DECEMBER 9, 2022
Olahraga

PON XXI Aceh-Sumut 2024: Final Bertabur Bintang Timnas Indonesia, Jabar Sukses Libas Jakarta dan Raih Emas

image
Ketum PSSI, Erick Thohir mengalungi medali emas kepada pemain Jawa Barat usai kalahkan Jakarta dalam final sepakbola putri PON XXI Aceh-Sumut 2024 (Jabarprov.go.id)

SPORTYABC.COM – Laga final sepakbola putri PON XXI Aceh-Sumut 2024 pertemukan Jakarta melawan Jawa Barat yang berakhir dengan kemenangan Jawa Barat dengan skor 0-3.

Laga final sepakbola putri PON XXI Aceh-Sumut 2024 antara Jakarta melawan Jawa Barat berlangsung di Stadion Mini Pancing, Deli Serdang, Sumatra Utara, Sabtu 14 September 2024 sore WIB.

Laga yang disaksikan oleh Ketum PSSI, Erick Thohir dan Sekda Jabar Herman Suryatman ini berlabel timnas Indonesia baik kelompok usia maupun senior.

Baca Juga: Denny JA: SATUPENA Merayakan Kemerdekaan Indonesia dengan Menulis Buku Bersama 40 Penulis dari Sumatra Sampai Papua

Di Jakarta terdapat nama yang cukup populer di kalangan pecinta sepakbola nasional seperti Kapten timnas putri Indonesia, Shafira Ika Putri, selain itu Atin Rizky, Viny Silfanus dan Sheva Imut.

Sementara Jawa Barat diperkuat oleh Tia Darti, Helsya Maeisyaroh, Reva Octaviani, dan Gea Yumanda, mengenai Helsya Maeisyaroh tercatat sebagai pemain klub Jepang, Ryuku Sakura.

Selama pertandingan berlangsung, Jawa Barat bermain sangat mendominasi permainan sejak menit awal.

Baca Juga: PON XXI Aceh-Sumut 2024: Kalahkan Bangka Belitung, Tim Sepak bola Putri Papua Pegunungan Raih Medali Perunggu

Sementara itu, Jakarta memberikan perlawanan sengit walau akhirnya gagal mencetak gol dan harus puas meraih medali perak.

Tiga gol Jawa Barat disumbangkan Risdillah Siti Nurrohmah pada menit ke 39 dan 50, kemudian satu gol lainnya disumbangkan Helsya Maeisyaroh melalui titik putih pada menit ke 82.

Selepas wasit meniup peluit panjang kedua, para pemain Jawa Barat langsung melakukan sujud syukur di lapangan.

Baca Juga: PON XXI Aceh-Sumut 2024: Kalahkan Sumatra Utara, Tim Sepakbola Jawa Barat Tatap Semifinal

Para pemain pun tak kuasa menahan kegembiraaan karena berhasil menambah pundi emas bagi daerahnya, tidak sedikit diantara mereka meneteskan air mata.

Medali emas pun dikalungkan kepada para pemain Jawa Barat dan ofisial oleh Ketum PSSI Erick Thohir.

“Alhamdulillah. pertandingan final sepak bola putri Jabar melawan DKI Jakarta, kita menang,” ucap Herman Suryatman ditemui usai pertandingan sebagaimana dilansir dari laman resmi Pemprov Jawa Barat. 

Baca Juga: PON XXI Aceh-Sumut 2024: Wasit Dihantam Hingga KO, Aceh Tatap Semifinal

Sementara itu, melalui akun media sosialnya, Erick Thohir berikan ucapan selamat kepada tim putri Jawa Barat.

"Nonton final PON XXI Sepak Bola Putri di Medan, Sumatera Utara. Senang bisa melihat talenta-talenta perempuan di PON kali ini," tulisnya. 

"PON ini menjadi panggung bibit pemain perempuan sekaligus menambah talent pool pemain yang memiliki potensi memperkuat timnas Indonesia.Selamat untuk kontingen Jawa Barat," ujar Erick. 

Baca Juga: Denny JA Bentuk KEA, Wadah bagi Kreator di Era AI yang Segera Terbentuk dari Sumatra hingga Papua

Sementara itu Sekda Jawa Barat, Herman Suryatman  berharap raihan emas Jabar bisa terus bertambah dari cabor lainnya agar Jabar hattrick juara umum bisa diraih sesuai dengan target awal. 

"Mudah-mudahan dari cabor ini dan yang lainnya bisa menghantarkan Jabar hattrick juara umum. Sebelumnya, kami juga menyaksikan squash dan taekwondo, dua-duanya meraih emas,’ sebut Herman. 

Medali emas ini menebus kegagalan tim sepak bola putri Jabar meraih emas pada PON XX Papua 2021 setelah dikalahkan tuan rumah Papua. ***

Sumber: PON2024.id

Berita Terkait