DECEMBER 9, 2022
Nusantara

yuk, Mengenal Lebih Dekat Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

image
Logo dari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (Instagram.com/KPI_UINSSC)

SPORTYABC.COM – Bila kita mendengar program studi komunikasi dan penyiaran islam atau dikenal dengan nama KPI ini  pastinya mengingatkan kita langsung dengan universitas berbasis islami seperti STAIN, IAIN, dan UIN. 

Nah apa sih sebenarnya program studi KPI itu yang berada di lembaga pendidikan berbasisi Islami seperti UIN, STAIN dan IAIN ? Untuk lengkapnya yuk simak pejalasannya dibawah ini.

Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) merupakan jurusan  ilmu  komunikasi  bidang jurnalisme, penyiaran dan kepandaian berbicara yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Dengan demikian, pada jurusan ini kita akan mempelajari dua ilmu, yaitu Ilmu Agama Islam dan Ilmu Komunikasi.

Baca Juga: yuk Mengenal Permainan Bulu Tangkis yang Sudah Mendunia

Apabila  dilihat dari mata kuliahnya, program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam  hampir sama dengan program studi Ilmu Komunikasi. 

Yang membedakannya yaitu, pada prodi KPI kita akan mendapatkan manfaat dari sudut pandang keagamaan yang cukup komprehensif dan mendalam.

Oleh karena itu, ketika kita lulus dari program studi KPI, maka kita akan menguasai setidaknya tiga keterampilan inti, diantaranya : nilai-nilai Islam, komunikasi Islami, serta teknologi informasi dan komunikasi. 

Baca Juga: Inilah Makanan Khas Cirebon yang Paling Banyak Dicari

Nah, untuk peluang kerja lulusan Komunikasi dan penyiaran Islam tidak perlu diragukan lagi karena, dengan memiliki keterampilan dalam komunikasi dan penyiaran, kita memiliki kesempatan untuk berkarir di berbagai media, mulai dari televisi, radio hingga jejaring sosial seperti YouTube.

Selain itu, kita juga dapat bekerja di bidang lain termasuk departemen public relations. Apabila   tertarik untuk menekuni di bidang media pertelevisian, kamu bisa bekerja di berbagai saluran televisi, baik yang  khusus menayangkan program Islami maupun program umum. 

Dalam bidang tersebut, ada beberapa pekerjaan yang bisa  digeluti, termasuk sebagai pembawa acara.

Baca Juga: Berikut Ini Asal Usul Terbentuknya Lembaga Pendidikan IAIN di Cirebon

Pembawa acara adalah orang yang bertanggung jawab mengarahkan atau membawakan acara  televisi, termasuk melakukan wawancara dengan sumber berita dan menyampaikan informasi kepada penonton. 

Untuk menjadi seorang pembawa acara, kita perlu menguasai beberapa soft skill seperti public speaking, berpikir kritis, dan kreativitas.

Selain itu, lulusan KPI bisa menjadi operator kamera, editor video atau penulis skenario. Dengan  berbekal ilmu agama yang didapat di jurusan ini, kita juga berkesempatan menjadi  jurnalis muslim di berbagai media Islam.

Baca Juga: Inilah Transformasi Fakultas Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Cirebon

Berikut  beberapa profesi yang berkaitan dengan bidang Komunikasi dan penyiaran Islam:

Penyiar 

Content Kreator

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Public Relations

Jurnalis

Content Writer

Baca Juga: Catatan Denny JA: Negaraku Hilang, Kekasihku Sirna

Editor 

Produser TV atau Radio

Bagi orang yang mendambakan kehidupan akademis yang seru dan menantang, program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam bisa menjadi salah satu pilihan.

Karena, dalam  jurusan tersebut  akan menjumpai topik-topik terkait ilmu komunikasi, yang akan membantu pemikiran kita menjadi lebih tajam.

Beberapa mata kuliah tersebut adalah Pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Politik, Teori Komunikasi, Hukum dan Etika Media, Manajemen Komunikasi Massa dan masih banyak lagi. 

Selain itu tentunya terdapat mata kuliah yang berkaitan dengan ilmu agama, seperti Komunikasi Islam, Ilmu Dakwah dan Sejarah, Psikologi Media Dakwah, Kajian Keagamaan Kontemporer, Fikih kontemporer, dll.

Selain itu, di beberapa Universitas, jurusan KPI dibagi menjadi dua area terpusat yakni : area pers dan area penyiaran. Oleh karena itu, kamu juga akan menemukan beberapa kursus tambahan tergantung pada konsentrasi yang di ambil.

Selain dikemas dengan pembelajaran teori, berbagai mata kuliah juga kerap diajarkan secara praktik. 

Misalnya pada mata kuliah sinematografi, kamu berkesempatan belajar secara praktik, mulai dari menggali ide cerita, membuat naskah, mengambil foto, mengedit hingga menyelesaikan sinematografi atau produksi  film.

Jurusan ini bisa kita tempuh  selama empat tahun sebagai bagian dari program Sarjana 1 (S1), sehingga gelar program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam yang akan diraih adalah Sarjana Ilmu Sosial (S.Sos).***

Penulis : Tias Atika Suri

Sumber: UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Berita Terkait