DECEMBER 9, 2022
Kesehatan dan Kuliner

Inilah Menu Sehat dan Bergizi ala Warga Belanda

image
Ilustri bahan makanan (pinterest)

SPORTYABC – Semakin hari banyak orang yang mulai tersadar akan pentingnya mengonsumsi makanan sehat.

Banyak makanan lokal di seluruh dunia andalkan bahan bahan alami dan metode masakan yang lebih baik.

Makanan sehat sendiri merupakan jenis makanan yang memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar berfungsi dengan baik, dimana makanan sehat biasanya mengandung berbagai zat gizi macam kaborhidrat, protein, lemak sehat, vitamin dan mineral.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Wasit Kasus Match Fixing Pimpin Laga Klasik Belanda Melawan Inggris

Selain itu terdapat buah buahan dan sayur, sumber protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat dan yang terpenting adalah air.

Dengan mengonsumsi makanan sehat secara seimbang maka tubuh akan mendapatkan energi yang cukup, daya tahuan tubuh yang kuat dan penurunan risiko penyakit kronis.

Pada saat ini sudah banyak negara yang memiliki pola makanan sehat. Seperti Jepang, Korea, Belanda, Mediterania, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: Puisi Esai: Memilih Tak Menikah Sambil Memelihara Kucing atau Anjing, hingga Kisah Koruptor di Makam Pahlawan

Pada kesempatan kali ini  Sportyabc.com akan membahas Negara Belanda.

Belanda, atau Netherlands, merupakan sebuah negara yang terletak di Eropa Barat. Belanda terkenal dengan datarannya yang datar, negeri kincir angin, tempat asal bunga tulip, serta sungai-sungai kecil yang mengaliri negeri tersebut

Dengan beribu kota Amsterdam, meskipun pusat pemerintahan dan kedutaan besar berada di Den Haag. 
Belanda adalah salah satu negara dengan populasi yang padat dan memiliki standar hidup yang cukup tinggi.

Baca Juga: Media Asing Soroti Perombakan Kabinet Joko Widodo

Makanan sehat di Belanda mencerminkan penggunaan bahan-bahan segar dan seringkali sederhana, sesuai dengan tradisi kuliner yang ada. 

Berikut contoh makanan sehat yang ada di negara Belanda


Haring (Ikan Herring)

Baca Juga: ORASI DENNY JA: Dibatalkannya RUU Pilkada dan Pentingnya Kompetisi Politik

Haring merupakan ikan herring mentah yang diawetkan dengan garam. Ikan tersebut merupakan sumber protein dan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung.

Salad Sehat

Salad sering disajikan menggunakan sayuran segar seperti Selada, tomat, mentimun, dan paprika, serta ditambahkan bahan-bahan seperti keju rendah lemak dan kacang-kacangan.

Baca Juga: DPR Setujui Draf Revisi PKPU Pilkada yang Memuat Putusan MK

Appeltaart

Appeltaart merupakan dessert yang berbahan dasar apel yang dimasak kemudian dihaluskan, masyarakat Belanda sering kali menyajikannya tanpa tambahan gula. Appletaart  ini kaya akan vitamin C dan serat.

Belanda merupakan negara yang berhasil menjalankan diet rendah karbohidrat nasional, Belanda memiliki nilai tertinggi di dunia untuk ketersediaan makanan sehat. 

Baca Juga: 4 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Kesaksian Penulis

Tak hanya sampai di situ, tercatat hanya 6,3 persen dari jumlah penduduknya yang menderita penyakit diabetes.

Makanan sehat di Belanda pada umumnya menggunakan bahan-bahan lokal yang segar dan minim pengolahan berlebihan, sesuai dengan budaya makan yang menekankan pada kesederhanaan dan nutrisi.***

Penulis : Tias Atika Suri

Sumber: The Healthy.com

Berita Terkait