DECEMBER 9, 2022
Internasional

Disandera Selama 19 Bulan, Akhirnya Pilot Susi Air, Philip Merthens Dibebaskan

image
Seorang petugas kepolisain tengah mengabadikan dokumentasi foto dengan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang baru saja dibebaskan oleh KKB Egianus Kogoya (dok Satgas Damai Cartenz)

SPORTYABC.COM – Setelah hampir 19 bulan disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya, Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens akhirnya dibebaskanb.

Kepastian dibebaskannya Philip Mark Mehrtens disampaikan oleh Kepala Operasi Damai Cartenz, Brigjen Faisal Ramadhani melalui keterangan tertulis pada Sabtu 21 September 2024 pagi Waktu Papua.

"Hari ini, Pilot Philip berhasil dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024," ujar Kepala Operasi Damai Cartenz Brigjen Faizal Ramadhani, melalui keterangan tertulis, Sabtu pagi.

Baca Juga: Densus 88 Polri Tangkap 2 Terduga Teroris di Jakarta Barat

Brigjen Faizal Ramadhani pun pastikan proses pembebasan Philip Mark Mehrtens tidak dilakukan dalam sebuah operasi militer ini terkait dengan keberadaan Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 yang mengedapankan soft approach daripada hard approach.

"Kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri," katanya.

Seperti kita ketahui, Sejak 7 Februari 2023, Philip Mark Mehrtens pilot berkewarganegaraan Selandia Baru itu disandera oleh KKB sesaat setelah mendarat di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Baca Juga: Densus 88 Polri: Dua Teroris Jakarta Barat Siapkan Aksi Teror dengan Bom Rakitan

Pembebasan ini pun dilakukan dengan cara pendekatan melalui berbagai tokoh hingga akhirnya membuahkan hasil dimana Philips Mark Mehrtens akhirnya berhaisul dijemput pada hari ini oleh tim Satgas Damai Cartenz 2024

Sementara itu Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 Komisaris Besar Dr Bayu Suseno jelaskan, bahwa Philip Mark Mehrtens dijemput oleh tim di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, kabupaten Nduga.

Saat ini Philip Mark Mehrtens langsung diterbangkan menuju Markas Komando Brimob Batalyon B/Timika

Baca Juga: Sekjen SATUPENA Satrio Arismunandar Sebut Generalisasi dan Stereotip Suatu Bangsa Tidak Selalu Cerminkan Individu

"Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika," tutur Bayu.

Di Mako Brimob Batalyon B/ Timika, Philip Mark Mehrtens akan diperiksa kesehatan dan kondisi psikologinya. ***
 

Berita Terkait