DECEMBER 9, 2022
Teknologi

iPhone 16 Meluncur, Inilah Spesifikasi dan Harganya

image
Tampilan seri terbaru Apple yang baru saja diluncurkan yaitu iPhone 16 (Youtube.com/@Apple)

SPORTYABC.COM – Apple baru saja merilis seri ponsel flagship mereka terbaru yaitu iPhone 16 yang hadir dengan sejumlah pembaruan, berikut ini spesifikasi lengkapnya.

Peluncuran iPhone 16 ini diumumkan oleh CEO Apple Tim Cook dan timnya dalam event ‘It’s Glowing’ yang digelar dari markas mereka di Cupertino, California, AS Senin 9 September 2024 waktu setempat.

Tim Cook dalam sambutannya mengatakan bahwa iPhone generasi terbaru ini dirancang untuk Apple Intelligence sejak awal dan menandai dimulainya era baru yang sangat menarik.

Baca Juga: Inilah Alasan Pelarangan Penggunaan Ponsel Pintar di Sejumlah Festival Musik Eropa

"iPhone generasi berikutnya dirancang untuk Apple Intelligence sejak awal. Ini menandai dimulainya era baru yang menarik," ujar Cook saat peluncuran produk.

Ponsel terbaru Apple ini hadir dengan empat varian yaitu iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max dan inilah spesifikasi dari keempat produk tersebut.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus
 

Baca Juga: Manuel Kaisiepo dalam Diskusi SATUPENA: Jakob Oetama Tokoh yang Gigih Mendukung Pandangan Mochtar Lubis tentang Manusia

kedua ponsel ini hadir dengan chipset terbaru, A18 yang dirancang untuk mengusung Apple Intelligence.

Chip ini menawarkan kapasitas memori yang lebih besar dan juga terdapat Neural Engine 16 core yang terbaru.

Apple sendiri klaim kalau chip A18 dapat ‘ menghasilakn lompatan besar dalam hal performa dan efisisensi’ serta peningkatan dari segi daya tahan baterai iPhone itu sendiri.

Baca Juga: Denny JA: SATUPENA Merayakan Kemerdekaan Indonesia dengan Menulis Buku Bersama 40 Penulis dari Sumatra Sampai Papua

iPhone 16 hadari dengan layar OLED display dengan ukuran 6,1 inci dengan resolusi 2556 x 1179 pixel dengan 469 pixel per inch atau ppi. Sedangkan iPhone 16 Plus hadir dengan layar lebih besar yaitu 6,7 inchi

kedua layar pada iPhone 16 dan iPhone 16 Plus ini mendukung teknologi Super Retina XDR, HDR dan memiliki lapisan pelindung oleophobic serta kaca keramik tahan gores.

Untuk tingkat kecerahan dari iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dengan maksimalnya sekitara 2.000 nits.

Baca Juga: Denny JA Lesehan Menonton Kabaret Transpuan di Yogyakarta

Untuk kamera pada iPhone 16 dan iPhone 16 Plus alami perubahan diman bila sebelumnya pada iPhone 15 kamera belakang tersusun secara diagonal namun menjadi vertikal

Kedua ponsel dilengkapi dengan kamera belakang ganda dengan kamera utama 48 MP dengan teknologi sensor shift OIS, sementara kamera kedua dengan kamera ultra wide 12 MP

Sebagaimana dilansir dari Apple Newsroom, memiliki kamera fusion 48 MP mungkinkan opsi telephoto 2x kualitas optic.

Baca Juga: Kunci Sukses Denny JA di Semua Bidang Ada dalam Buku Terbarunya

Semenatara kamera Ultra Wide 12 MP baru mungkin fotografi makro hingga menangkap Cahaya 2,6 kali lebih banyak untuk kualitas gambar yang lebih tinggi.

Untuk tampilan kedua iPhone 16 dan iPhone 16 Plus ini tampil dengan elegan dengan bahan kaca di bagian belakang dan bingkai alumunium dan menariknya kedua varian ini memiliki sertifikasi IP68 yang memungkin tahan dari air dan debu.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus hadir dengan lima pilihan warna yaitu, putih, pink, ultramarine, teal dan hitam.

Baca Juga: Siapkan Duit Kalian, Apple Resmi Luncurkan iPhone 16 Preorder Mulai 13 September 2024

Selain itu juga dilengkapi fitur kecerdasan buatan (AI) dengan nama Apple Intelligence yang disebut memanfaatkan kemampuan Apple silicon untuk memahami dan menciptakan bahasa dan gambar, melakukan tindakan di seluruh aplikasi serta manfaatkan konteks personal untuk sederhanakan dan percepat tugas sehari hari.

Apple Intelligence dapat dimanfaatkan penggunaan untuk tingkatkan kemampuan menulis dan komunikasi agar lebih efektif dari sebelumnya.

Lalu berapa harganya ? iPhone 16 ini dibanderol dengan harga mulai dari USD799 atau setara Rp12,3 juta sedangkan iPhone 16 Plus dengan harga USD 899 atau sekitar Rp13,8 juta.

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max

Untuk seri iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max hadir dengan ukuran yang sedikit lebih besar yaitu 6,3 inchi dan 6,9 inchi

sama seri pendahulunya, iPhone 16 Pro dan iPhon 16 Pro Max hadir dengan bodi yang terbuat dari titanium.
Dua varian ini juga dilengkapi dengan tombol camera control dan Action Button seperti iPhone 16

Kedua varian ponsel ini juga didukung chip A18 Pro yang dibangun dengan teknologi 3nm diman chip ini menawarkan kapasitas memori yang lebih besar dengan Neural Engine 16 core terbaru.

iPhone 16 Pro dan iPhon 16 Pro Max tempatkan tiga kamera di bodi belakang dengan kamera utama 48 MP Fusion Camera.

Selain itu terdapat kamera ultra wide 48 MP dan telephoto 12 MP tetraprism dengan kemampuan zoom optic sebanyak 5 kali.

Serupa dengan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus kedua varian ini juga dilengkapi dengan fitur Apple Intelligence.

"Apple Intelligence menjaga privasi dan keamanan data pengguna dengan Komputasi Cloud Pribadi. Pendekatan inovatif ini memberikan kemampuan untuk menyesuaikan dan meningkatkan kapasitas komputasi antara pemrosesan di perangkat dan model berbasis server yang lebih besar yang berjalan di server Apple silicon khusus," demikian keterangan Apple.

Untuk pilihan warna iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max tersedia dalam warna titanium natural, titanium putih, titanium desert dan titanium hitam dengan kapasita yang tersedia mulai dari 128 GB, 256 GB, 512 GB hingga 1 TB

Untuk harga, varian iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max sedikit lebih dalam merogoh kocek anda bila ingin memilikinya.

Karena iPhone 16 Pro dibenderol dengan harga mulai USD999 atau sekitar Rp15,4 juta sementara iPhone 16 Pro Max dapat ditebus dengan harga USD1.199 atau sekitar Rp18,5 juta. ***

Sumber: Apple

Berita Terkait