DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Olimpiade Paris 2024: Kalahkan Wakil Korea Selatan, Gregoria Melaju ke Perempat Final

image
Gregoria Mariska Tunjung melaju ke babak perempat final usai kalahkan wakil Korea Selatan di ajang Olimpiade Paris 2024 (x.com/INABadminton)

SPORTYABC.COM – Wakil Indonesia satu satunya di cabang bulu tangkis Olimpiade Paris 2024, Gregoria Mariska Tiunjung berhasil kalahkan Kim Ga Eun dalam babak 16 besar.

Laga antara Gregoria Mariska Tunjung dan Kim Ga Eun berlangsung di Porte de la Chapelle Arena pada Jumat 2 Agustus 2024 dini hari waktu Indonesia.

Selepas skor 2-2, Gregoria Mariska Tunjung, mampu meraih poin demi poin tanpa gangguan sama sekali, penamilan andalan Indojnesia ini tampak menyakinkan daripada Kim Ga Eun.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Cantiknya Seragam Kontingen Mongolia Mirip Zaman Jenghis Khan

Selain itu penempatan bola yang baik dari Gregoria Mariska Tunjung membuat Kim Ga Eun kewalan dan selalu melakukan kesalahan yang berujung poin secara cema Cuma kepada Gregoria Mariska Tunjung.

Unggul 11-2 pada saat interval tidak membuat Gregoria Mariska Tunjung lengah, tiga poin secara beruntun menandai atlet asal Wonogiri, Jawa Tengah ini foksu meladeni permainan Kim Ga Eun.

Usai smesnya membuat bola menyangkut, Gregoria Mariska Tunjung menambah pundi pundi poinnya sehingga unggu 18-3.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Waduh Hamil 7 Bulan Atlet Mesir Ini Tetap Tanding

Serangan demi serangan Kim Ga eun namapak mampu dilawan oleh Gregoria Mariska Tunjung, namun sebalinya pukulan dari Gregoria membuat kesulitan Kim Ga Eun mengembalikannya.

Smes tajam dari Gregoria Mariska Tunjung menyudahi gim pertama dengan kemenangan 21-4 dalam laga yang bedurasi 11 menit.

Pada gim kedua, permainan Gregoria Mariska Tunjung tidak semulus pada gim pertama, permainan Kim Ga Eun lebih eksplosif dalam menyerang membuat Gregoria tertinggal 0-3.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Punya Gaya Menembak ala John Wick, Kim Yeji Viral dan Tuai Pujian

Kim Ga Eun mencocor shuttlecock di bidang permainan Gregoria Mariska Tunjung sehingga skor pun berubah
Gregoria Mariska Tunjung menilai seharusnya tidak ada poin untuk Kim karena menempu shuttlecock lewati net, namun wasit tidak menggubrisnya dan Gregoria tertinggal 0-4.

Sangat kontras dengan gim pertama, serangan Kim Ga Eun terlihat merepotkan Gregoria Mariska Tunjung, selain itu pengataman Gergoria pun tak cermat sehingga selalu salah mengambil keputusan.

Gregoria Mariska Tunjung berusaha menjaga jarak namun pada saat interval adal tujuh poin yang memisahkan dirinya dengan Kim Ga Eun

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Fathur Gustafian Gagal Lolos ke Final Menembak

Usai tertinggal 4-11 lepas interval, Gregoria Mariska Tunjung masih terus berusaha mencari cara meraih poin, Kim malah bisa memperlebar jarak dengan meraih angka yang cukup mudah.

Gregoria Mariska Tunjung bisa meraih poin namun Kim Ga Eun justur melangkah jauh hingga akhirnya kalah 8-21 pada gim kedua.

Dalalm gim ketiga, Kim Ga Eun mencoba pertahan momentum, sementara Gregoria masih berupaya bermain gigih dan menjadikan laga gim ketiga menjadi lebih alot.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: China Puncaki Klasemen Perolehan Medali, Prancis dan Jepang Membayangi

Deretan kesalahan yang dibuat Gregoria Mariska Tunjung membuat Kim Ga Eun menjauh, Greogoria Mariska Tunjung tertinggal 4-7 namun bisa manyamakan keduduakn 7-7, usai skor berimbang, Gregoria melakukan kesalahan.

Gregoria Mariskan Tunjung kembali tertinggal 8-11 pada interval gim ketiga. Namun dapat berbalik dan mengubah keadaan menjadi 11-11.

Usai skor 11-11 berkat smes terukurnya, Gregoria tampak kembali termotivasi dan berupaya menjaga momentum tersebut, dan untuk pertam kalinya Greogria Mariska Tunjung memimpin skor 13-12.
Kim Ga Eun pun tidak lantas mengendur, bahkan mampu menyamakan kedudukan di angka 14-14.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Kisah Cinta ala Atlet Italia

Kim kemudian mengambil alih permainan namun selalu dapat di samakan oleh Gregoria Mariska Tunjung.
Saling balas serangan membuat skor imbang terus terjaga hingga skor 18-18.

Pukulan silang Gregoria Mariska Tunjung membuat Kim Ga Eun tergopoh gopoh dalam menjangkau shuttlecock dan tidak bisa mengembalikannya dengan baik, Gregoria pu memimpin 19-18.

Kemudian reli panjang dan menarik membuat Gregoria Mariska Tunjung dan Kim Ga Eun sama sama mengeluarkan kemampuan terbaik mereka dan Kim mampu samakan kedudukan menjadi 19-19.

Shuttlecock silang yang dilanjutkan dengan samabaran kok tanggung membuat Gregoria Mariska Tunjung unggul 20-19

Kesempatanm mengakhiri pertanidngan terbuang sia sia lantaran smes Gregoria membuat shuttlecock membentur tiang.

Pertahanan Gregoria Mariska Tunjung dengan pukulan driva membuat Kim Ga Eun tidak bisa menjangkau bola namun Kim dapat membalas dengan pukulan menyilang dan mengubah skor menjadi 21-21.

Kim Ga Eun kemudian gagal mengembalikan bola dengan sempurna. Baru pada kesemptan match point ketiga Gregoria bisa menyudahi pertandingan. 

Gregoria Mariska Tunjung menang 23-21 dan melaju ke babak perempat final. Di perempat final Gregoria sudah ditunggu wakil Thailand Ratchanok Intanon yang melaju ke perempat final tanpa bertanding karen mendapatkan bye. *** 
 

Sumber: Olympics.com

Berita Terkait