DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Resmi, Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Jadi WNI

image
Eliano Reijnders dan Mees Hilgers tampak memegang bendera Indonesia usai pengucapan sumpah WNI di KBRI Brussels, Belgia Senin 30 September 2024 (x.com/ErickThohir)

SPORTYABC.COM – Indonesia kembali bertambah jumlah penduduknya usai dua pemain keturunan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders resmi menyandang sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders menjalani sumpah WNI di Bruseel, Belgia Senin 30 September 2024. Kepastian resminya Mees Hilgers dan Eliano Reijnders menjadi WNI terlihat dalam akun Instagram Ketua Umum PSSI Erick Thohr.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dalam gambar di akun media sosial Erick Thohir mengenakan peci, kemeja putih, jas dan celana hitam sebelum melakukan pengambilan sumpah WNI

Baca Juga: Perkenalkan, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Calon Pemain Baru Timnas Indonesia

Sejatinya PSSI dan Kementerian Hukum dan HAM RI putuskan untuk melakukan pengambilan sumpah WNI kepada Mees Hilgers dan Eliano Rijnders dilakukan di Belanda.

Namun pada detik terakhir mengalami perubahan lokasi pengambilan sumpah WNI dari Belanda berpindah ke Belgia.

Percepatan pengurusan sumpah WNI terhadap Mees Higlers dan Eliano Reijnders di luar negeri bukan menjadi hal yang spesial.

Baca Juga: Respon Media Belanda Mengenai Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Gabung Timnas Indonesia

Namun lebih kepada flesibiltas dan kebutuhan waktu bila melihat jadwal timnas Indonesia jelnag laga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selain percepatan pengurusan sumpah WNI, proses naturalisais Mees Hilgers dan Eliano Reijnders ini pun terbilang sangat cepat.

Dimulai dari pembahasan di Komisi III dan VI DPR RI yang secara langsung mengesahkan persetujuan pada Kamis 26 September 2024

Baca Juga: Hari Ini, Jokowi Teken Permohonan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Di hari yang sama, terjadi pertemuan antara Ketua Umum PSSI Erick Thohir dengan Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas yang membahas pengambilan sumpah WNI di luar negeri.

Hingga penerbitan Keputusan Presiden yang berakhir pada pengambilan sumpah WNI kepada Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sebagai WNI.

Pengambilan sumpah WNI Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dihadiri wakil dari KemKumHAM RI, Dirjen Administrasi Hukum Umum-AHU Cahyo Rahardian Muzhar yang disaksikan oleh Dubes RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi serta anggota Exco PSSI Arya Sinulingga.

Baca Juga: Joko Widodo Telah Teken Surat Permohanan Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Hari ini Masuk DPR

"Saya mengakui, tunduk, dan setia kepada negara kesatuan Republik Indonesia," ucap Mees Hilgers dan Eliano Reijnders ketika melakukan pengambilan sumpah WNI.

Dalam akun instagram Erick Thohir, ia sangat senang kedua pemain itu kini bisa membela timnas Indonesia.
Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bisa memperkuat timnas Indonesia melawan Bahrain dan China pada 10 dan 15 Oktober 2024.

"Terima kasih Bapak Presiden, Ketua DPR, Pimpinan dan Anggota DPR, juga Bapak Menteri, atas dukungannya dan memungkinkan percepatan sumpah dua pemain naturalisasi kita, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders," kata Erick Thohir. ***
 

Sumber: X

Berita Terkait