DECEMBER 9, 2022
Internasional

Copa America 2024: Kalahkan Uruguay, 10 Pemain Kolombia Tantang Argentina di Final

image
Selebrasi Jefferson Lerma usai catatkan namanya di papan skor, Kolombia menang tipis atas Uruguay dan melaju ke Final Copa America 2024 (copaamerica.com)

SPORTYABC.COM – Laga semifinal Copa Amerika 2024 pertemukan Uruguay melawan Kolombia yang berakhir dengan kemenangan Kolombia 0-1.

Laga semifinal Copa America 2024 antara Uruguay melawan Kolombia berlangsung di Bank of America Stadium, Charlotte, North Carolina Kamis 11 Juli 2024 pagi WIB

Kolombia tampil menyerang lini pertahanan Uruguay sejak wasit Cesar Ramos dari Meksiko membuka laga

Baca Juga: Liga 1: Semen Padang FC Jadikan Stadion STIK Jakarta sebagai Laga Kandang

Peluang pertama didapat Kolombia pada menit ke 15 ketika Daniel Munoz menyambut umpam silang dari Luis Diaz ke tiang jauh dengan sundulan namun melebar.

Pada menit ke 17, Darwin Nunez membuang peluan emas di areal penalti usia mendapatkan bola liar Nunez menyambar dengan tendangan keras yang masih melenceng dari sasaran.

Darwin Nunez kembali bikin peluang emas kali ini pada menit ke 28, Nunez lewati pernjagaan terakhri di pertahanan Kolombia dan lepaskan tendangan melengkung kaki kanan bola masih melebar.

Baca Juga: ASEAN Cup U19 2024: Inilah 28 Pemain Timnas Indonesia, Ada Jens Raven hingga Welber Jardim

Kolombia akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke 38 ketika Jefferson Lerma catatkan namanya di papan skor.

Berawal dari James Rodriguez eksekusi sepak pojok yang mengarah ke tiang jauh dan disundul Lerma, bola pun sempat memantul tanah sebelum masuk ke pojok gawang Sergio Rochet.

Semenit sebelum bubaran, Kolombia nyaris gandakan keunggulan jika saka Rochet tidak menepis tendangan Richard Rios.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga Italia: Khephren Thuram Gabung Juventus, Siap Sajikan Thuram Derby

Petakan menghampiri Kolombia yang harus kehilangan Munoz di masa waktu tambahan, dimana Munoz harus mandi lebih cepat karena menerima kartu kunin kedua usai menyikut perut Manuel Ugarte.

Kolombia mendapatkan kans lagi di menit keempat injuri time jika saja Rochet tidak tepis bola tendangan Luis Diaz.

Hingga waktu tambahan berakhir dan wasit Cesar Ramos dari Meksiko meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama dengan keungggulan Kolombia atas Uruguay.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Rekor Harry Kane Antarkan Inggris ke Final lawan Spanyol

Lepas dari kamar ganti, Kolombia yang bermain 10 pemain lebih banyak bertahan dari serangan Uruguay yang membabi buta. Kolombia pun membuat peluang pada menit ke 51, ketika sepak pojok James Rodriguez termui kepala Cordoba namun bola melebar.

Uruguay ciptakan peluang terbaiknya pada menit ke 71 ketika Luis Suarez yang masuk sebagai pemain pengganti mendapatkan bola di depan gawang dan sejenak menguasai, sebelum menembaknya ke arah tiang jauh.

Uruguay masih kesulitan menembus lini pertahanan Uruguay yang cukup disiplin dan solid tersebut, Darwin Nunez beberapa kali frustasi karena kesulitan dalam membuat peluang emas begitu juga dengan Luis Suarez.

Baca Juga: Menangnya Gerakan Katakan tidak kepada Keharusan Berjilbab: Inilah Pandangan Denny JA

Kolombia memilih bertahan bahkan nyaris menggandakan keunggulan ketika serangan balik berakhir di Kevin Castano yang beraa di muka gawang, sayang tendangan Castano menyamping di sisi kanan gawang Rochet.

Waktu tambahan 7 menit diberikan wasit Cesar Ramos dari Mexico, Uruguay terus menggempur lini pertahan Kolombia dan memilik peluang Giorgian De Arrascaeta namun tendangannya melayang tipis di atas tiang gawang.

Sayangnya peluang itu tidak ditung karena menurut Cesar Ramos mengganggap sudah terjaid offiside ketika serangan dibangun.

Baca Juga: Sekjen SATUPENA Satrio Arismunandar: AI Masih Sulit Pahami Konteks dan Emosi dalam Mengubah Puisi menjadi Lagu

Kolombia nyari mendapatkan gol lagi di pengunjung laga ketika Jefferson Lerma lepaskan bola dari daerah sendiri ke gawang Uruguay yang kososng namun melayang di atas tiang gawang.

Hingga waktu tambahahn 7 menit berakhir dan wasit Cesar Ramos dari Meksiko meniupkan peluit tanda berakhirnya laga dengan kemenangan Kolombia atas Uruguay.

Dengan hasil ini membuat Kolombia akan meladeni permainaan Lionel Messi Cs di final yang akan digelar pada Senin 15 Juli 2024 pagi WIB 

Baca Juga: Bursa Transfer Liga Inggris: Manchester United Perkenalkan Ruud van Nistelrooy sebagai Asisten ten Hag

Sementara Uruguay akan berhadapan dengan Kanada dalam perebutan tempat ketiga pada Minggu 14 Juli 2024. ***

Sumber: Copaamerica.com

Berita Terkait