandingan semakin sengit dan ketat.

Tim Jakarta menambaha dua gol lewat Melyn Cecilia dan Adila Putri Shabira, sementara Jabar menambah satu gol lewat tembakan dari Indah Safiri, sehingga skor menjadi 5-5 pada babak ketiga.

Baca Juga: Kemlu dan Istana Siapkan Sejumlah Isu yang Akan Dibahas Joko Widodo dan Paus Fransiskus

Pada babak keempat, pemain Jabar Annisa Nurul Aulia membuka keunggulan Jabar menjadi 6-5 namun dapat disamakan oleh Jakarta melalui Thytania Rhamadini.

Usai gol dari Rhamadini, Jakarta tertinggal cukup jauh dengan Jabar yang mampu catatkan gol lewat Bilqis Kautsar dan mengunci laga dengan dua gol dari Nyoman Ayu Savitri di dua menit terakhir dan menutup laga 9-6 atas Jakarta.

Kemenangan ini terasa spesial bagi Jabar, karena medali emas ini adalah yang pertama bagi mereka dalam cabang olahraga polo air putri.

Baca Juga: PON XXI Aceh – Sumut: NTB Kirim 251 Atlet Andalan dengan Target 20 Medali Emas

Selain emas pertama, mereka mampu patahkan dominasi DKI Jakarta yang sebelumnya meraih medali meas pada tiga PON sebelumnya yaitu 2020, 2016 dan 2012.

Sebelum kalahkan DKI Jakarta, Tim Jabar lebih dulu mengalahkan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan skor 22-5. 

Dengan total dua kemenangan ini, Jabar menempati posisi pertama di turnamen ini dan berhak membawa pulang medali emas. 

Baca Juga: Sekjen SATUPENA Satrio Arismunandar Sebut Generalisasi dan Stereotip Suatu Bangsa Tidak Selalu Cerminkan Individu

Di sisi lain, Jakarta berada di peringkat kedua, sementara DIY di posisi ketiga. Kedua tim tersebut tidak mendapatkan medali, karena polo air putri yang hanya diikuti tiga tim hanya menyediakan medali emas saja. ***
 

Berita Terkait