DECEMBER 9, 2022
Kesehatan dan Kuliner

Inilah Manfaat Pisang di Setiap Suapan yang Anda Konsumsi

image
Ilustrasi, buah pisang

SPORTYABC.COM – Siapa yang tidak mengenal pisang? Pasti semua orang pun pasti mengatahuinya, siapa juga yang tidak suka memakan buah pisang ? sudah dipastikan semua orang pasti menyukainya. 

Pisang merupakan  salah satu buah tropis yang sangat populer dan kaya akan nutrisi. Pisang dikenal dengan rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut. 

Buah pisang memiliki asal usul yang menarik dan telah menjadi bagian penting dari diet manusia selama ribuan tahun. 

Baca Juga: Densus 88 Polri: Dua Teroris Jakarta Barat Siapkan Aksi Teror dengan Bom Rakitan

Asal muasal buah pisang berasal dari wilayah  tropis Asia Tenggara, terutama sekitar wilayah yang pada ssat ini menjadi bagian dari negara Malaysia, Indosesia, dan Filipina. 

Terdapat  bukti arkeolog mengatakan bahwa buah pisang telah di budidayakan di wilayah tersebut sejak 7.000 tahun yang lalu. 

Walaupun pisang sering disebut dengan pohon pisang, akan tetapi sebenarnya pisang merupakan kelompok tanaman herba raksasa yang memiliki buah. 

Baca Juga: ORASI DENNY JA: Dibatalkannya RUU Pilkada dan Pentingnya Kompetisi Politik

Kenapa termasuk ke dalam tanaman herba? Karena pisang tidak memiliki batang berkayu. Batang pisang merupakan tumpukan daun yang padat. 

Pisang merupakan buah-buahan yang sering dikonsumsi untuk pangan. Pisang juga mudah untuk didapatkan dan dapat dikonsumsi secara langsung, diolah menjadi jus, smoothie, ataupun digunakan untuk berbagai resep makanan dan kue. 

Selain itu, pisang juga memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain:

Baca Juga: 4 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Kesaksian Penulis

Sebagai Sumber Energi : Pisang kaya akan karbohidrat, terutama dalam bentuk gula alami, yang cepat memberikan energi.

Kaya Kalium : Pisang adalah salah satu sumber kalium terbaik, yang penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan fungsi jantung yang sehat.

Dapat Membantu Pencernaan : Kandungan serat dalam pisang membantu pencernaan dan mencegah sembelit.

Baca Juga: Sekjen SATUPENA Satrio Arismunandar Sebut Generalisasi dan Stereotip Suatu Bangsa Tidak Selalu Cerminkan Individu

Dapat Meningkatkan Mood : Pisang mengandung triptofan, yang dapat membantu tubuh memproduksi serotonin, neurotransmitter yang meningkatkan mood.

Baik untuk Kesehatan Jantung : Kalium dan serat dalam pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Menurunkan Berat Badan : Bagi orang yang sedang melakukan diet, karbohidrat kompleks yang terkandung dalam buah pisang tidak menaikkan kadar glukosa secara drastic.

Baca Juga: Manuel Kaisiepo dalam Diskusi SATUPENA: Jakob Oetama Tokoh yang Gigih Mendukung Pandangan Mochtar Lubis tentang Manusia

Mengatasi Anemia : Salah satu hal penting yang terkandung dalam pisang adalah zat besi. Oleh karena itu, pisang sangat baik untuk orang yang kekurangan darah merah. 

Dengan berbagai manfaat tersebut  buah pisang sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin untuk membantu mendukung Kesehatan tubuh, ***

Penulis : Tias Atika Suri
 

Sumber: Kemkes.go.id

Berita Terkait