DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Mengenal Lebih Dekat dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

image
Tangkapan layar gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam UIN SSC Cirebon (Youtube.com/@FDKI IAIN Syekh Nurjati)

SPORTYABC.COM - Seperti yang kita ketahui bahwa, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon atau dikenal dengan nama UIN SSC adalah sebuah lembaga pendidikan berbasis teknologi di Kota Cirebon.

Dengan hal tersebut menjadi UIN SSSC sebagai satu satunya universitas berbasis siber di negeri kita tercinta, Indonesia dan menempati 10 besar kateori IAIN paling banyak diminati oleh calon mahasiswa baru dalam UM-PTKIN 2024.

UIN SSC sendiri telah bertransformasi dari IAIN berdasarkan Peraturan Presiden No. 60 tahun 2024 dan menempati peringkat pertama

Baca Juga: Inilah Makanan Khas Cirebon yang Paling Banyak Dicari

UIN SSC memiliki lima fakultas yang sebelumnya sudah diresmikan pada 2022 lalu dimana awalnya hanya tidak fakultas dan seiring waktu berjalan mulai ada penambahan.

Lima fakultas UIN SSC ini diantaranya yaitu fakultas  Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, fakultas Syariah, fakultas Ekonomi dan Bisnis, fakultas Ushuluddin dan Adab, dan fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam.

Salah satu yang akan kita bahas adalah fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI), mengenai apa sih sejarah singkat FDKI? serta apa visi misi yang ada di fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam ini. Untuk lebih jelasnya simak selengkapnya dibawah ini : 

Baca Juga: Orasi Denny JA: Mengapa Kita Perlu Forum Para Kreator di Era AI ?

Bagaimana awal sejarah berdirinya  fakultas dakwah dan komunikasi islam?

Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan hasil  pemecahan dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FDKI) pada tahun 2022.

Sesuai dengan hasil pemecahan fakultas tersebut maka Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) kemudian dipecah menjadi beberapa program studi, antara lain prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) pada tahun 1997, prodi  Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) pada tahun 2011, prodi Bimbingan dan Konsultasi Islam pada tahun 2012, dan prodi Sosiologi Agama (SA) pada tahun 2021.

Baca Juga: Denny JA Bentuk KEA, Wadah bagi Kreator di Era AI yang Segera Terbentuk dari Sumatra hingga Papua

Lantas apakah visi dan misi dari  Fakultas Dakwah dan Komunikasi itu sendiri, dimana visinya adalah menjadi fakultas ini unggul dalam basis siber di tahun 2030.

Pernyataan visi  bertujuan untuk menggambarkan kondisi masa depan yang diharapkan oleh seluruh skateholder. 

Keunggulan yang dibahas di sini adalah  sikap dan keyakinan mendasar bahwa setiap civitas perguruan tinggi mempunyai kemampuan untuk menjadi perguruan tinggi terbaik.

Baca Juga: Berikut Ini Asal Usul Terbentuknya Lembaga Pendidikan IAIN di Cirebon

Sikap tersebut mencerminkan keyakinan akan kemampuan untuk berbuat yang terbaik dan jauh lebih baik lagi dalam metode pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga Fakultas Dakwah dan

Komunikasi Islam dapat menghasilkan lulusan mahasiswa yang memiliki pengetahuan terkini, strategi pengajaran, dan mampu melakukan penelitian dan pengabdian dengan metode yang tepat.

Selain itu ada beberapa misi yang ingin dihasilkan oleh UIN SSC ini antara lain

Baca Juga: Inilah Transformasi Fakultas Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Cirebon

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi serta berkualitas;

Melaksanakan tata kelola, manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), mutu pembelajaran, dan pelayanan profesional serta akuntabel.

Melakukan kerja sama dengan berbagai pihak secara inklusif dan berkelanjutan..

Baca Juga: Satrio Arismunandar Sebut SATUPENA Kerjasama dengan Kreaator Era AI

Selain itu di fakultas ini juga terdapat sarana dan prasaran penunjang seperti ruang belajar dan diskusi, fasilitas kesehatan dan olahraga dan masih banyak lainya.,

Selain sarana dan prasana, prestasi dari fakultas ini pun tidak bisa dianggap remeh, salah satu mahasiswanya yaiatu Ahmad Fadhil telah torehkan cukup banyak prestasi dalam hal Dakwah dan Syarhil Quran 

Prestasi yang diraih pria kelahiran 2003 yang kini menjabat sebagai  Ketua Umum Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Hay’atu Tahfidzil Qur’an (HTQ) di UIN SSC sudah lebih dari 40 prestasi baik di tingkat kabupaten, kota, provinsi hingga tingkat nasional.

Jadi itulah sekitar mengenai Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam di UIN SSC Cirebon semoga dapat menambah wawasan anda.

Penulis : Tias Atika Suri
 

Berita Terkait