DECEMBER 9, 2022
Internasional

Perdana Sejak Negara Merdeka, Paus Fransiskus Tiba di Timor Leste

image
Paus Fransiskus kenakan Tais, kain tradisional Timor Leste setibanya di Bandara International Presidente Nicolau Lobato, Dili, Timor Leste Senin 9 September 2024 siang waktu setempat (Vaticannews.va)

SPORTYABC.COM – Pemimpin Gereja Katolik  dunia, Paus Fransiskus telah tiba di Timor Leste pada Senin 9 September 2024 untuk melanjutkan tur apostolik ke 45 selama kepausannya.

Kunjungan Paus Fransiskus ke Timor Leste kali perdana ke negara yang merdeka dan diakui dunia pada tahun 2002 lalu.

Pesawat yang membawa rombongan Paus Fransiskus ini mendarat pada pukul 14.25 waktu setempat di Bandara Internasional Presidente Nicolau Lobato, Dili.

Baca Juga: Tiba di Indonesia, Paus Fransiskus Naik Innova Zenix, Duduk di Depan dengan Kawalan Ketat Paspampres

Paus ke 266 ini bersama rombongan terbang dari Papua Nugini ke Timor Leste dengan menaiki pesawat Air Nugini.

Kedatangan Paus Fransiskus disambut Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta serta Perdana Menteri Xanan Gusmao dan para uskup yang sudah bersiaga.

Dari tayangan VaticanNews, tampak warga Timor Leste padati areal sekitar bandara, bahkan di antara mereka membawa bendera Timor Leste berukuran kecil dan bendera Vatian dalam genggaman tangan.

Baca Juga: Inilah Harapan Paus Fransiskus Terhadap Rakyat Indonesia

Paus Fransiskus sendiri berada di Timor Leste mulai hari ini hingga 11 September 2024, bila melihat jadwal pada hari ini dirinya akan berkunjung ke Istana Negara untuk upacara penyambutan pada pukul 18.00 waktu setempat.

Kemudian pada pukul 18.30 Paus Fransiskus kan melakukan kunjungan kehormatan dengan Presiden Timor Leste Ramos Horta di Istana Kepresidenan.

Lalu pada pukul 19.00 Paus asal Argentina ini akan bertemu dengan pejabat pemerinta, anggota masyarakat sipil dan koprs diplomatic di Aula Istana Kepresidenan dengan menyampaikan pidato.

Baca Juga: Paus Berkati Lukisan Karya Denny JA tentang Paus Fransiskus Membasuh Kaki Rakyat Indonesia

Pada tanggal 10 September, Paus Fransiskus dijadwalkan mengunjungi anak anak penyandang disabilitas di sekolah Irmas Almas

Kemudian di pukul 09.30 barulah Paus bertemu dengan para uskup, pendeta, daikon, orang yang sudah ditahbiskan, seminaris dan katekis di Katedral Maria Dikandung Tanpa Noda, di tempat ini Paus Fransiskus akan sampaikan sebuah pidato.

Lalu pada pukul 10.45 Paus Fransiskus akan mengadakan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesuit di Nunsiatur Apostolik atau Kedutaan Besar Vatikan untuk Timor Leste.

Baca Juga: Pidato di Hadapan Joko Widodo, Paus Fransiskus Ingatkan Akan Bahaya Kekuasaan

Kemudian pada pukul 16.30, Paus Fransiskus akan hadiri misa kudus yang berlangsung di Esplanade of Taci Tolu.

Dan pada Rabu 11 September 2024, Paus Fransiskus akan melanjutkan perjalanan menuju ke Singapura.

Sebelum tiba di Dili, Timor Leste, Paus Fransiskus telah terlebih dahulu mengunjungi Papua Nugini dan Indonesia. ***
 

Berita Terkait