DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Maarten Paes Debut dan Tampil Gemilang, Timnas Raih Satu Poin di Jeddah

image
Ekspresi kegembiraan Sandy Walsh usai dirnya membantu Ragnar Oratmangoen cetak gol, dalam laga ini Timnas Indonesia sukses menahan imbang Saudi Arabia (Instagram.com/TimnasIndonesia)

SPORTYABC.COM – Laga perdana putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 hadirkan Saudi Arabia melawan Timnas Indonesia yang berakhir imbang 1-1.

Laga perdana putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Saudi Arabia melawan Timnas Indonesia berlangsung di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, Jumat 6 September 2024 dinihari WIB.

Timnas Indonesia langsung meneken lini pertahanan Saudi Arabia sejak wasit Adham Mohammad Tumah Makhadmeh dari Jordania membuka laga.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Laga Timnas Indonesia Melawan Australia Pindah Venue

Momen menegangkan datang pada menit ke 4 ketika Maarten Paes nyaris gagal lewati bek Saudi Arabia beruntung Paes tersebut keluar dari tekanan pemain lawan.

Timnas Indonesia mulai keluar dari tekanan pada menit ke 8, dan terus mencoba memberikan perlawanan ke lini pertahanan Saudi.

Akhirnya Timnas Indonesia mampu unggul lebih dulu pada menit ke 18, berawal dari sebuah serangan dari sisi kanan, Sandly Walsh menemukan Witan Sulaeman yang sudah berdiri bebas.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Jelang Melawan Australia, GBK Siapkan Rumput Terbaik

Witan Sulaeman berikan cutback ke Ragnar Oratmangoen langsung lepaskan tendangan yang membentur bagian kaki Sandy Walsh membuat kiper Saudi Arabia terkecoh, 0-1 untuk Timnas Indonesia.

Unggul satu gol membuat Timnas Indonesia semakin percaya diri dan mendapatkan peluang pada menit ke 27 manfaatkan kecepatan Sandyl Walsh di sisi kanan pertahanan Saudi Arabia.

Namun syaang umpan silang Sandy Walsh gagal diselesaikan oleh Ragnar Oratmangeon usai tendangannya masih melambung di atas gawang Saudi Arabia.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Jelang Melawan Saudi Arabia dan Australia, Shin Tae yong dan Erick Thohir Gelar Pertemuan

Mohammed Kanno nyaris membuyarkan keunggulan Timnas Indonesia usai menemukan celah di sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia.

Beruntung Tendangan Kanno masih menyamping tipis di gawang Maarten Paes, Timnas Indonesia nyaris menambah keunggulan melalui serangan balik yang dipelopori oleh Rafael Struick di sisi kanan pertahanan Saudi Arabia pada menit ke 34.

Sayang Witan Sulaeman gagal selesaikan umpan silang dari Struick usai tendangannya melambung di atas gawang Saudi Arabia.

Baca Juga: Kalangan Duta Besar Hadiri Pameran Lukisan Karya Denny JA Tentang Paus Fransiskus Membasuh Kaki Rakyat Indonesia

Keunggulan Timnas Indonesia buyar pada injuri time babak pertama atau menit ke 45+3 usai tendangan Musab Aljuwayr berbelok usai membentur Calvin Verdonk.

Gol tersebut menjadi penutup jalannya babak pertama usai wasit Adham Mohammad Tumah Makhadmeh dari Jordania meniupkan peluit.

Lepas dari kamar ganti, Saudi Arabia langsung tingkatkan intensita penyerangan, peluang pertama dicatatkan oleh Abdulrahman Ghareeb pada menit ke 46 namun tendangannya masih melambung di atas gawang Timnas Indonesia.

Baca Juga: Inilah Harapan Paus Fransiskus Terhadap Rakyat Indonesia

Saudi Arabia nyaris mengancam lagi lewat akselerasi kapten tim Salem Al Dawsari pada menit ke 60 namun kembali arah tendangannya masih melambung.

Usai momentum tersebut, Timnas Indonesia mulai menguasai pertandingan, namun momentum tersebut hanya bertahan sepeluh menit saja, karena Saudi Arabia kembali menguasai pertandingan.

Salem Al Dawsari nyaris membawa tim Saudi Arabia berbalik unggul pada menit ke 74, beruntung tendangannya melengkung dari luar kotak penalti masih melambung.

Baca Juga: Pidato di Hadapan Joko Widodo, Paus Fransiskus Ingatkan Akan Bahaya Kekuasaan

Petaka bagi Timnas Indonesia dimana Saudi Arabia mendapatkan penalti pada menit ke 78 usai Maarten Paes melakukan blunder ketika menggiring bola dan akhirnya menjatuhkan Feras Albrikan..

Salem Al Dawsari yang menjadi eksekutor gagal melakukan tugasnya dengan sangat baik, dan kedudukan tetap 1-1.

Di sisa waktu dan wasit Adham Mohammad Tumah Makhadmeh dari Jordania menutup laga dengan kedudukan 1-1 untuk kedua tim.

Timnas Indonesia sukses membawa satu poin dari Jeddah, Saudi Arabia dan menjadi modal kala berhadapan dengan Australia yang kebetulan di laga perdana kalah 0-1 dari Bahrain dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. ***
 

Berita Terkait