DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Inilah Sejarah Masuknya Tenis Meja ke Arena Olimpiade dan Paralimpiade

image
Ilustrasi (freepik)

SPORTYAB.COM – Hadirnya Olimpiade Paris 2024 menandai penampilan cabang olahraga tenis meja telah masuki usia ke 10 sejak memulai debutnya pada Olimpiade Seoul 1988.

Hingga Olimpiade Athena 2004 tenis meja dipertandingkan dalam 4 pertandingan yaitu, tunggal putra, ganda putra, tunggal putri dan ganda putri, namun sejak Olimpiade Beijing 2009 nomor ganda diganti dengan nomor beregu.

Namun pada Olimpiade Tokyo 2020 total pertandingan yang dihadrikan menjadi lima dengan adanya nomor ganda campuran

Baca Juga: 31 Medali Emas Tim Para Tenis Meja dipersembahkan Untuk Mendiang David Jacobs

Selain Olimpiade, cabang olahraga tenis meja juga dipertandingkan di Paralimpiade dengan perlombaan pertama digelar pada Olimpiade Roma 1960. 

Dari Olimpiade Roma 1960 hingga Olimpiade Motreal 1976 tenis meja hanya mempertandingkan khusus disabilitas kursi roda

Namun kini tenis meja dapat dilakukan dengan para atlet disabilitas dengan berbagai tingkatan dan kekurangan fisiknya dimana ada 11 jenis disabilitas yang boleh mengikuti cabang olahraga tersebut.

Baca Juga: Paralimpiade Paris 2024: Indonesia Raih Medali Perak Pertama

Lalu bagaimana dengan peraturan tenis meja untuk Olimpiade dan Paralimpiade ?

Tujuan permainan tenis meja sangat sederhana : di atas meja dibagi menjadi  dua dengan jaring, pemain antar pemain harus bertukar bola dengan menggunakan raket kecil, yang disebut dengan bet. 

Pertandingan tunggal dimainkan dalam empat set kemenangan, dengan maksimum tujuh  set. Untuk memenangkan satu set, seorang pemain harus mencetak sebanyak sebelas poin. 

Baca Juga: Paralimpiade Paris 2024: Indonesia Raih Medali Emas dari Para Badminton

Penting untuk di ingat bahwa, pemenang harus mencetak lebih banyak mencetak poin setidaknya dua poin untuk memenangkan pertandingan. 

Peraturan lain berlaku pada tim beregu. Pertandingan tersebut dimainkan dalam empat pertandingan tunggal dan satu pertandingan ganda, "all played in best of five sets", dilansir dari situs web resmi Olimpiade Paris 2024.

Peraturan permainan ganda, satu tim terdiri dari dua orang yang saling bersaing satu sama lain. 

Baca Juga: 3 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Paus Fransiskus Tiba di Jakarta dan Spirit Keberagaman

Dalam pertandingan ganda terdapat keistimewaannya, yaitu pemain dalam satu tim harus bergantian saling mengembalikan bola. 

Apabila peraturan tersebut tidak dipatuhi, maka yang terjadi tim tersebut akan kehilangan poin. 
Peraturan para tenis meja  Paralimpiade sama saja dengan peraturan  tenis meja pada Olimpiade. 

“Satu-satunya kekhawatiran adaptasi menyangkut  pemain di kursi roda: efek retroaktif dilarang, begitu pula dengan penggunaan meja yang pendek,” dilansir dari situs web Paralimpiade.

Baca Juga: Catatan Denny JA: Revolusi Kreativitas Bersama Artificial Intelligence (1)

Perlu diketahui juga  bahwa pada nomor ganda, pemain tenis meja kursi roda tidak diharuskan memukul bola secara bergiliran. 

Nah untuk lapangan tenis meja memiliki bentuk standar yang ditentukan oleh Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF). Mengetahui bentuk yang akurat penting untuk memastikan  permainan yang adil dan pengembangan keterampilan yang akurat. Berikut  detail ukuran lapangan tenis meja:

Panjang Lapangan: Panjang lapangan tenis meja  kira-kira 274 cm atau 9 kaki.

Baca Juga: Inilah Sejarah Tenis Meja Bermula

Lebar Lapangan: lebar lapangan adalah 152,5 cm atau 5 kaki.

Tinggi meja : Tinggi meja tenis meja  adalah 76 cm.

Garis Net: Tinggi garis net yang membagi lapangan permainan menjadi dua bagian kira-kira 15,25 cm atau 6 inci.

Mengetahui ukuran lapangan tenis meja, memungkinkan pemain  dengan mudah mengukur dan menyiapkan permukaan permainan yang sesuai. 

Hal tersebut menciptakan landasan yang kokoh untuk berlatih dan berkompetisi dalam olahraga yang membutuhkan ketelitian dan kecepatan.

Selain mengetahui bentuk lapangan tenis meja, pemain juga perlu untuk mengetahui berbagai peralatan yang dibutuhkan agar dapat bermain dengan baik. Peralatan yang harus dimiliki oleh seorang pemain tenis meja yaitu : 

Meja tenis 
Bat tenis  meja
Bola tenis meja 
Net 

Itulah Sejarah singkat tentang masuknya tenis meja ke Olimpiade dan Paralimpiade, tak lupa juga pengetahuan tentang ukuran lapangan tenis meja maupun peralatannya.***

Penulis : Tias Atika Suri 

Sumber: Paralympic

Berita Terkait