DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Paralimpiade Paris 2024: Mengenal Suryo Nugroho, Atlet Para Badminton dengan Segudang Prestasi

image
Suryo Nugroho dalam sebuah pertandingan (Instagram.com/nugrohosuryo17)

SPORTYABC.COM – Sejumlah atlet disabilitas tengah berjuang demi sportifitas, medali nama harum negaranya termasuk Suryo Nugroho dalam Paralimpiade Paris 2024 

Suryo Nugroho adalah salah satu atlet para badminton Indonesia yang tengah berjuang di ajang Paralimpiade Paris 2024.

Suryo sejatinya terlahir normal. Namun pada tahun 2006 silam, kecelakaan tunggal menimpa dirinya saat mengendarai motor. 

Baca Juga: Bursa Transfer Liga Championship: Marselino Resmi Bergabung dengan Klub Milik Erick Thohir dan Anindya Bakrie

Hal tersebut membuat tangan kirinya harus diamputasi. Saat itu Suryo Nugroho sempat merasa tidak ada kesempatan lagi bagi dirinya untuk meneruskan cita-citanya sebagai atlet bulutangkis. Pria kelahiran Surabaya 17 April 1995 itu pun sempat rehat dari bulutangkis selama 3 tahun.

Namun harapan baru bagi dirinya datang pada tahun 2009. Suryo diberi tahu oleh salah satu pelatihnya jika ada olahraga khusus disabilitas. Hal itu pun langsung membuat dirinya tertarik.

Suryo bergabung dengan klub badminton PB Djarum pada tahun 2014. Dengan bergabungnya ia ke dalam klub tersebut merupakan fase penting dalam karirnya. 

Baca Juga: Sekjen SATUPENA Satrio Arismunandar Sebut Generalisasi dan Stereotip Suatu Bangsa Tidak Selalu Cerminkan Individu

PB Djarum dianggap sebagai salah satu klub badminton ternama di Indonesia dengan fasilitas dan training yang sangat baik.

Kehadirannya di klub badminton tersebut dapat membantu mengasah kemampuan serta meningkatkan performanya di tingkat nasional maupun internasional.

Suryo mulai meniti karirnya  di dunia para badminton secara profesional sejak remaja. Dirinya dikenal sebagai sosok pekerja keras dengan tekad  yang kuat untuk terus berkembang, meskipun menghadapi berbagai tantangan fisik.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga Inggris: Federico Chiesa Resmi Gabung Liverpool

Di luar lapangan, Suryo Nugroho adalah sosok yang sederhana dan rendah hati. Ia kerap mengikuti kegiatan sosial dan memotivasi anak-anak penyandang disabilitas untuk terus berjuang meraih cita-citanya meski menghadapi segala rintangan.

Suryo Nugroho menjadi linspirasi bagi banyak orang, terutama mereka yang memiliki keterbatasan fisik. 
Upayanya yang teguh dan semangatnya yang gigih untuk mengatasi kesulitan, telah menjadikannya sebagai teladan tidak hanya bagi para pemain badminton, tetapi juga bagi masyarakat secara keseluruhan.

Melalui berbagai persiapan dan dedikasinya, Suryo Nugroho diharapkan bisa mengharumkan Negara Indonesia serta membawa pulang medali emas di Paralimpiade Paris 2024

Baca Juga: Denny JA: SATUPENA Merayakan Kemerdekaan Indonesia dengan Menulis Buku Bersama 40 Penulis dari Sumatra Sampai Papua

Berikut prestasi yang pernah di raih oleh Suryo Nugroho 
Juara 1 Indonesia Open Parabadminton 2014 kategori ganda campuran
Juara 1 Indonesia Open Parabadminton 2015 tunggal putra
Juara 1 Indonesia Open Parabadminton 2016 kategori ganda putra
Juara 1 Asian Parabadminton Championship 2016 kategori tunggal putra
Juara 1 World Championship Parabadminton 2017 kategori ganda putra
Runner up Dubai Open 2018 kategori ganda putra
Runner up Irlandia Open 2018 kategori ganda putra
Runner up Thailand Open 2018 kategori tunggal putra
Medali Perunggu Paralympic 2020 kategori tunggal putra ***

Penulis : Tias Atika Suri 
 

Sumber: BWF

Berita Terkait