DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Olimpiade Paris 2024: Inilah Rizki Juniansyah yang Selalu Melakukan Ritual dan Penyuka Rendang serta Ayam Suwir

image
Rizky Juniansyah sang peraih medali emas Olimpiade Paris 2024 kedua Indonesia dari cabor angkat besi (x.com/hannagyeongs)

SPORTYABC.COM – Atlet angkat besi putra Indonesia, Rizki Juniansyah berhasil meraih medali emas sekaligus pecahkan rekor Olimpiade di cabor angkat besi nomor 73 kg putra Olimpiade Paris 2024

Rizki Juliansyah keluar sebagai pemenang cabor angkat besi putra 73 kg Olimpade Paris 2024 usai berhasil catatkan total angkat 354 kg dengan rincian 155 kg angkatan snatch dan 199 kg angkatan Clean and jerk.

Luar biaanya angkatan clean and jerk 199 kg milik Rizki menjadi rekor baru di Olimpiade sekalgus pecahkan rekor angkatan clean and jerk di Olimpiade Tokyo 2020 yang dipegang oleh lifter China Shi Zhiyong dengan angkata clean and jerk 198 kg.

Baca Juga: Piala Presiden 2024: Disaksikan Presiden Jokowi, Persib Bandung Libas PSM Makassar

Sukses Rizky Juniansyah meraih emas tidak lepas dari kehadiran sangt ibu Yeni Rochaeni yang datang dan menonton perjuanagan anaknya.

Bahkan membawakan anak dengan makanan favoritnya yaitu rendang, suwir ayam dan sambal goreng kentang.

Kedekatan Rizki  Juniasnyah dengan ibunya tidak hanya Olimpiade Paris 2024 sudah berlangsung sejak lama.

Baca Juga: Berjasa bagi Indonesia, Jokowi Berikan Golden Visa kepada Shin Tae yong

Rizki Juniansyah memiliki kebiasaan memuliakan ibunya dalam berbagai hal, seperti ritual mencuci kaki ibunya dan meminum air tersebut.

Hal ini diirnyalakukan ketika mengikuti kejuaraan IWF World Cup 2024 di Thailand dimana dirinya mencuci kaki ibunya dan menium airnya.

Ritual in menurut Rizki Juniansyah mengaku selalu merasakan adanya kekuatan tersendiri ketika melakukan hal tersebut.

Baca Juga: Jokowi Namai Istana Garuda, Kantor Presiden di IKN

Risky Juniansyah merupakan atlet kelahiran Serang 17 Juni 2003 adalah anak dari mantan atlet angkat besi Indonesia, Muhammad Yasin yang pernah tiga kali tampil di SEA Games di era 1983 hingg 1993.

Rizki Juniansyah adalah salh satu telenta terbaik di angkat besi yang berlaga di Olimpade Paris 2024

Rizki Juniasnyah pastikan tiket Olimpade Paris 2024 usai menjadi juara pada ajang IWF World Cup 2024 di Phuket, Thailand pada 4 April 20024.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Sisakan Gregoria di Semifinal, Kinerja Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna di Sorot

Dalam ajang prestige tersebut Rizki Juniansyah sukses catatkan total angkatan 365 kilogram dengan perincian 164 kg di angkatan snatch dan 201 kg saat clean & jerk. Berat beban 201 kg pada saat clean & jerk bahkan membuat Rizki pecahkan rekor dunia.

Bukan hanya sekali ini saja pemuda 20 tahun itu meraih medali dan memecahkan rekor dunia. 
Nama Rizki Juniansyah sudah kesohor sejak level junior dan kerap menjadi andalan Indonesia dalam olahraga angkat besi.

Tampil kali pertama mengenakan kostum berlambang garuda dan bertuliskan Indonesia pada 2019 di Kejuaraan Asian Youth Championship, Rizki menyumbang perak saat berlaga di kelas 67 kg.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Carolina Marin Terharu Lihat He Bing Jiao Bawa Pin Spanyol ke Podium

Setahun berselang, Rizki naik ke kelas 73 kg. Berlaga di kelas baru pada Asian Junior Championship, Rizki belum bisa meraih medali.

Tak patah arang, setahun kemudian namanya mencuat dengan meraih emas di Kejuaraan Dunia Junior dengan meraih emas dan membukukan rekor dunia. 

Rizki Juniansyah terbukti konsisten meraih prestasi dengan memborong medali dan membuat rekor di Islamic Solidarity Games 2021.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Gagal Raih Medali Gegara Penis ‘Nyangkut’ Palang, Anthony Ammirati Ditawari Film Dewasa

Rizki Juniansyah yang menjajal kelas 81kg di ajang SEA Games 2021 juga terbukti bisa menyumbang medali perak.

Pada 2022 Rizki pun rutin menyabet emas dan mencatat rekor di berbagai kejuaraan bergengsi. 

Tak hanya di kejuaraan junior seperti Asian Junior Championship dan Junior World Championship, di level senior macam Asian Championship dan World Championship Rizki kembali unjuk gigi dengan torehan emas yang membanggakan.

Dalam dua kejuaraan junior pada 2022, Rizki juga kembali mencatatkan rekor yakni angkatan snatch seberat 157 kg di Asian Junior Championship dan angkatan snatch seberat 156 kg di Junior World Championship.

Hanya saja Rizki Juniansyah sempat alami kegagalan di angkatan clean & jerk dalam Kejuaraan Asia 2022 dan gagal menyumbang medali.

Catatan angkatan Rizki pun selalu melonjak dari tahun ke tahun. Total angkatan 365 kg yang dibukukan di Kejuaraan Dunia Angkat Besi atau IWF World Cup kemarin jauh melampaui catatan 347 kg yang dibukukan pada akhir 2022 di Kejuaraan Dunia. ***
 

Sumber: Berbagai sumber

Berita Terkait