DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Sven Goran Eriksson Meninggal Dunia, Berikut Ini Profilnya

image
Sven Goran Eriksson (Birimingham.co.uk/PA)

SPORTYABC.COM – Kabar duka menyelimuti dunia sepak bola intenrasional dimaana mantan pelatih timnas Inggris, Sven Goran Eriksson meninggal dunia.

Sven Goran Eriksson sepanjang hidupnya merupakan pelatih sepak bola asal Swedia yang terkenal dengan karier sepak bola eropa dan internasional yang sukses, dibawah ini merupakan profilnya : 

Lahir dengan nama lengkap Sven Goran Eriksson, tempat dan tanggal lahir Sunne, Swedia 5 februari 1948. Ia bermain pada posisi bek kanan kala sebagai pemain sepak bola profesional. 

Baca Juga: Bursa Transfer Liga Inggris: Manchester United Perkenalkan Ruud van Nistelrooy sebagai Asisten ten Hag

Sve Goran Eriksson kala sebagai pemain bermain dengan posisi sebagai bek kanan di klub sepak bola Swedia dengan nama klub Degerfors IF. 

Sayangnya di pertengahan karirnya dirnya harus menguburkan cita citanya sebagai pemain karena mengalami cedera yang cukup parah, kemudian ia menjadi terjun ke dunia ke pelatihan.

Pada tahun 1997 dirinya memulai karir sebagai pelatih di klub sepak bola Degerfors IF, yang mana merupakan klub sepak bola pada saat ia bermain dalam dunia sepak bola. 

Baca Juga: Piala Presiden 2024: Hajar Persija Jakarta, Persis Solo Raih Juara Tiga

Lepas dari Degersfors IF dirinya mulai melebarkan karirnya sebagai pelatih dan mengalami masa keemasan pada musim 1997 hingg 2001 diman dirinya sukses menjuarai Seria A, dua kali menangkan Copa Italia dan Piala Winner UEFA pada 1999 kala melatih klub Serie A Lazio.

Sven Goran Eriksson dikenal bukan karena prestasi sepak bolanya saja, akan tetapi ia juga terkenal karena hubungan nya yang popular serta mendapat lirikan media, ia tersohor semasa menjabat sebagai pelatih Inggris. Ia terpandang sebagai seseorang yang memiliki pembawaan tenang serta kecerdikannya sebagai pelatih.

Sven-Goran Eriksson dianggap sebagai pelatih sepak bola yang terkemuka serta orang yang memiliki banyak pengalaman pada generasinya, karena telah meraih kejayaan dalam berbagai liga dan negara. 

Baca Juga: Bursa Transfer Liga Belgia: Ragnar Oratmangoen Resmi Gabung FC Dender Milik Sihar Sitorus

Walaupun  terdapat beragam tinjauan mengenai masa jabatannya sebagai pelatih Inggris, namun pengaruhnya dalam olahraga, khususnya sepak bola klub, tetap bernilai.*** 

Tias Atika Suri
 

Berita Terkait