DECEMBER 9, 2022
Kesehatan dan Kuliner

Inilah Makanan Khas Cirebon yang Paling Banyak Dicari

image
Salah satu kuliner khas Cirebon, Bubur Sop Ayam (freepik)

SPORTYABC.COM – Siapa yang tidak kenal dengan Kota Cirebon?  kota pelabuhan yang terletak di bagian utara provinsi Jawa Barat, Indonesia ini. 

Kota ini terkenal sebagai tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Di Cirebon juga terdapat wisata religi antara lain  Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, dan Keraton Kacirebonan. Sedangkan, untuk  kekayaan budayanya meliputi seni dan karya seperti batik dengan corak khas Cirebon, tari topeng, wayang golek, dan lukisan kaca.

Baca Juga: PIlkada Kota Bekasi 2024: KOlaborasi PKS dan PPP Deklarasikan Heri Koswara – Sholihin

Cirebon juga menawarkan kuliner lokal lezat yang tak kalah menarik. Menikmati kuliner khas Cirebon menjadi salah satu kegiatan wisata  wajib bagi  wisatawan ketika berkunjung ke  Cirebon. 

Berikut ini beberapa makanan khas Cirebon yang paling banyak di cari :

Empal Gentong

Baca Juga: Puisi Denny JA: Pesan yang Dibawa Seekor Burung yang Hinggap di Pundakku

Empal gentongadalah sup tradisional yang berasal dari Cirebon dan dimasak dalam periuk tanah liat, oleh sebab itu  dinamakan gentong. Bahan empal gentong adalah kombinasi daging sapi, bawang merah, bawang putih, biji kemiri, kunyit, air santan, kecap manis, cengkeh, serai dan jeruk purut.

Nasi Jamblang 

Nasi jamblang atau biasa disebut sego jamblang oleh penduduk asli Cirebon merupakan masakan khas yang berasal dari salah satu desa di Cirebon yang bernama Desa Jamblang, itulah sebabnya masakan ini dinamakan nasi jamblang. Nasi jamblang unik karena dibungkus dengan daun jati dan dilengkapi dengan lauk pauknya seperti, telur dadar, tahu, tempe, semur tahu, paru sapi, perkedel ayam, sate, kentang, telur puyuh, semur hati, telur goreng dan masih banyak masakan lainnya.

Baca Juga: Ini Dia Juara Lomba Swafoto di Depan Lukisan Denny JA dalam Rangkaian Festival Toleransi Indonesia 2024

Kerupuk Pasir dan Terasi 

Warga Cirebon menyebutnya dengan kerupuk melarat, karena tidak digoreng menggunakan minyak melainkan menggunakan pasir yang tidak membutuhkan biaya. Cirebon juga memiliki khas dengan terasi, karena beraneka terasi ada di Cirebon 

Nasi Lengko 

Baca Juga: Berziarah ke Borobudur, Denny JA Terhubung ke Masa Silam

Nasi lengko terbuat dari nasi putih panas dengan lauknya tempe goreng, tahu goreng, ketimun segar yang di cincang, taoge rebus, daun kucai yang di potong kecil-kecil, bawang goreng, bumbu kacang seperti bumbu rujak dan terakhir ditaburi  kecap manis.

Bubur Sop Ayam

Perpaduan bubur dengan sop ayam ini unik, karena kuah sop ini berbeda dengan sop ayam yang biasa dimasak di rumah. Bubur di siram dengan  kuah kaldu ayam yang sedikit pedas dan kental disertai irisan ayam kampung, kacang, daun bawang, kol, tomat, bawang goreng, serta kerupuk. Terkadang bahan tambahan menimbulkan nostalgia dan banyak dicari saat berkunjung ke Cirebon. 

Baca Juga: Kunci Sukses Denny JA di Semua Bidang Ada dalam Buku Terbarunya

Tahu Gejrot 

Cara membuat tahu gejrot diawali dengan merendam tahu  dalam air mendidih. Rebus dan tambahkan 1 sendok teh garam. Tahu siap setelah direndam. goreng hingga matang dan mengapung. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan kuah tahu gejrot.

Mie Koclok 

Baca Juga: 4 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Ziarah ke Borobudur

Mie Koclok adalah masakan mie ayam khas Cirebon. Mie yang disajikan dengan kuah kentalnya hampir sama. kuahnya dikentalkan dengan tepung maizena atau tepung tapioka.

Docang

Docang adalah Masakan Cirebon  terdiri dari potongan lontong, irisan sayuran dan  kelapa parut, semua bahan dicampur lalu disiram dengan kuah  dari campuran oncom

Itulah beberapa makanan khas kota Cirebon, jika kamu berniat mengunjungi kota Cirebon jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Cirebon. ***

Penulis : Tias Atika Suri
 

Berita Terkait