DECEMBER 9, 2022
Teknologi

Kolaborasi dengan Forum Kreator Era AI, SMK Muda Cepu Bakal Luncurkan Kelas Kreator Cerdas AI

image
SMK Muhammadiyah Cepu dan perwakilan Forum Kreator Era AI Jawa Tengah berkonsolidasi. (Sportyabc.com/kiriman)

SPORTYABC.COM – Di tengah pesatnya dunia teknologi dengan masuknya kecerdasan buatan membuat semua lini menyambutnya termasuk dunia pendidikan salah satunya SMK Muhammadiyah Cepu, Blora

Iya SMK Muhammadiiyah Cepu, Blora yang dikenal dengan nama SMK Muda Cepu sebagai SMK Pusat Unggulan bakal luncurkan program kelas Kreator Cerdas AI.

Program kelas Kreator Cerdas AI ini adalah hasil kolaborasi antara SMK Muda Cepu dengan Forum Kreator Era AI Jawa Tengah dengan tujuan untuk bekali para siswa dan guru dengan ketrampilan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence, AI dalam bidang kreatif.

Baca Juga: Denny JA Bentuk KEA, Wadah bagi Kreator di Era AI yang Segera Terbentuk dari Sumatra hingga Papua

Terkait dengan program Kreator Cerdas AI di sekolahnya, Kepala Sekolah SMK Muda Cepu, Zaenal Arifin Sag, MM di ruangan kerjanya pada Rabu 25 September 2024 menjelaskan bahwa program ini akan melibatkan sekitar 20 siswa terpilih yang siap dilatih menjadi Kreator cerdas AI.

“Kami ingin siswa-siswi kami tidak hanya menjadi pengguna teknologi, tetapi juga mampu menjadi kreator inovatif yang dapat memanfaatkan AI untuk menghasilkan karya-karya kreatif, seperti lukisan digital, musik, video, dan buku. Ini adalah langkah awal untuk membentuk generasi yang siap bersaing di masa depan,” ungkapnya.

Selain ditujukan kepada para siswa kegiatan ini juga melibatkan sang guru yang akane mnadapatkan pelatihan agar bisa mendukung perkembangan ketrampilan para siswa secara maksimal

Baca Juga: Satrio Arismunandar Sebut SATUPENA Kerjasama dengan Kreaator Era AI

“Kami percaya bahwa peran guru sangat penting dalam mengawal dan membimbing siswa untuk mengembangkan kreativitas mereka. Oleh karena itu, guru-guru juga akan dilibatkan dalam pelatihan ini,” tambah Zaenal.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Drs Mokh Fathoni MM menyatakan peluncuran Kelas Kreator Cerdas AI ini sangat sejalan dengan visi sekolah dalam mempersiapkan siswa menghadapi tantangan era digital.

“Kami ingin siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga memiliki keterampilan praktis yang relevan dengan perkembangan teknologi. Program ini adalah upaya kami untuk mengintegrasikan AI ke dalam pembelajaran, sehingga siswa siap menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif,” ujarnya.

Baca Juga: Disandera Selama 19 Bulan, Akhirnya Pilot Susi Air, Philip Merthens Dibebaskan

Dirinya juga tekankan bahwa program ini juga bertujuan untuk menciptakan mentor-mentor kreatif di sekolah.

“Setelah mengikuti pelatihan, para siswa ini akan menjadi mentor bagi teman-teman lainnya. Mereka akan berbagi pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh, sehingga tercipta ekosistem belajar yang kolaboratif dan produktif di sekolah,” lanjutnya.

Sedangkan menurut Koordinator Forum Kreator Era AI Kabupaten Blora Gunawan Trihantoro mengatakan bahwa pendirian Kelas Kreator Cerdas AI ini adalah langkah strategis untuk mengenalkan potensi besar AI kepada generasi muda.

Baca Juga: 4 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Mari Berkarya

“Kami melihat antusiasme yang besar dari siswa-siswi di SMK Muda Cepu. Melalui program ini, kami akan memberikan pelatihan tentang bagaimana memanfaatkan AI secara kreatif dan bertanggung jawab. Harapannya, mereka dapat menghasilkan karya-karya inovatif yang dapat dipublikasikan secara luas,” jelasnya.

Gunawan juga berharap, agar para siswa dapat memanfaatkan berbagai platform digital untuk memublikasikan karya mereka.

“Kami akan mendukung para siswa untuk memanfaatkan media digital agar karya-karya mereka bisa dikenal dan diapresiasi oleh masyarakat luas. Ini bukan hanya tentang belajar teknologi, tetapi juga tentang membangun kepercayaan diri mereka untuk berkarya,” katanya.

Baca Juga: LSI Denny JA Rilis 10 Tahun Kinerja Joko Widodo, Lebih Banyak Berhasilnya

Sedangkan Koordinator Forum Kreator Era AI Jawa Tengah Gunoto Saparie mengapresiasi langkah SMK Muhammadiyah Cepu yang responsif terhadap perkembangan teknologi informasi mutakhir demi kemajuan para siswanya. Aktivitas dan kreativitas manusia modern tak mungkin mengabaikan hal itu. ***
 

Sumber: kiriman

Berita Terkait