DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Olimpiade Paris 2024: Benarkah Judoka Aljazair Sengaja Diskualifikasi Karena Hadapi Atlet Israel

image
Judoka Messaoud Redouane Dris didiskulaifikasi dari keikutsertaan dalam cabang olahraga Judo Olimpiade Paris 2024 usai kelebihan berat badan ketika prosesi timbang badan jelang laga melawan Atlet Israel Tohar Butbul (JudoInside.com)

SPORTYABC.COM -  Judoka Aljazair, Messaoud Radouane Dris harus didiskualifikasi dari Olimpiade Paris 2024 pada Minggu 28 Juli 2024 karena lewati batas bobot tubuh kelas 73 kg jelang lawan Judoka Israel, Tohar Butbul.

Judoka 22 tahun ini memiliki berat badan tubuh seberat 73,4 kg dalam acara timbang badan yang membuat langsung didiskualifikasi dan dicoret dalam drawing cabang Judo Olimpiade Paris 2024.

"Lawan Tohar sudah mengundurkan diri dari kompetisi."

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Hujan Deras Mengguyur Parade Defile Atlet

"Delegasi Israel akan terus melanjutkan berkompetisi dengan nilai-nilai Olimpiade dalam pikiran. Kami percaya bahwa sikap macam ini tidak dapat diterima di dunia olahraga," tulis Komite Olimpiade Israel dalam pernyataan resmi mereka dikutip dari Reuters.

Sebagai informasi, di Olimpiade Tokyo 2020, judoka Aljazari Fethi Nourine menola bertarung lawan Tohar Butbul. 
Dirinya memilih mundur karena berpotensi bertemu dengan Tohar Butbul di babak kedua yang membuat dirinya dijatuhi sanksi 10 tahun oleh Federasi Judo Internasional (IJF)

Kala itu, Fethi Nourine dijadwalkan terlebih dahulu melawan judoka Sudan Mohamed Abdalrasool, dikarenakan Nourine mundur, otomatis Abdalrasool maju ke babak 32 besar namun Abdalrasool juga putuskan menarik diri dan tidak mau melawan Tohar Butbul.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Salah Sebut Korea Utara, IOC Minta Maaf ke Korea Selatan

Untuk kasus di Olimpiade Paris 2024 dengan melewati batas bobot tubuh, Messoud Radouane Dris tidak akan menempuh cara yang sama dengan Nourine.

Dirinya tidak menyatakan langsung untuk mundur melainkan memang gagal melewati batas bobot tubuh yang ditentukan.

Menurut aturan yang tertulis, Messaoud Radouane Dris tidak melakukan pelanggaran yang sama dengan Nourine, namun Federasi Judo Internasional belum bertindak lebih lanjut terkait kasus ini.

Baca Juga: Hujan Kritik di Pembukaan Olimpiade Paris 2024

Sementara itu Federasi Judo Aljazair pun belum memberikan pernyataan reesmi terkait kelebihan bobot dari Messaoud Radouane Dris. ***

Sumber: Judo Inside

Berita Terkait