DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Hari Ini, Jokowi Teken Permohonan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

image
Erick Thohir bersalaman dengan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders ketika jamuan makan malam yang dilakukan oleh Erick Thohir (x.com/Erickthohir)

SPORTYABC.COM –Kabar gembira bagi para pecinta sepak bola dimana Presiden Joko Widodo hari ini akan menandatangani surat permohonan naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnder.

Kepastian surat permohonan naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders oleh Presiden Joko Widodo disampaikan  Ketua Umum PSSI, Erick Thohir usai menyaksikan laga timnas Indonesia melawan Australia di Stadion Utam Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selasa 10 September 2024.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sudah memulai proses perpindahan kewarganegaraan menjadi WNI.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Jelang Melawan Saudi Arabia dan Australia, Shin Tae yong dan Erick Thohir Gelar Pertemuan

Hal ini dilakukan kedua pemain demi bisa memperkuat timnas Indonesia, Erick Thohir pun berharap proses administrasi permohonan perpindahan kewarganegaraan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders agar bisa segera rampung.

Dirinya menuturkan, sejauh ini surat permohonanan sudah ditandantangani oleh Menteri Sekretarsi Negara Pratikno dan Menpora Dito Ariotedjo.

"Mudah-mudahan semua administrasi yang ada di DPR segera. Pak Menpora sudah tanda tangan, Mensesneg sudah tanda tangan, Pak Presiden besok tanda tangan, nanti tinggal proses di DPR," kata Erick usai laga Indonesia vs Australia, Selasa.

Baca Juga: Perkenalkan, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Calon Pemain Baru Timnas Indonesia

Mantan presiden Inter Milan ini berhadap dua permain naturalisasi ini sudah bergabung pada laga Kualifikasi Piala Dunia Selanjutnya yaitu pada 10 Oktober dan 15 Oktober 2024 melawan Bahrain dan China.

Dirinya yakin dengan kehadiran dua pemain baru makin perkuat pertahanan maupun serangan balik atau counter attack timnas Indonesi ketika melawan Bahrain dan China.

"Supaya Oktober tanggal 10-15 mereka bisa memperkuat Indonesia untuk pertandingan di luar negeri, di Bahrain dan China," katanya.

Baca Juga: Denny JA Lesehan Menonton Kabaret Transpuan di Yogyakarta

Erick Thohir tidak pungkiri, tim asuhan Shin Tae yong masih banyak andalkan lini pertahanan dalam dua laga terakhir melawan Saudi Arabia dan Australia.

Menurutnya, hasil imbang 0-0 ketika melawan Australia pun tidak lepas dari kurangnya serangan balik atau counter attack ke gawang, Erick pun mengatakan bahwa timnas Indonesia masih perlu banyak latihan kembali.

"Kita banyak bertahan, counter attack-nya belum maksimal, ya. Counter attack, counter attacknya belum rapi," katanya

Baca Juga: Kunci Sukses Denny JA di Semua Bidang Ada dalam Buku Terbarunya

Sebagaimana diberitakan, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tengah menjalani proses naturalisasi.

Dua atlet sepak bola tersebut sudah bertemua dengan Erick Thohir, bahkan sudah mengikuti latihan bersama timnas Indonesia beberapa hari belakangan.

Mees Hilgers telah lama dikatikan dengan timnas Indonesia yang berposisi sebagai palang pintu tersebut sudah dua tahun silam mulai disebut sebut berpotensi membela skuad timnas Indonesia.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Lawan Australia, Timnas Indonesia Kenakan Jersey Putih

Namun pada Februari 2022, pemain alumnus akademi FC Twente yang pernah membela timnas U21 Belanda urung jalani proses naturalisasi di Indonesia karena alasan keluarga.

Mees Hilgers adalah pemain dengan jam terbang yang cukup tinggi di Liga Belanda walau usianya baru menginjak 23 tahun.

Sejak membela Twente pada 2020 dirinya telah catatkan 85 penampulan di Eredivisie kompetisi kasta tertinggi sepak bola Belanda.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Maarten Paes Menakjubkan, Timnas Indonesia Raih Poin Kedua

Mees Hilgers juga dua kali mencicipi pengalaman mentas bersama Twente di ajang Kualifikasi Liga Champion dan catatkan satu gol

Sementara itu Eliano Reijnders berusia 23 tahun adalah adik dari bintang AC Milan Tijjani Reijnders (26)

Mereka adalah putra kesayangan dan kebanggaan dari pasangan mantan pesepeak bola Martijn Reijnders dan Angelina Lekatompessy yang memiliki darah Maluku.

"Anda tidak bisa membandingkan mereka," ujar sang ayah, Martin Reijnders, soal kedua putranya yang jadi pesepak bola. 

"Namun, mereka berdua memiliki kesamaan yaitu serbabisa, yang bisa menjadi jebakan juga." 

"Tijjani membuat pemain lain bermain lebih baik. Dia mempercepat permainan, memberikan banyak umpan terobosan dan melihat di mana ruang terbuka di lapangan," kata Martijn Reijnders soal Tijjani dalam wawancaranya  dengan Elf Voetbal di tahun 2021 silam. ***
 

Berita Terkait