DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Olimpiade Paris 2024: Salah Sebut Korea Utara, IOC Minta Maaf ke Korea Selatan

image
Kontingen Korea Selatan dalam pembukaan Olimpiade Paris 2024 (Yonhap News)

SPORTYABC.COM –  Komiter Olimpiade Internasional atau IOC akhirnya meminta maaf kepada pihak Korea Selatan terkait salah penyebuatan nama negara ketika defile upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 pada Sabtu 27 Juli 2024 dnihari tadi

"Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan yang terjadi saat memperkenalkan tim Korea Selatan saat siaran upacara pembukaan," demikian pernyataan resmi IOC dikutip dari AFP.

Sebelumnya, Kemeterian Olahraga Korea Selatan mengajukan protes kepada panitia Olimpiade Paris 2024 dan IOC usai insiden salah sebut nama negara dalam upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Cantiknya Seragam Kontingen Mongolia Mirip Zaman Jenghis Khan

Insiden salah sebut nama negara Korea Selatan menjadi Korea Utara ketika perahu yang membawa kontungan Korea Selatan melintasi Sungai Seine, sang presenter memperkenalkan kontingen tersebut sebagai Republik Rakyat Demokratik Korea yang merupakan nama resmi dari Korea Utara dalam bahasa Prancis dan Inggris.

Seharusnya sang presenter kembali menyebut nama Korea Selatan dengan nama resmi Republik Korea, sementara ketika Kontingen Korea Utara melintas tidak ada kesalahan dalam penyebutan nama negara.

Terkait hal ini Menteri Olahraga Korea Selatan, Jang Mi Ran yang berada di Paris telah meminta pertemuan dengan Presiden IOC Thomas Bach untuk menyuarkan proses atas kesalahan penyebutan nama negaranya.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Kasus Pemerkosaan Turis Australia Terjadi Jelang Pembukaan

Selain  ingin bertemu dengan Thomas Bach, Presiden IOC, Kementerian Olahraga Korea selatan juga telah meminta Kemlu mereka untuk menyampaikan nota protes keras kepada Prancis atas masalah tersebut

"Kami menyatakan penyesalan bahwa negara kami [Korea Selatan] diperkenalkan sebagai Korea Utara pada upacara pembukaan Olimpiade Paris saat para atlet Republik Korea ikut serta," kata Jang Mi Ran.

Dalam Olimpiade Paris 2024, Korea Selatan mengirim 143 atlet yang berkompetisi dalam 21 cabang olahraga.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Inillah Reaksi Messi Usai Argentina Kalah Kontroversi dari Maroko

Sementara negara tetangga mereka,  Korea Utara, yang kembali tampil di Olimpiade sejak Rio 2016, mengirimkan 16 atlet. ***
 

Sumber: Yonhap News

Berita Terkait