DECEMBER 9, 2022
News

Ikuti Paus Fransiskus, Joko Widodo Pulang ke Bogor Gunakan Innova Zenix

image
Ilustrasi Toyota Innova Zenix (Toyota.astra.co.id)

SPORTYABC.COM – Seakan ingin memberikan contoh kepada para koleganya, Presiden Joko Widodo kabarnya memilih menaiki Toyota Innova Zenix ketika pulang ke kediamannya di komplek Istana Bogor pada Rabu 4 September 2024

Hal ini disampaikan Komandan Paspampres, Mayjen TNI Achiruddin  membenarkan bahwa Presiden Joko Widodo menggunakan Toyota Innova Zenix ketika pulang ke Bogor

Bahkan kata Mayjen TNI Achiruddin, mobil Toyota Innova Zenix pun akan digunakan pada Kamis 5 September 2024 esok hari

Baca Juga: 4 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Paus Fransiskus Mencuci Kaki Rakyat Kecil Indonesia

"Besok pun beliau akan gunakan mobil tersebut. Sebenarnya itu hal biasa karena untuk kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito, beliau sering menggunakan kendaraan Innova," kata Achiruddin kepada wartawan, Rabu 4 September 2024 malam. 

Keberadaan mobil Toyota Innova Zenix menjadi perbincangan usai pemimpin tertinggi umat Katolik, Paus Fransiskus memilih mobil umum yang biasa digunakan masyarakat Indonesia ketika kunjungan apostoliknya di Jakarta, 

Mengenai keamanannya, Mayjen TNI Achiruddin pastikan telah memperketat pengamanan Presiden Joko Widodo ketika menggunakan mobil pabrikan asal Jepang tersebut.

Baca Juga: Tiba di Indonesia, Paus Fransiskus Naik Innova Zenix, Duduk di Depan dengan Kawalan Ketat Paspampres

"Terkait sisi keamanan, tidak ada masalah bagi kami (jika Presiden menggunakan mobil Innova Zenix). Paspampres sudah memperketat pengamanan terhadap presiden dengan berkoordinasi dengan pasukan pengamanan wilayah," katanya. 

Dirinya menuturkan, para pasukan pengamanan ditempatkan di sepanjang rute perjalanan Presiden. 

Secara standar operasional prosesur (SOP), pihaknya akan melaksanakan pengamanan secara berlapis. 

Baca Juga: Sorotan Media Asing Mengenai Kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta Termasuk ke Masjid Istiqlal

"Secara SOP kami akan laksanakan pengamanan terhadap presiden secara maksimal dan berlapis, serta dengan perhitungan yang matang. Serta kami akan mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat terjadi," jelasnya.

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo terbiasa menggunakan mobil Innova dalam hal kegiatan pribadi atau incognito. 

Bahkan selain Innova, Presiden Joko Widodo pernah menaiki mobil dari pabrikan yang sama yaitu Toyota Fortuner untuk daerah yang memiliki medan terjal dan berat.

Baca Juga: 3 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Paus Fransiskus Tiba di Jakarta dan Spirit Keberagaman

Sebagai informasi, kendaraan Innova Zenix menjadi moda transportasi Paus Fransiskus setibanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pukul 11.29 WIB pada Selasa 3 Septembet 2024.

Mobil yang dinaiki oleh Paus Fransiskus memakai pelat nomor khsus yaitu SC 1 yang artinya Status Civiatis Vaticanae 1 atau yang diterjamahkan menjadi Negara Kota Vatikan 1. ***
 

Berita Terkait