DECEMBER 9, 2022
Football

Copa America 2024: Menang atas Paraguay, Kosta Rika Tersingkir

image
Selebrasi kapten tim Kosta Rika, Francisco Calvo usai catatkan namanya di papan skor ketika melawan Paraguay di laga pamungkas Grup D Copa America 2024 (Copaamerica.com)

SPORTYABC.COM – Laga pamungkas Grup D Copa America 2024 pertemukan antara Kosta Rika melawan Paraguay yang dmenangkan oleh Kosta Rika dengan skor 2-1.

Laga pamungkas Grup D Copa America 2024 antara Kosta Rika melawan Paraguay berlangsung di Stadion Q2 , Austin, Texas, Amerika Serikat Rabu 3 Juli 2024.

Kosta Rika langsung berinisiatif menyerang lini pertahanan Paraguay lebih dulu sejak wasit Yael Falcon Perez dari Argentina membuka laga.

Baca Juga: Drawing Kualifikasi Piala Asia U17 2025: Indonesia Masuk Grup Maut Bersama Australia dan Kuwait

Kosta Rika memulai pertandingan dengan masih memiliki peluang untuk lolos babak delapan besar meskipun dengan beberapa syarat. 

Mereka harus menang dan memiliki selisih gol yang besar, di samping berharap Brasil kalah di pertandingan terakhirnya.

Namun Kolombia dan Brasil berbagi poin dengan bermain imbang 1-1. Kolombia menjadi juara grup dengan tujuh poin, dan Brasil juga lolos fase gugur dengan menempati posisi kedua grup lewat torehan lima poin. 

Baca Juga: Drawing Kualifikasi Piala Asia U20 2025: Indonesia Terhindar dari Lawan Berat

Hasil ini memastikan perjalanan Kosta Rika di Copa America 2024 berakhir lebih awal.

Kosta Rika yang membutuhkan kemenangan serta selisih gol yang besar untuk bisa lolos memulai pertandingan dengan cepat. 

Kapten Francisco Calvo dan Josimar Alcocer masing-masing mencetak gol dalam tujuh menit pertama pertandingan, membawa Kosta Rika unggul 2-0.

Baca Juga: 164 Wartawan Jadi Pelaku Judi Online, Pendiri AJI Prihatin

Calvo mencetak gol pembuka dengan sundulan pada menit ketiga, sementara pemain Kosta Rika yang masih berusia 19 tahun, Alcocer, melewati beberapa pemain sebelum melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang tidak bisa dijangkau kiper Paraguay.

Namun, harapan Kosta Rika untuk lolos semakin menipis 10 menit setelah babak kedua dimulai ketika Mathias Villasanti menggiring bola ke dalam kotak penalti dan memberikan umpan kepada Ramon Sosa. Sosa kemudian melepaskan tembakan keras ke sudut atas gawang, mencetak gol pertamanya untuk Paraguay.

Kosta Rika hampir kebobolan lagi dari situasi tendangan sudut di waktu tambahan, namun kiper Patrick Sequeira melakukan penyelamatan dengan ujung jari untuk menggagalkan peluang Paraguay menyamakan kedudukan.

Baca Juga: Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Bertemu Jepang Hingga Australia

Dengan hasil ini, Kosta Rika harus menerima kenyataan pahit tersingkir dari turnamen, sementara Kolombia dan Brasil melanjutkan perjalanan mereka ke babak perempat final. ***
 

Sumber: Copaamerica.com, Antara

Berita Terkait