DECEMBER 9, 2022
Football

Piala Eropa 2024: Kalahkan Georgia, Spanyol Tantang Jerman di Perempat FInal

image
Para pemain Georgia memberikan salam perpisahan kepada para pendukungnya usai mereka kalah 1-4 dari Spanyol dalam laga 16 besar Piala Eropa 2024 di Cologne Stadium Senin 1 Juli 2024 dinihari WIB (UEFA.com)

SPORTYABC.COM – Laga 16 besar Piala Eropa 2024 antara Spanyol melawan Georgia berkesudahan dengan skor 4-1 untuk keungglan Spanyol.

Laga 16 besar Piala Eropa 2024 antara Spanyol melawan Georgia berlangsung di Cologne Stadium, Cologne Senin 1 Juli 2024 dinhari WIB

Spanyol langsun membuka laga dengan menekan lini pertahanan Georgia sejak wasit Francois Letexier dari Prancis membuka laga.

Baca Juga: Ketua Umum SATUPENA Denny JA Menerima Anugerah Literasi Budaya IMLF 2024

Peluang emas dihadirkan Spanyol ketika laga berjalan empat menit, manfaatkan umpan tarik Dani Carvajal, Pedri  melakukan tendangan di dalam kotak penalti.

Namun tendangannya masih mengarah tepat ke peliukan kiper Georgia Giorgi Mamardashvili.

Terlalu asik menyerang membuat lini pertahanan Spanyol lengah,  gawan mereka pun terkoyak pada menit ke 18.

Baca Juga: 164 Wartawan Jadi Pelaku Judi Online, Pendiri AJI Prihatin

Berawal dari serangan balik cepat di sisi kanan penyeranan, Otar Kakabadze kirimkan umpan silang kepada khvicha Kvaratskhelia yang berada di mulut gawang.

Robin Le Normand yang lebih dekat dengan bola mencoaba untuk mengahalau umpan tersebut namun uapaya tersebut justru membuahkan gol bunuh diri

Tertinggal 0-1 dari Georgia, membuat Spanyol meningkatkan intensitas penyeranan mereka, namun hingga setengah jam berlalu tidak ada gol maupun peluang ema syang tercipta bagi Spanyol.

Baca Juga: Diskusi Satupena, Okky Madasari: Fiksi Bisa Terinspirasi dari Kejadian Nyata, Penulis Harus Meramu Imajinasi dan Realita

Sementara itu Georgia terus andalkan counter attack untuk membalas tekanan Spanyol, dimana serangan balik Georgia  secara bombaardir membuat lini pertahanan Juara Eropa 3 kali tersebut kalang kabut walau tidak manghasilkan gol.

Pada menit ke 39, Rodri berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 berawal dari sodoran Nico Williams umpan dari luar kotak penalti, Rodri tanpa pikir panjan langsung lesakkan tendangan mendatar yang berhasil bersarang telak di pojok kiri bawah gawang Mamardashvili.

Skor imbang 1-1 kedua tim bertahan hingga wasit Francois Letexier menutup laga babak pertama.

Baca Juga: Raih Emas di Ajang ASEAN University Games 2024, Basket 3x3 Indonesia Tuai Pujian

Lepas dari kamar ganti, Spanyol berbalik unggul lewat Fabian Ruiz pada menit ke 51 berawal dari umpan terarah ke dalam ktak peblati yang dikirimkan oleh Lamine Yamal dari sisi kanan pertahanan Georgia.

Tanpa kawalan, Fabian Ruiz berhasil menyambut umpan tersebut dengan sundulan yang tak mampu diantisipasi oleh Mamardashvili 2-1 untuk Spanyol

Usai gol dari Fabian Ruiz membuat Spanyol mendominasi permainan atas Georgia dengan mengurung diarela pertahanan Geroia denan berbaai serangan.

Baca Juga: ASEAN Cup U16 2024: Sikat 10 Pemain Malaysia, Thailand Raih Tiket Semifinal via Runner Up Terbaik

Nico Williams catatkan namanya di papan skor dengan aksi luar bisa pada mneit ke 75, usai menerima umpan jauh dari Fabian Ruiz sisi kanan pertahanan Georia, Williams merangsek masuk ke areal luar kotak penalti

Dengan mengecoh salah satu pemai Georgia sebelum lesakkan tendangan keras yang sukses mengoyak jala Mamardashvili.

Pada menit ke 79, Lamine Yamal nyaris mencetak gol usai melakukan umpan satu dua dengan Alvaro Morata di dalam kotak penalti.

Baca Juga: Dunia Anak dalam Lukisan Artificial Intelligence (AI) Denny JA

Namun pemain masa depan Spanyol ini dengan usia 16 tahun tersebut menyudahi akisnya dengan sebuah tendanan namun masih mampu ditepis oleh Mamardashvili hanya hasilkan sepak pojok bafi Spanyol.

Sebelum pertandinan usai, Dani Olmo menutup penderitaan Georgia dengan golnya pada menit ke 83

Di sisa waktu yang ada, Spanyol masih terus bernafsu dalam mencari gol sebanyak mungkin, namun hingga wasit Francois Letexier meniupkan peluit tanda laga usai kedudukan 4-1 untuk Spanyol tidak berubah.

Baca Juga: Copa America 2024: Messi Cidera, Lautaro Martinez Bawa Argentina menuju Perempat Final

Dengan hasil ini Spanyol melaju ke babak perempat final dengan menantang Jerman yang sudah lebih dulu lolos usai menang dari Denmark

Partai Spanyol melawan Jerman akan berlangsung pada Jumat 5 Juli 2024 pukul 23.00 WIB ***
 

Sumber: UEFA.com

Berita Terkait