DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Inilah 10 Keutamaan Bulan Rabiul Awal yang Jarang Kita Ketahui

image
Ilustrasi wanita tengah membaca Al Quran (Pixabay)

SPORTYABC.COM - Bulan Rabiul Awal merupakan bulan yang sangat dimuliakan oleh umat Islam di seluruh dunia

Kenapa ? bukan tanpa alasan, karena  pada bulan Rabiul Awal Nabi Muhammad SAW terlahir ke dunia ini tepatnya pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awal tahun gajah.

Terdapat 10 keutamaan di bulan Rabiul Awal, yang mungkin tidak semua orang mengetahuinya untuk mengetahui lebih lanjut mari simak selengkapnya : 

Baca Juga: ORASI DENNY JA: Sisi Ekonomi Gerakan Lingkungan Hidup dan Green Religions

Bulan Lahirnya Pemimpin Rahmatan Lil Alamin

Bulan Rabiul Awal merupakan bulan  bersejarah bagi umat islam khususnya pada hari senin bulan rabiul awal yang bertepatan dengan tahun gajah dimana lahirnya seorang pemimpin seluruh umat  islam menjadi rahmatan lil alamin atau rahmat untuk seluruh alam semesta. Beliau adalah baginda Rasulullah SAW.

Allah SWT berfirman dalam  Al-Qur’an ayat 107 surat Al-Anbiya  “Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam semesta”.  

Baca Juga: Manuel Kaisiepo dalam Diskusi SATUPENA: Jakob Oetama Tokoh yang Gigih Mendukung Pandangan Mochtar Lubis tentang Manusia

Bulan Wafatnya Rasulullah SAW

Bulan Rabiul Awal juga merupakan bulan yang sangat mulia karena ada dua peristiwa  yang sangat penting sekaligus, yaitu lahirnya seorang yang sangat mulia di dunia dan juga Allah subhanahu wa ta'ala yang mengambil baginda Rasulullah SAW di dunia ini atau bisa disebut dengan bulan wafatnya Rasulullah SAW.

Disunahkan Memperbanyak Membaca Shalawat

Baca Juga: ORASI DENNY JA: Belajar Keberagaman dari Sayyidina Ali

Bulan Rabiul Awal atau bisa juga disebut  bulan maulid, yaitu bulan yang sering digunakan untuk memperbanyak membaca shalawat dan juga merupakan bulan  yang banyak  memberikan salam kepada Rasulullah SAW.

Membaca Shalawat Nariyah pasti mempunyai manfaat yang  bertujuan untuk menjadikan hidup  lebih baik selama kita berada di dunia dan akhirat, sehingga ketika kita membaca  Shalawat Nariyah akan mendapat syafaat dan juga keberkahan Rasulullah SAW. 

Bulan Yang Memiliki  Banyak Keberkahan 

Baca Juga: Satrio Arismunandar dalam Diskusi SATUPENA Sebut Filologi Punya Arti Penting Bagi Profesi Penulis Terkait Evolusi Bahasa

Bulan Rabiul Awal juga merupakan bulan yang paling banyak dimanfaatkan oleh umat islam, sekaligus menjadi tempat berkumpulnya  umat islam lainnya di mesjid atau dalam pertemuan dan tempat-tempat lain yang dimuliakan oleh Allah SWT. Dengan tujuan untuk memupuk dan mengembangkan rasa cinta atau mahabah kita kepada Rasulullah SAW.

Ungkapan Cinta Kepada Rasulullah SAW

Bulan Rabiul Awal menjadi bulan dimana kita mengungkapkan rasa cinta dan kegembiraan kita kepada Rasulullah SAW.

Baca Juga: Inilah Dua Amalan di Bulan Maulid Menurut Ustadz Abdul Somad

Meneguhkan rasa cintanya kepada Rasulullah SAW

Bulan Rabiul Awal juga merupakan bulan untuk membalas keteguhan cinta kita kepada Rasulullah SAW. 
Demi kecintaan setiap mukmin kepada Rasulullah SAW merupakan  kewajiban dan salah satu cara untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan  kecintaan seseorang kepada Rasulullah SAW  juga harus berada di barisan yang lain dan harus melebihi segalanya bahkan pada keluarga atau diri sendiri dalam hadis
Riwayat Bukhari dan Muslim dijelaskan, “Tidak sempurna iman salah satu diantara kamu, sehingga aku lebih dicintai  daripada anaknya, orang tuanya, dan seluruh umat manusia”. 

Mendapat Rahmat Allah SWT

Baca Juga: Inilah Empat Amalan Sunah pada Bulan Maulid, Sayang Jika di Tinggalkan

Yaitu berupa taman surga dan juga dibangkitkan bersama orang-orang yang tergabung dalam kelompok orang-orang baik, orang-orang yang berperang di agama Allah dan juga orang-orang yang bertakwa.

Imam Syafi'i R.A mengatakan bahwa “Barang siapa yang mengumpulkan saudara-saudaranya untuk merayakan Maulid Nabi, kemudian menyiapkan makanan untuk mereka dan berbuat baik kepada mereka serta ia menjadi alasan untuk membaca Maulid Nabi, maka Allah akan membangkitkannya bersama dengan orang  jujur, para syuhada dan orang-orang shaleh dan ia juga akan dimasukkan ke dalam surga Na’im”. 

Menghormati dan Memuliakan Rasulullah SAW

Bulan Rabiul Awal menjadi hari lahirnya Rasulullah SAW dan menjadi hari besar bagi umat Islam sehingga memiliki banyak makna keindahan tersendiri dalam riwayat Qatadah Al-Ansari, Rasulullah SAW ditanya tentang puasa di hari senin dan Rasulullah SAW bersabda : 

“bahwa itu adalah hari kelahiranku dan hari diwahyukan kenabian kepadaku”. HR. Muslim

Melaksanakan Amal Shaleh 

Bulan Rabiul Awal juga merupakan bulan untuk banyak melakukan  amal shaleh seperti yang dilakukan  Abu Lahab dengan membebaskan Suwaibah serta beberapa amal shaleh yang bisa dilakukan antara lain shalawat, membaca Al-Qur’an,  bersedekah dan masih banyak lagi. 

Dibangkitkan Pada Hari Kiamat

Jika di bulan Rabiul Awal ada yang berkumpul dengan banyak saudara maka janji Allah SWT yaitu akan menghidupkan kembali saat hari kiamat bersama orang-orang yang mempunyai sahabat setia dengan rahmat Allah

Itulah sepuluh keutamaan yang mungkin belum kita ketahui tentang bulan Rabiul Awal. Pada bulan yang mulia ini marilah kita senantiasa selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT serta beramar ma’ruf nahi mungkar. ***

Penulis : Tias Atika Suri

Berita Terkait