DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Tanggapan Erick Thohir Mengenai Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Ambil Sumpah WNI di Belanda

image
Erick Thohir bersalaman dengan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders ketika jamuan makan malam yang dilakukan oleh Erick Thohir (x.com/Erickthohir)

SPORTYABC.COM – Terkait beredar kabar bahwa Mees Hilgers dan Eliano Reijnders mengambil sumpah WNI di Kantor KBRI Den Haag, Belanda bukan di Kantor Kanwil Hukum dan HAM sebagaimana para pemain naturalisasi lainnya membuat Ketum PSSI Erick Thohir memberikan penilaian bahwa hal itu lumrah dan sudah banyak dilakukan oleh calon WNI.

Erick Thohir menganggap pengambilan sumpah WNI di Belanda yang mana akan dilakukan oleh Mees Hilgers dan Eliano Reijnders adalah lumrah.

Erick Thohir pun mengungkapkan alasan tersebut usai melakukan pertemuan dengan Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas dan Sekjen Perbasi Nirmala Dewi di Kantor Kementerian Hukum dan HAM Ri pada hari ini Kamis 19 September 2024.

Baca Juga: Inilah Alasan Erick Thohir Datangkan Yeom Ki Hun di Timnas Indonesia

“Saya rasa apa yang kami sedang lakukan untuk semua pemain kita sudah sesuai dengan aturan dari pemerintah harus diangkat sumpah dan itu ada," ujar dia.

Selain itu Erick Thohir juga mengatakan bahwa dilakukannya sumpah WNI di Belanda untuk mempermudah Mess Hilgers dan Eliano Reijnders yang harus tetap membela klubnya.

Mees Hilgers adalah pemain yang bermain untuk klub Belanda FC Twente sementara Eliano Reijnder kini membela PEC Zwolle di kompetisi sepak bola tertinggi di Belanda, Eredivisie.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Jelang Melawan Saudi Arabia dan Australia, Shin Tae yong dan Erick Thohir Gelar Pertemuan

Erick Thohir pun menambahkan bahwa FIFA Matchday pun sedang tidak ada, oleh karena sumpah WNI pun harus dijalankan di Belanda untuk flesibilitas saja,

"Jadi fleksibilitas saja, baik di sini atau di luar negeri itu biasa angkat sumpah di luar negeri juga ada. Nah kebetulan memang sekarang FIFA Matchday-nya sudah tidak ada," kata dia.

"Artinya, kita harus respek kepada klub yang tentu mereka bermain. Nah di situ lah kami mencari cara yang sesuai dengan aturan, jadi bukan di luar aturan. Kami coba mengangkat sumpah di negara lain seperti juga, beberapa bangsa (orang) Indonesia yang akan sumpah di negara lain juga,” ucap Erick lagi.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga Championship: Marselino Resmi Bergabung dengan Klub Milik Erick Thohir dan Anindya Bakrie

“Jadi bukan sesuatu yang spesial. Kami tidak ada yang spesial, semua kami hormati secara hukum, baik hukum yang ada di Indonesia maupun aturan FIFA," kata dia.  

Sebagai informasi, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders semakin mendekat dengan timnas Inodnesia usai proses naturalisasinya disetujui oleh Komisi III dan X DPR RI ketika rapat dengan Menpora dan PSSI pada Selasa 17 September 2024 lalu.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders diproyeksikan bisa bermain di timnas Indonesia kala melawat ke Bahrain dan China dalam laga ke 3 dan 4 putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 10 dan 15 Oktober mendatang. ***
 

Berita Terkait