DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Paralimpiade Paris 2024: Indonesia Raih Medali Emas dari Para Badminton

image
Ganda campura Para Badminton Indonesia, Hikmat Ramdani / Leani Ratri Oktila persembahkan emas bagi Indonesia dalam ajang Paralimpiade Paris 2024 (Instagram.com/NPCIndonesia)

SPORTYABC.COM – Indonesia Raya akhirnya berkumandang di arena Paralimpiade Paris 2024 dalam cabang olah raga para badminton yang meraih medali emas.

Adalah ganda campuran Indonesia Hikmat RamdaniLeani Ratri Oktila yang mampu menangi All Indonesian

Final dengan kompatriotnya Fredy Setiawan – Khalimatus Sadiyah pada final kategori SL3 SU5 pada Senin 2 September 2024 

Baca Juga: Paralimpiade Paris 2024: yuk, Kenalan dengan Leani Ratri Oktila Atlet Para Badminton yang Mengukir Sejarah

Leani Ratri Oktila yang berpasangan dengan Hikmat Ramdani berhasil lolos ke final setelah mengalahkan tuan rumah Prancis pasangan Mazur dan Noel cabang ganda campuran SL3-SU5.

Pada pertandingan final, Leani Ratri Oktila dan Hikmat Ramdani bertanding  melawan Fredy Setiawan dan Khalimatus Sadiyah dengan hasil skor  akhir 21-16 dan 21-15.

Kemenangan tersebut merupakan suatu kebanggan bagi Indonesia, karena untuk pertama kalinya Indonesia mendapatkan medali emas pertama di Paralimpiade Paris 2024.

Baca Juga: Bersama Manuel Kaisepo, SATUPENA Akan Diskusikan Wajah Indonesia Kini

Setelah sebelumnya Indonesia meraih medali perak pertama dari cabang para atletik Saptoyogo Purnomo, yang diadakan pada Jumat 30 Agustus 2024 lalu.

Pada laga pertama, Hikmat Ramdani /  Leani Ratri Oktila sebenarnya tertinggal dari Fredy & Khalimatus dengan skor 1-3. Namun Hikmat Ramdani / Leani Ratri Oktila berhasil mengejar dan pertandingan berlanjut hingga ia mencetak 84 poin dan naik ke kedudukan 4-4 di klasemen. 

Hikmat Ramdani / Leani Ratri Oktila pun menyelesaikan jeda pertama dengan keunggulan 117 penampilan.

Baca Juga: Paralimpiade Paris 2024: Ganda Hikmat Ramdani – Leani Ratri Raih Kemenangan

Setelah jeda, pasangan Hikmat Ramdani / Leani Ratri Oktila unggul 10 poin atas Fredy & Khalimatus, Fredy & Khalimatus berhasil meningkatkan performanya dan memenangkan tujuh pertandingan berturut-turut. 

Namun Hikmat Leani masih menguasai permainan, Hikmat Leani kembali mengungguli rekan senegaranya dengan  11-7 poin.

Pada istirahat selanjutnya, fast break yang dilakukan Hikmat Ramdani berhasil meraih medali emas sehingga menjadi medali emas pertama  Indonesia di Paralimpiade Paris 2024.

Baca Juga: Hilangnya Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024 dan Kisah 4 Presiden Menurut Analisis Denny JA

Indonesia menjadi negara ketiga di ASEAN  yang meraih medali emas di ajang tersebut setelah Singapura dan Thailand, menyusul medali perak  Fredy  Setiawan & Khalimatus Sadiyah. 

Disisi lain juga, Qonita  meraih medali perak di cabang tunggal putri para bulu tangkis.***

Penulis : Tias Atika Suri 
 

Sumber: Paralympic

Berita Terkait