DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Inilah Dua Amalan di Bulan Maulid Menurut Ustadz Abdul Somad

image
Mekkah, Kota kelahiran Nabi Muhammad SAW (freepik)

SPORTYABC.COM –Ustadz Abdul Somad menjelaskan dua amalan terpenting di bulan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, Maulid Nabi adalah perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW, tepatnya tanggal 12 Rabiul Awal penanggalan Hijriah.

Banyak amalan yang dilakukan  umat islam pada saat perayaan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, seperti dua amalan yang dijelaskan oleh Ustadz Abdul Somad, menurut Ustadz Abdul Somad kedua amalan ini adalah yang paling utama di antara amalan lainnya. Yaang pertama adalah shalawat. 

Menurut Ustadz Abdul Somad, shalawat itu sangat penting, apapun ibadah  yang kita amalkan, tidak ada nilainya dan tidak diterima  Allah subhanahu wa ta'ala tanpa dilantunkannya shalawat. Orang yang shalawat dalam hati atau  bersuara sama saja. 

Baca Juga: Manuel Kaisiepo dalam Diskusi SATUPENA: Jakob Oetama Tokoh yang Gigih Mendukung Pandangan Mochtar Lubis tentang Manusia

Ustadz Abdul Somad mengatakan ada empat bacaan yang harus dibaca agar doa dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala, yaitu Audzubillah (ta'awudz), Bismillah, Alhamdulillah, Sholawat, kemudian dilanjutkan membaca doa.

“Siapa yang bershalawat kepada-ku (Allah SWT) satu kali, maka Allah SwT akan memberikan sepuluh kebaikan, anaknya baik-baik, negerinya baik-baik, badannya baik-baik, semua kebaikan akan di berikan” Ucap Ustadz Abdul Somad menegaskan.

Ustadz Abdul Somad memaparkan bahwa doa dan sedekah merupakan cara yang paling tepat untuk melengkapi ibadah, apalagi di hari Maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam

Baca Juga: Ikuti Paus Fransiskus, Joko Widodo Pulang ke Bogor Gunakan Innova Zenix

“Dengan Shalawat, Nabi memohon ampun kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala agar umat nya, semoga dijauhkan dari musibah oleh Allah SWT.” 

Amalan  kedua  dijelaskan oleh Ustaz Abdul Somad yaitu shalat  berjamaah. Menurut Ustadz Abdul Somad,  Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam hidupnya sangat sederhana namun memiliki banyak peninggalan yang ditinggalkan Rasulullah.

Hidupnya sangat sederhana, lantainya adalah tanah, Nabi bukanlah orang yang kaya raya,    namun ia hidup sederhana. Oleh karena itu, warisan Nabi Muhammad SAW merupakan masjid. 

Baca Juga: Inilah Harapan Paus Fransiskus Terhadap Rakyat Indonesia

Itulah dua amalan yang dipaparkan oleh Ustadz Abdul Somad yang baik dikerjakan di bulan maulid ini. Kita sebagai umat muslim perbanyaklah mengerjakan kebajikan dibulan penuh berkah ini.***

Penulis : Tias Atika Suri

Berita Terkait