DECEMBER 9, 2022
Olahraga

PON XXI Aceh-Sumut 2024: Wasit Dihantam Hingga KO, Aceh Tatap Semifinal

image
Mobil ambulan berada di lapangan dalan pertandingan sepakbola putra antara Aceh vs Sulsel di Stadion Dimurthala pada Sabtu, 14 September 2024. (ANTARA/Hendri Sukma Indrawan)

SPORTYABC.COM – Laga 8 besar cabor sepakbola PON XXI Aceh-Sumur 2024 hadirkan Aceh melawan Sulawesi Tengah yang berakhir dengan kemenangan WO bagi Aceh.

Laga 8 besar cabor sepakbola PON XXI Aceh-Sumut 2024 antara Aceh melawan Sulawesi Tengah berlangsung di Stadion Dirmuthala, Aceh, Sabtu 14 September 2024 malam WIB.

Sulawesi Tengah mampu lebih dulu unggul 0-1 lewat gol Alan Wahyu pada menit ke 24, namun laga sempat terhenti pada menit ke 38 usai terjadi perselisihan antara pelatih Sulawesi Tengah dengan staf pelatih Aceh di pinggir lapangan yang memicu emosi para suporter tuan rumah yang kemudian melempar botol minuman ke lapangan

Baca Juga: PON XXI Aceh-Sumut 2024: Kalahkan Jawa Timur, Lampung Raih Emas Tenis Meja Beregu

Pada menit ke 74 pemain Sulawesi Tengah Wahyu Alam harus mandi lebih cepat karena menerima kartu merah akibat mengangkat kaki terlalu tinggi ketika membuang bola yang nyari mengenai kepala pemain Aceh.

Kemudian Sulawesi Tengah pun mulai bertahan dan bermain cukup keras hingga wasit pun obral kartu kuning dan berujung dua kartu merah.

Ketika wasit Eko Agus Sugiharto memberikan kartu merah yang kedua untuk tim Sulawesi Tengah pada menit ke 85 terhadapa Moh Akbar terjadi sejumlah protes.

Baca Juga: PON XXI Aceh-Sumut 2024: Kalahkan NTT, Jawa Timur Tatap Semifinal

Bahkan sempat terjadi perselisihan selama beberapa menit sebelum wasit berikan tambahan waktu selama 13 menit.

Puncaknya kontroversi dalam laga ini pada menit ke 97 ketika wasit Eko Agus Sugiharto berikan hadiah penalti kepada Aceh, padahal dalam tayangan ulang jelas sekali pemain Aceh melakukan diving.

Tidak terima dengan keputusan wasit Eko Agus Sugiharto membuat Rizki Saputra menghantam wasit pada bagian kepala yang membuat sang wasit terkapar seketika dan mendapatkan perawatan medis sebelum dibawa keluar lapangan dengan mobil ambulans

Baca Juga: PON XXI Aceh-Sumut 2024: Kalahkan Bangka Belitung, Tim Sepak bola Putri Papua Pegunungan Raih Medali Perunggu

Insiden ini membuat pendukung Aceh kesal dan lemparkan botol minuman kembali ke lapangan yang sempat memicu kericuhan dan akhirnya pertandingan dihentikan untuk sementara.

Setelah beberapa menit, laga pun kembali dilanjutkan dan Sulawesi Tengah harus bemain dengan 8 pemain usai Rizki Saputra harus mandi lebih cepat mendapatkan kartu merah dari wasit dan menjadi kartu merah ketiga untuk Sulawesi Tengah.

Dengan bermain 8 pemain, kedudukan saat itu masih tetap 0-1 namun beberapa saat kemudian Aceh kembali mendapatkan hadiah penalti.

Baca Juga: Catatan Denny JA: Ayah, Semoga Abu Jasadmu Sampai ke Pantai Indonesia

Wasit pun berikan hadiah penalti usai pemain Sulawesi Tengah dianggap melakukan handsball, Akmal Juanda yang mengambil peran sukses menjalankan tugasnya dengan baik menjadi kedudukan menjadi 1-1.

Usai peluit panjang dibunyikan dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu, para pemain dan ofisial Sulawesi Tengah putuskan untuk walk out yang membuat tim Aceh lolos dengan kontroversi ke semifinal sepakbola PON XII Aceh-Sumut 2024. 

Aceh sendiri akan berhadapan dengan tim Jawa Timur di semifinal sepakbola PON XXI Aceh-Sumut 2024 pada Senin 16 September 2024 ***
 

Sumber: PON2024.id

Berita Terkait