DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Olimpiade Paris 2024: Rizki Juniansyah Raih Medali Emas Kedua Bagi Indonesia

image
Rizky Juniansyah menggigit medali emasnya usai catatkan kemenangan di final nomor 73 kg angkat besi putra Olimpiade Paris 2024 (vidio.com )

SPORTYABC.COM – Kurang dari 24 jam, Indonesia menambah perolehan medali emas Olimpiade Paris 2024, kali ini dari cabang olah raga angkata besi melalui Rizki Juniansyah.

Rizki Juniansyah berhasil meraih medali emas di nomor 73 kg putra pada angkat besi Olimpiade Paris 2024 yang berlangsung di South Paris Arena 6 pada Jumat 9 Agusutsu 2024 dini hari WIB.

Rizki Juniansyah berhasil catatkan total angkatan 354 kg usai sukses mengangkat beban 155 kg snatch dan 199 kg clean and jerk.

Baca Juga: Liga Inggris: Ucapkan Rasis ke Son Heung Min, Fans Ini Dilarang 3 Tahun Datangi Stadion

Dengan hasil ini membuat Rizki Juniansyah berhasil naik podium tertinggi dan membuat lagu Indonesia Raya kembali berkumandang kembali di Olimpiade Paris 2024 usai atlet panjang tebing Veddriq Leonardo lebih dulu meraih medali emas pada Kamis 8 Agustus 2024 sore WIB.

Rizki Juniansyah tampil percaya diri di final nomor 73 kg angkat besi putra Olimpiade Paris 2024. Pada percobaan angkatan pertama snatch, Rizki gagal mengangkat beban seberat 155 kg.

Di percobaan angkataan kedua snatch, Rizki Juniansyah sukses angkat bebat seberat 155 kg. kemduian pada percobaan angkatan ketiga snatch, Rizki Juniaasyah gagal angkat beban seberat 162 kg.

Baca Juga: Waduh, Terlibat Kasus Asusila, DKPP Pecat Hasyim Asy’ari

Sememtara pesaing terkuat Rizki Juniasnyah yaitu Shi Zhiyong dari China sukses melakukan angkatan pertama snatch dengan beban seberat 161 kg.

Pada percobaan kedua snatchnya Shi Zhiyong berhasil perbaiki angkatannya menjadi 165 kg. lalu di percobaan angkatan ketiga snatch, Shi Zhiyong gagal angkat beban seberat 168 kg.

Kemudian di clean and jerk, angkatan pertama Shi Zhiyong gagal di angkatan pertama seberat 191 kg.
Sementara Rizki Juniansyah berhasil melakukan angkatan pertamanya di clean and jerk seberat 91 kg.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: NOC Indonesia Rilis Seragam Resmi Kontingen Merah Putih Karya Putra Prabowo Subianto

Shi Zhiyong kembali gagal dalam percobaan angkat kedua clean and jerk 191 kg dan kembali gagal angkat 191 kg di angkatan ketiganya

Dengan hasil ini membuat Shi Zhiyong pun dipastikan tersingkir membuat pesaing utama Rizki Juniansyah bergeser ke wakil Bulgaria Bozhidar Dimitrov Andreev, Muhammad Uzbek dari Turki, dan Weeraphon Wichuma dari Thailand.

Weeraphon Wichuma yang pada angkatan pertama clean and jerknya sukses 190 kg, dirinya pun berhasil di angkatan kedua dengan berat 194kg. Di angkatan ketiganya, Weeraphon Wichuma berhasil mempertajam angkatannya menjadi 198 kg.

Baca Juga: Berjasa bagi Indonesia, Jokowi Berikan Golden Visa kepada Shin Tae yong

Weeraphon Wichuma pun langsung menangis usai berhasil menyamai poin Rizki menjadi total angkatan 346 kg. 

Tapi Rizki berhasil mempertajam angkatan clean and jerk-nya menjadi 199kg sehingga perolehan angkatannya menjadi total 354 kg. 

Bahkan menariknya, angkatan clean and jerk Rizki seberat 199kg sukses menjadi rekor baru di Olimpiade 2024.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Waduh Hamil 7 Bulan Atlet Mesir Ini Tetap Tanding

Rizki Juniansyah keluar sebagai pemenang final 73 kg angkat besi putra Olimpiade Paris 2024. 

Sementara wakil Thailand Weeraphon Wichuma finis kedua dan meraih medali perak dengan torehan 346kg.  Sedangkan posisi ketiga ditempati wakil Bulgaria Bozhidar Dimitrov Andreev dengan total angkatan 344 kg. ***

Sumber: Olympic

Berita Terkait