DECEMBER 9, 2022
News

LSI Denny JA Rilis 10 Tahun Kinerja Joko Widodo, Lebih Banyak Berhasilnya

image
Presiden Joko Widodo (dok BPMI / Presidenri.go.id)

SPORTYABC.COM – Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny JA merilis kinerja 10 tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo pada Selasa 24 September 2024

LSI Denny JA merilis kinerja 10 tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dengan tajuk 10 Tahun Jokowi, 2014-2024: Sukses atau Gagal ?

Dalam pandangan LSI Denny JA, setidaknya ada tujuh aspek yang dinilai dari kinerja Joko Widodo selama memerintah negeri ini selama 10 tahun.

Baca Juga: Berjasa bagi Indonesia, Jokowi Berikan Golden Visa kepada Shin Tae yong

Ketujuh aspek tersebut yang dinilai oleh LSI Denny JA yaitu indeks kebebasan ekonomi, social progress indeks, Produk Domestik Bruto (PDB), indeks persepsi korupsi, indeks kebebasan pers, indeks kebahagiaan, dan indeks demokrasi.

Terkait hal ini direktur LSI Denny JA, Denny Januar Ali mengatakn bahwa penilaian kinerja Joko Widodo dari tujuh aspek tersebut dengan menerapkan empat prinsip.

Pertama, penilaian harus berbasiskan data dan riset kemudian penilaian harus komprehensif tidak hanya satu bidang saja yang dinilai namun berbagai dimensi sekaligus misalnya ekonomi, huku, politik dan sosial.

Baca Juga: Jokowi Namai Istana Garuda, Kantor Presiden di IKN

"Ketiga, penilaian membandingkan tahun pertama Jokowi memerintah dan tahun terakhir (2014 dan 2024). Keempat, kali ini data yang digunakan hanya data yang diberikan oleh lembaga internasional kredibel saja, mulai dari World Bank, Heritage Foundation hingga Transparancy Internasional," jelas Denny JA.

Selain itu Denny JA juga menerangkan, bahwa hasil analisisnya dari penilaian terhadap tujuh aspek tersebut yakni 3 rapor biru, 1 rapor merah, 3 netral.

Rapor biru diberikan kepada aspek yang memiliki performa yang bagus dan menaik, kemudian rapor merah diberikan kepada aspek yang dinilai memiliki performa buruk dan menurun.

Baca Juga: Serahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Jokowi, Kamala Lakhdhir Resmi Jabat Dubes AS untuk Indonesia

Sedangkan, rapor netral diperuntukkan bagi aspek yang dinilai memiliki performa biasa, bila melihat rapor tersebut secara keseluruhan selam 10 tahun memerintah, Joko Widodo lebih banyak berhasilnya.

"Secara menyeluruh selama 10 tahun memerintah, Jokowi lebih banyak berhasil," katanya.

Secara spesifikasi, Denny JA beberkan bahwa tiga aspek yang diberikan rapor biru yakni indikator Produk Domestik Bruto (PDB), indeks kebebasan ekonomi, dan social progress index

Baca Juga: Jokowi Ingin Menegaskan Legacy Lewat Narasi 40 Hari Berkantor di Ibu Kota Negara Nusantara

Sedangkan rapor merah diberikan pada aspek indeks demokrasi.

Sementara itu, sebanyak tiga aspek mendapat rapor netral yakni indeks persepsi korupsi, indeks kebebasan pers, dan indeks kebahagiaan.***
 

Berita Terkait