DECEMBER 9, 2022
Olahraga

yuk, Kenali Permainan Sepak Bola dan Peraturannya

image
Ilustrasi permainan Sepak bola (Freepik)

SPORTYABC.COM – Hingga saat ini asal usul sepak bola masih di perdebatkan, beberapa catatan mengatakan sepak bola dimulai pada zaman Romawi, sementara catatan yang lain mengatakan sepak bola dimulai di Tiongkok. 

FIFA sendiri secara resmi mengumumkan kelahiran sepak bola di Tiongkok. Sepak bola berasal dari permainan Tiongkok pada abad ke-2 dan ke-3 SM. 

Sejarah sepak bola terbagi menjadi bagian kuno dan modern. Sepak bola kuno berasal dari Tiongkok pada masa Dinasti Han, menggunakan bola kulit. 

Baca Juga: BYD Luncurkan Mobil M6 dengan 7 Penumpang Khusus untuk Indonesia

Pertandingan berlangsung sulit karena sedikitnya jumlah gol  yang dicetak. Hal tersebut dimainkan untuk menjaga kebugaran fisik para prajurit dan untuk hiburan pada hari ulang tahun kaisar.

Permainan sepak bola Tiongkok kuno disebut “TsuChu” yang artinya menendang bola dengan kaki dan menggunakan bola kulit. 

Sepak bola juga populer di Jepang karena dimainkan dengan bola yang terbuat dari kulit rusa dan disebut "kemari".

Baca Juga: Hadiah Kemerdekaan RI ke 79, Pindad Perkenalkan Senjata Anti Drone dan Mobil Jammer

Permainan  sepak bola ditemukan di Inggris Romawi, Meksiko, Amerika Tengah dan Mesir kuno, dengan menggunakan bola karet. Pada masa pemerintahan Raja Edward di Inggris, 

Sepak bola dilarang karena banyaknya tindak  kekerasan disebabkan tidak memiliki aturan yang jelas. 
Namun pada tahun 1369, sepak bola diizinkan kembali oleh Raja Edward III, namun dilarang  kembali oleh

Ratu Elizabeth I pada tahun 1572 dengan sanksi keras, barang siapa yang bermain sepak bola di masa itu maka hukuman penjara. 

Baca Juga: Bursa Transfer Liga Inggris: Federico Chiesa Resmi Gabung Liverpool

Pada akhir tahun 1680 an, Raja Charles II mencabut larangan sepak bola dan menjamin perlindungan bagi  pemain sepak bola. 

Sejarah sepak bola modern dimulai di Inggris. Dimulainya dengan berdirinya sebuah organisasi asosiasi sepak bola yang dibentuk melalui pertemuan 11 orang wakil perwakilan dari Football Association Freemason’s Tavern (London-Inggris), menetapkan peraturan permainan sepak bola   yang seragam.

FIFA didirikan di Paris dengan tujuh negara sebagai anggota pertamanya yaitu Prancis, Denmark, Spanyol, Swedia, Belgia, dan Belanda, yang diketuai oleh orang Prancis Robert Guérin. 

Baca Juga: 3 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Paus Fransiskus Tiba di Jakarta dan Spirit Keberagaman

Perkembangan sepak bola terus berlanjut,  olahraga ini diikutsertakan dalam olimpiade tahun 1908 dan Piala Dunia pertama  diadakan di Uruguay pada tahun 1930.

Tonggak sejarah penyiaran sepak bola dan popularitasnya di seluruh dunia, BBC menjadi saluran televisi pertama yang menyiarkan pertandingan sepak bola pada tahun 1938.

Pada tahun 1966, fungsi tayangan ulang diperkenalkan untuk tujuan yang disiarkan di televisi. Sepak bola adalah salah satu olahraga paling populer di dunia saat ini. 

Baca Juga: Catatan Denny JA: Di Kereta Itu, Tak Ditemukannya Sepasang Mata Bola

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Dimensi lapangan sepak bola didasarkan pada standar FIFA, termasuk peraturan nasional dan internasional.

Di dalamnya dirinci panjang lapangan (90-120 meter), lebar (45-90 meter) dan ukuran spesifik lainnya seperti jari-jari lingkaran pusat (9,15 meter) dan ukuran area penalti. Dimensi gawang sepak bola adalah lebar 7,32 meter dan tinggi 2,44 meter.

Baca Juga: Pastor Markus Solo Kewuta Sosok Dibalik Penerjemah Paus Fransiskus

Jumlah Pemain dan Durasi Pertandingan

Sebuah pertandingan sepak bola dimainkan oleh 11 pemain per tim, dengan 5 sampai 11 pemain pengganti. Setiap tim dapat melakukan tiga pergantian pemain selama pertandingan.

Pertandingan berlangsung  90 menit, dibagi menjadi 2 babak masing-masing 45 menit. Jika terjadi seri, perpanjangan waktu dan adu penalti digunakan untuk menentukan pemenang.

Penjelasan Kick-Off dan Mencetak Gol

Kick-off menandai dimulainya pertandingan, babak kedua dan setelah gol tercipta. Bola ditendang dari tengah dan kemudian diteruskan ke rekan satu tim. Gol tercipta bila semua bola melewati garis gawang. Tim yang mencetak gol terbanyak memenangkan pertandingan.

Lemparan ke Dalam, Tendangan Penalti, dan Tendangan Sudut.

Lemparan ke dalam dilakukan ketika bola melewati tepi lapangan. Tim terakhir yang  tidak menyentuh bola akan melakukan estafet dari titik dimana bola dioper. 

Tendangan penalti diberikan atas pelanggaran di daerah penalti. Dilakukan dari titik tertentu menghadap kiper sedangkan pemain lainnya tetap berada di luar kotak penalti.

Tendangan sudut dilakukan ketika bola mengenai pemain bertahan dan melewati garis gawang. Tendangan diambil dari sudut lapangan.

Tendangan Gawang, Handball, Tendangan Bebas dan Offside.

Tendangan gawang diberikan ketika bola yang terakhir disentuh oleh tim penyerang melewati garis tepi lapangan. Tendangan diambil dari area gawang.

Handball terjadi bila bola menyentuh tangan pemain, baik disengaja maupun tidak disengaja. Tim lawan diberikan tendangan bebas langsung.

Tendangan bebas mempunyai bentuk langsung dan tidak langsung. Tendangan bebas langsung boleh langsung masuk ke gawang, sedangkan tendangan bebas tidak langsung harus dilakukan terlebih dahulu.

Offside terjadi ketika seorang pemain berada di belakang bek terakhir saat melakukan operan. Aturan ini tidak berlaku untuk tendangan sudut dan tendangan gawang. ***

Penulis : Tias Atika Suri 
 

Berita Terkait