DECEMBER 9, 2022
Internasional

Selama Kunjungan di Jakarta, Paus Fransiskus Menginap di Kedutaan Vatikan

image
Senyuman Paus Fransiskus kala memasuki pesawat yang akan membawanya kunjungan ke Indonesia dan tiga negara lainnya pada 3 hingga 13 September 2024 (Vaticannewa.va)

SPORTYABC.COM – Selama di Indonesia, pemimpim umat Katolik Paus Fransiskus tidak menginap di hotel namun menginap di Kedutaan Besar Vatikan yang berada di kawasan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.

Hal ini disampaikan Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia Ignatius Jonan, namun dirinya belum bisa menyampaikan rute perjalanan Paus Fransiskus ketika tiba di Jakarta.

"Kalau rute saya juga enggak bisa cerita karena itu apa namanya disiapkan sampai detik terakhir, namun intinya Bapak Paus akan menginap di Kedutaan Besar Vatikan, jadi tidak menginap di hotel," kata Jonan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Denny JA Mengungkap Tiga Fakta Tercecer Sejarah Bangsa

Selain menginap di Kedutaan Vatikan, selama di Indonesia Paus Fransiskus akan menggunakan mobil sipil untuk kunjungan yaitu Toyota Kijang Innova Zenix.

"Civil car yang digunakan oleh Sri Paus itu adalah Toyota Kijang Zenix ya," jelasnya.

Mengenai keamanan Paus Fransiskus selama di Indonesia tetap menjadi prioritas namun Ignatius Jonan enggan mengungkap keamanan yang dimaksud karena itu adalah ranah Paspampres.

Baca Juga: Lomba Esai untuk Lukisan Paus Mencuci Kaki Rakyat Indonesia

"Gini, kalau itu kami tidak bisa cerita ya, jadi mungkin bisa ditanyakan nanti ke Paspampres saja, nggak rahasia, itu porsinya Paspampres bukan saya, gitu," ujarnya.

Selain menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix, Paus Fransiskus juga akan menggunakan mobil produksi Pindad yaitu Maung untuk menyapa umat Katolik ketika misa kudus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK)

"Kalau yang diproduksi di Pindad itu kendaraan yang disebut Maung itu adalah kendaraan untuk inspeksi menyapa umat waktu mau misa di GBK gitu," ujarnya.

Baca Juga: Manuel Kaisiepo dalam Diskusi SATUPENA: Jakob Oetama Tokoh yang Gigih Mendukung Pandangan Mochtar Lubis tentang Manusia

Seperti diberitakan Paus Fransisku akan mengunjungi Indonesia pada 3 hingga 6 September 2023 dengan jadwal menghadiri sejumlah acara mulai dari pertemuan dengan Presiden Joko Widodo.

Selain itu mengunjungi Masjid Istiqlal, berkegiatan di gereja Katedral, Jakarta hingga menggelar misa kudus di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta ***
 

Berita Terkait