DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Proses Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Disetujui Komisi X DPR

image
Eliano Reijnders memberikan keterangan di depan Wakil Ketua dan Anggota Komisi X DPR RI mengenai proses naturalisasi dirinya dan Mees Hilger pada hari ini Selasa 17 September 2024 secara daring dari Belanda (Youtube.com/DPRRIOfficial)

SPORTYABC.COM – Komisi X DPR RI akhirnya menyetujui proses naturalisasi terhadap dua pemain keturunan Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Persetujuan naturalisasi dari Komisi X DPR RI usai Komisi III DPR RI gelar rapat kerja dengan Menpora Dito Ariotedjo serta PSSI yang diwakili oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi dan anggota Exco PSSI, Vivi Cahyani.

Dalam rapat kerja tersebut membahas permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia atau dikenal dengan naturalisasi kepada dua Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Baca Juga: Perkenalkan, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Calon Pemain Baru Timnas Indonesia

Raker sendiri dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hatifah Sjaifudian dan diikuti oleh para anggota Komisi X DPR RI lainnya.

Selama rapat kerja Komisi X DPR RI, Eliano Reijnder ikut dalam rapat ini secara daring karena berada di Belanda. Sementara Mees Hilgers tidak bisa mengikuti rapat kerja dikarenakan tengah bermain bersama FC Twente.

Dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, Dito Ariotedjo jelaskan secara rinci terkait proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Baca Juga: Respon Media Belanda Mengenai Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Gabung Timnas Indonesia

Politisi Golkar ini mengatakan bawa kedua pemain ini sudah memenuhi undang undag karena memiliki darah keturunan Indonesia.

Dito Ariotedjo juga jelaskan bahwa kedua pemain ini diharapkan disetujui naturalisasinya karena mereka juga diharapkan bisa menambah kekuatan timnas Indonesia 

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders diharapkan bisa meruput bersama timnas Indonesia dalam laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca Juga: Hari Ini, Jokowi Teken Permohonan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Dimana dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026, tim asuhan Shin Tae yong dijadwalkan melawan Bahrain dan China pada 10 dan 15 Oktober mendatang sehingga proses naturalisasi keduanya bisa selesai dengan tepat waktu.

Selain menyetujui proses naturalisasi, Komisi X DPR RI juga berikan beberapa catatan dan rekomendasi kepada pemerintah dan PSSI dalam membangun sepak bola negeri ini.

Proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders pun disetujui oleh Komisi X DPR RI tepat pukul 16.00 WIB

Baca Juga: Joko Widodo Telah Teken Surat Permohanan Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Hari ini Masuk DPR

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan atas nama Eliano Reijnders dan Mees Hilgers dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Hetifah dalam rapat di Gedung Nusantara I DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa 17 September 2024.

Pada kesempatan ditempat yang sama, Hetifah Sjaifudian meminta pemerintah dan PSSI tetap memperhatikan catatan dan rekomendasi dari Komisi X DPR RI. Dengan harapan prestasi sepak bola Indonesia bisa terus dijaga ke depannya.  

"Komisi X DPR RI mendorong Pemerintah dan PSSI, agar memperhatikan seluruh catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh pimpinan dan anggota Komisi X pada rapat kerja hari ini sebagai langkah untuk membangun prestasi olahraga, khususnya persepakbola nasional," ucapnya.

Baca Juga: Catatan Denny JA: Ayah, Semoga Abu Jasadmu Sampai ke Pantai Indonesia

Dalam kesempatan yang sama, Eliano Reijnders juga mengaku senang bisa bergabung dengan timnas Indonesia, dirinya juga bertekad bisa membela timnas Indonesia dan bisa meraih hasil terbaik nantinya.

"Saya bisa bermain di berbagai posisi berbeda, saya senang bermain di tim ini, bersama rekan satu tim saya (di Timnas Indonesia)," jelas Eliano di depan pimpinan rapat dan semua anggita Komisi X.

"Karena saya banyak bermain di Belanda saya bisa membantu tim menggapai posisi di Piala Dunia dan mungkin bisa lebih dari ini," ucapnya.

Baca Juga: Denny JA Bentuk KEA, Wadah bagi Kreator di Era AI yang Segera Terbentuk dari Sumatra hingga Papua

Sementara itu, Komisi III DPR RI juga telah setujui proses naturalisasi dua pemain keturunan Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Dengan keluarnya persetujuan dari Komisi X dan Komisi III DPR RI, Proses naturalisasi kedua pemain ini akan dilanjutkan ke Kementerian Sekretariat Negara setelah itu ke Kementerian Hukum dan HAM ***
 

Berita Terkait