DECEMBER 9, 2022
Internasional

Tiba di Indonesia, Paus Fransiskus Naik Innova Zenix, Duduk di Depan dengan Kawalan Ketat Paspampres

image
Tangkapan layar prosesi ketibaan Paus Fransiskus yang turun menggunakan Hight Lift Truck bukan turun dari tangga pesawat (Youtube.com/ CNNNews18)

SPORTYABC.COM – Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus telah tiba di Bandara Soekarno Hatta pada pukul 11.29 WIB Selasa 3 September 2024

Paus Fransiskus tiba dengan menggunakan pesawat komersil ALITALIA dengan corak pesawat berwarna biru, dirinya mengggunakan kursi roda tidak turun dimana semestinya melainkan dengan menggunkan hight lift truck keluar dari pintu sebelah kanan dengan kawalan ketat Paspampres

Usai turun dari hight lift truck, Paus Fransiskus mendapatkan karangan bunga berhiaskan rempah rempah Nusantara oleh dua anak kecil yang mengenakan pakaian khas dari Maluku dan Jawa.

Baca Juga: Lukisan Paus Fransiskus Membasuh Kaki Rakyat Indonesia Karya Denny JA Diserahkan ke Gereja Katolik Santo Servatius

Bunga yang diberikan Paus Fransiskus itu disimbolkan sebagai Bhineka Tunggal Ika, Paus Fransiskus pun memberikan rosario kepada dua anak kecil tersebut sembari tersenyum.

Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia disambut hangat oleh sejumlah pejabat tanah air yang sebelumnya sudah menunggu di bawah pesawat.

Usai menyalami dan berkenalan dengan  para pejabat dan perwakilan Gereja Katolik di Indonesia, Paus Fransiskus pun menaiki mobil Toyotan Innova Zenix putih dengan plat SCV 1 yang memiliki arti Status Civitatis Vaticanae, yang dalam Bahasa Latin artinya Negara Kota Vatikan sebagaimana permintaan beliau.

Baca Juga: Inilah Agenda Paus Fransiskus Selama Kunjungan ke Negara Asia Pasifik

Paus Fransiskus pun duduk di depan samping supir tidak seperti tamu negara lainnya yang duduk di belakang, untuk menuju perjalanan ke Kantor Kedutaan Besar Takhta Suci Vatikan untuk Indonesia di kawasan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.

Sepanjang perjalanan keluar dari Bandara Soekarno Hatta menuju Kedutaan Besar Takhta Suci Vatikan untuk Indonesia Paus Fransiskus mendapatkan pengawalan dari Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres.

Sebagai informasi, kehadiran Paus Fransiskus di Indonesia dalam rangka perjalanan apostolik ke 45 sepanjang kepausannya selama empat hari terhirung hari ini Selasa 3 September hingga Jumat 6 September 2024.

Baca Juga: Kalangan Duta Besar Hadiri Pameran Lukisan Karya Denny JA Tentang Paus Fransiskus Membasuh Kaki Rakyat Indonesia

Selama lawatannya di Jakarta, pemimpin tertinggi Gereja Katolik Roma tersebut akan dijadwalkan bertemua dengan Presiden Joko Widido dan mengunjungi Masjid Istqlal termasuk menyusuri terowongan silaturahmi.

Selain itu Paus Fransiskus akan memimpin misa kudus di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Madya yang akan dihadiri lebih dari 80,000 umat katolik dari berbagai penjuru.

Kunjungan Paus Fransiskus sedianya datang pada September 2020, namun tertunda karena adanya pandemi Covid19 yang melanda dunia termasuk Indonesia. ***
 

Berita Terkait