DECEMBER 9, 2022
Kesehatan dan Kuliner

Inilah Minuman yang Cocok untuk Menjaga Imun Tubuh Anda

image
Teh Krisan salah satu minuman yang dapat menjaga imun tubuh kita (pixabay)

SPORTYABC.COM – Ada makanan dan nutrisi tertentu yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. 

Dengan mendapatkan nutrisi dari minuman bisa menjadi cara mudah untuk menambahkannya ke dalam makanan, dengan tujuan  untuk memastikan sistem kekebalan tubuh kita tetap kuat.

Minuman yang  kita bicarakan memiliki nutrisi pendukung kekebalan tubuh yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat, namun kita harus tahu bahwa sistem kekebalan tubuh yang baik dimulai dari kesehatan  yang baik secara keseluruhan.

Baca Juga: Merambah ke Bisnis Kuliner, Kevin Sanjaya dan Vidi Aldiano Buka Restoran Jepang

Berbagai makanan yang membantu kita mengurangi tingkat stres  dan memastikan  kita cukup tidur serta tetap terhidrasi  merupakan hal yang  penting untuk sistem  kekebalan tubuh contohnya  jus jeruk. Alasannya adalah  jus jeruk merupakan sumber vitamin C yang baik.

Dalam satu gelas jus jeruk memenuhi lebih dari seratus persen kebutuhan harian kita. Vitamin C membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. 

Bahkan membantu proses memproduksi lebih banyak sel darah putih, yang dapat mencegah infeksi, namun penelitian menunjukkan bahwa vitamin C tidak melindungi tubuh manusia dari penyakit.

Baca Juga: 29 Tahun Beroperasi, ACE Hardware Pamit dari Indonesia dan Berganti Nama Baru

Namun, jika kita menderita flu ringan, vitamin C dapat membantu mempersingkat durasi gejalanya. Ditambah lagi, jus jeruk  enak, mudah ditemukan dan harganya sangat terjangkau. Minuman lain yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda adalah membuat smoothie hijau sendiri.

Jadi, dengan menambahkan sayuran hijau seperti bayam dan kangkung, kita  akan mendapatkan semua nutrisi yang diberikan sayuran tersebut, seperti vitamin A, beberapa vitamin C, dan beta-karoten, yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh manusia. 

Kita bahkan dapat menambahkan yogurt ke dalam smoothie tersebut, yogurt merupakan sumber probiotik yang baik  serta membantu menjaga kesehatan usus. 

Baca Juga: Inilah Makanan Khas Cirebon yang Paling Banyak Dicari

Usus yang sehat  penting untuk sistem kekebalan tubuh. Kita juga dapat menambahkan buah beri ke dalam smoothie, yang  akan meningkatkan kandungan vitamin C secara signifikan.

Minuman enak lainnya untuk dicoba adalah teh hijau. Teh hijau menyediakan antioksidan dan mungkin memiliki sifat anti-inflamasi. Antioksidan ini, termasuk EGCG, dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh kita tetap sehat. 

Selain itu, jika kita mulai merasa tidak enak badan, teh hijau bisa sangat menenangkan. sensainya hangat dan menenangkan. Apalagi, ketika ditambahkan madu kedalam teh hijau dapat meredakan gejala sakit tenggorokan.

Baca Juga: Inilah 5 Camilan Khas Kuningan yang Paling Banyak Digemari ketika Berkunjung

Minuman  bagus lainnya untuk sistem kekebalan tubuh  adalah  jahe atau air jahe. Kita  bisa menemukannya dijual dalam kemasan jus kecil, atau kita bisa membuat teh jahe sendiri dengan merendam jahe segar dalam air mendidih. Jahe kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti inflamasi.

Jahe diperkirakan dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.  Jangan lupakan tidur jika menyangkut sistem kekebalan tubuh kita.

Teh krisan  tidak mengandung kafein. Inilah teh herbal yang ternyata bisa membantu   tidur lebih nyenyak di malam hari jika diminum di malam hari. Tidur membantu menjaga sistem kekebalan tubuh sekuat mungkin, dan kurang tidur dapat merusak sistem kekebalan.

Baca Juga: Inilah Lima Makanan Khas Kuningan yang Patut Dicoba Bila Berkunjung

Oleh karena itu, minum teh krisan di malam hari dapat membantu  tidur lebih nyenyak. Teh herbal lain juga dapat membantu, seperti teh lemon balm atau teh lavender. Namun, salah satu minuman yang harus kita hindari demi kesehatan kekebalan tubuh adalah alkohol.

Alkohol justru dapat melemahkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi sehingga berdampak buruk bagi sistem kekebalan tubuh kita. 

Selain itu, kita tahu bahwa minum alkohol, terutama menjelang waktu tidur, dapat mengganggu kemampuan kita untuk tidur nyenyak.

Baca Juga: Inilah Proses Pembuatan Ketempling, Camilan Khas Kuningan

Jadi, jika  ingin tetap sehat, kita bisa menolak minuman beralkohol tersebut. Meski anggur merah mengandung antioksidan, ada baiknya memilih minuman lain yang kaya antioksidan. Cobalah untuk mendapatkan antioksidan dari sumber lain. 

Kita tahu bahwa alkohol tidak mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan dapat mengganggu tidur kita, meskipun itu  anggur merah.

Pada dasarnya, tidak ada solusi jitu mengenai apa yang dapat kita minum untuk meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh,  namun banyak dari minuman tersebut dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan memberi nutrisi penting yang kita tahu membantu menjaga sistem kekebalan tubuh kita tetap sehat.

Seperti vitamin C dan antioksidan. Ingat, kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli suplemen untuk menjaga sistem kekebalan tubuh  tetap sehat, namun mengonsumsi makanan  seimbang, berolahraga secara teratur, mengurangi stres dalam hidup  dapat membantu sistem kekebalan tubuh tetap sehat.***

Penulis : Tias Atika Suri
 

Sumber: healthline

Berita Terkait