DECEMBER 9, 2022
Internasional

Serahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Jokowi, Kamala Lakhdhir Resmi Jabat Dubes AS untuk Indonesia

image
Dubes Kamala Lakhdhir bersalaman dengan Presiden Joko Widodo usai menyerahkan surat kepercyaan (BPMI Setpres/ Vico)

SPORTYABC.COM – Kamala Shirin Lakhdhir resmi menjabat sebagai Duta Besaar Amerika Serikat untuk Indonesia usai serahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo dalam sebuah acara resmi di Istana Merdeka, Jakarta Kamis 8 Agustus 2024.

Merasa kehormatan bagi dirinya menyarahkan surat kepercyaaan kepada Presiden Joko Widodo dan suatu keistimewan dapat kembali ke Indonesia  pada peringatan 75 tahun hubungan Amerika Serikat dan Indonesia

“Merupakan suatu kehormatan bagi saya menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden dan suatu keistimewaan dapat kembali ke Indonesia pada peringatan 75 tahun hubungan AS-Indonesia dan tahun pertama secara penuh dari Kemitraan Strategis Komprehensif baru yang ditingkatkan,” kata Dubes Kamala Lakhdhir.

Baca Juga: Berjasa bagi Indonesia, Jokowi Berikan Golden Visa kepada Shin Tae yong

Dubes Kamala Lakhdhir berharap ketika kedua negara dapat memperkuat hubungan berdasarkan nilai-nilai bersama dan bekerja sama untuk memajukan stabilitas dan kemakmuran. 

Sebagai informasi, Dubes Kamala Lakhdhir tiba di Jakarta pada Senin, 22 Juli 2024. Dia dinominasikan menjadi Duta Besar AS untuk Indonesia pada 20 Oktober 2023 dan telah dikonfirmasi oleh Senat secara penuh pada 2 Mei 2024.

Dubes Kamala Lakhdhir lahir di Brooklyn, New York, dia dibesarkan di Brooklyn dan Connecticut. 
Dirinya lulus dari Harvard College pada 1986. Dia meraih gelar Master dari National War College pada 2007.

Baca Juga: Jokowi Namai Istana Garuda, Kantor Presiden di IKN

Dubes Kamala Lakhdhir adalah seseorang diplomat karir di Kementerian Luar Negeri AS, yang telah bekerja selama hampir 33 tahun. 

Menariknya dirinya pernah bertugas di Kedutaan Besar AS di Indonesia pada 1994 hingga 1996.

Belum lama ini, Dubes Kamal Lakhdhir bertugas sebagai Sekretaris Eksekutif Kementerian Luar Negeri AS pada 2021-2023 dan sebelumnya sebagai Duta Besar Amerika Serikat untuk Malaysia pada 2017-2021. 

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Sisakan Gregoria di Semifinal, Kinerja Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna di Sorot

Pada periode 2011- 2015, Dubes Kamala Lakhdir pernah menjabat sebagai Asisten Eksekutif untuk Wakil Menlu AS Bidang Politik. 

Sedangkan pada 2009 sampai 2011 dia menjabat sebagai Konsul Jenderal Amerika Serikat untuk Irlandia bagian utara. ***
 

Sumber: Setpres RI

Berita Terkait